BERPIKIR INTUITIF SISWA KELAS VIII DALAM MEMECAHKAN MASALAH STATISTIKA DITINJAU DARI KECEMASAN MATEMATIKA

Authors

  • Ita Rusda Munairoh Universitas Bhinneka PGRI
  • Ratri Candra Hastari Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung

DOI:

https://doi.org/10.55681/armada.v1i10.947

Keywords:

Berpikir Intuitif, Kecemasan Matematika, Pemecahan Masalah

Abstract

Berpikir intuitif merupakan pemahaman atau penngetahuan dalam memahami sebuah permasalahan yang dibangun dalam proses intuisi. Intuisi sendiri merupakan kondisi kognisi seseorang untuk merespon sesuatu secara singkat, pemahaman tersebut didapatkan tanpa perlu adanya pembenaran atau bukti-bukti dan juga tidak bergantung pada penalaran. Penelitian ini bertujuan untuk  menganalisa berpikir intuitif siswa kelas VIII yang memiliki kecemasan matematika tinggi, sedang, dan rendah dalam memecahkan masalah statistika. Pendekatan yang  digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Pemilihan subjek menggunakan teknik purposive sampling yang terdiri dari siswa yang mengalami kecemasan matematika tinggi, sedang, dan rendah. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner kecemasan matematika, tes soal pemecahan masalah statistika dan pedoman  wawancara. Pada penelitian ini, data diperoleh berdasarkan hasil kuesioner kecemasan matematika. subjek yang dipilih kemudian diberikan tes soal pemecahan masalah statistika dan wawancara. Dari hasil analisis data, diperoleh: 1) Subjek yang memiliki kecemasan matematika rendah memenuhi indikator berpikir intuitif catalitic inference, power of synthesis, dan common sense. 2) Subjek yang memiliki kecemasan matematika sedang memenuhi indikator berpikir intuitif power of synthesis dan common sense, sedangkan 3) Subjek yang memiliki kecemasan matematika tinggi memenuhi indikator berpikit intuitif power of synthesis dan common sense.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anjayani, V. Y. (2017). Deskripsi Intuisi Siswa Berdasarkan Tingkat IQ Dalam Penyelesaian Masalah Matematika Pada Materi Geometri Kelas VII SMPN 6 Kediri. Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika Dan Nilai Islami), 1(1), 641–647.

Anwar, S. (2010). Penyusunan Skala Psikologi. Pustaka Belajar.

Chao, J. Y., Tzeng, P. W., & Po, H. Y. (2017). The study of problem solving process of e-book PBL course of atayal senior high school students in Taiwan. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 13(3), 1001–1012. Doi: https://doi.org/10.12973/eurasia.2017.00654a

Diah Lopika Anggrayani, H., & Fuady, A. (2021). Analisis Pemahaman Konsep Berdasarkan Kemampuan Berpikir Intuitif Pada Materi Bilangan Bulat Siswa Kelas Vii Smp Negeri 2 Malang. Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik, 16(30).

Dzulfikar, A. (2016). Kecemasan Matematika pada Mahasiswa Calon Guru Matematika Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika,. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika 1(1).

Effendi, K. N., & Farlina, E. (2017). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP kelas VII dalam Penyelesaian Masalah Statistika. Jurnal Analisa, 3(2), 130–137. Doi: https://doi.org/10.15575/ja.v3i2.2013

Indriani, A., & Ardiani, F. (2019). Karakteristik Berpikir Intuitif dan Norma Sosiomatematik Siswa SMP dalam Pemecahan Masalah. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1(1), 310–321.

Kusumawati, R., & Nayazik, A. (2017). Kecemasan Matematika Siswa Smp Berdasarkan Gender.

Journal of Medives Journal of Mathematics Education IKIP, 1(2), 92–99.

Mudrika, & Budiarto, M. T. B. (2013). Profil Intuisi Siswa Smp Dalam Memecahkan Masalah Geometri Ditinjau Dari Kemampuan Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 1, 1–8.

Ningsih, E. F., & Pd, M. (2016). Proses Berpikir Mahasiswa Dalam Pemecahan Masalah Aplikasi Integral Ditinjau Dari Kecemasan Belajar Matematika (Math Anxiety). Iqra’, 1(2).

Permata Sari, W., Asri Purwasi, L., Yanto, Y., Keguruan dan Ilmu Pendidikan, F., & PGRI Lubuklinggau, S. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Teorema Pythagoras. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(2), 387–401.

Sani, B. (2016). Perbandingan Kemampuan Siswa Berpikir Reflektif dengan Siswa Berpikir Intuitif di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 4(2), 63–76. Doi: https://doi.org/10.21831/jpms.v4i2.12947

Sa’o, S. (2016). Berpikir Intuitif sebagai Solusi Mengatasi Rendahnya Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 1(1), 43–56. Doi: https://doi.org/10.15642/jrpm.2016.1.1.43-56

Sa’o, S. (2018). Berpikir Intuitif Sebagai Solusi Mengatasi Rendahnya Prestasi Belajar Matematika.

Scientifica Coloqula, 1, 9–17.

Syafri, F. S. (2017). Ada Apa Dengan Kecemasan Matematika? Journal of Medives, 1(1), 59–65.

Downloads

Published

2023-10-20

How to Cite

Munairoh, I. R., & Hastari, R. C. (2023). BERPIKIR INTUITIF SISWA KELAS VIII DALAM MEMECAHKAN MASALAH STATISTIKA DITINJAU DARI KECEMASAN MATEMATIKA. ARMADA : Jurnal Penelitian Multidisiplin, 1(10), 1263–1271. https://doi.org/10.55681/armada.v1i10.947