Pengaruh Media Sosial (Tik Tok) dan Gaya Hidup terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung Tahun Akademik 2023/2024
DOI:
https://doi.org/10.55681/armada.v2i7.1414Keywords:
Gaya Hidup, Media Sosial (Tik Tok), Perilaku KonsumtifAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Media Sosial (Tik Tok) dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi dengan sampel 84 mahasiswa. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial Media Sosial (Tik Tok) dan Gaya Hidup berpengaruh positif dan signifikan Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. Sedangkan secara simultan Media Sosial (Tik Tok) dan Gaya Hidup berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa dengan hasil nilai Fhitung 149,215 > Ftabel 3,108. Nilai adjusted R2 sebesar 0,781 atau 78,1% menunjukkan terdapat pengaruh antara Media Sosial (Tik Tok) dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa sebesar 78,1% dan sisanya 29,1% dipengaruhi oleh faktor lain.
Downloads
References
Alamanda, Y. (2018). Pengaruh Harga Diri dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 6(2), 273–279. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v6i2.4570
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.
Ghozali, I. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 26.
Haksanggulawan, A., Hajar, I., & Putera, A. (2024). Pengaruh Literasi Keuangan, Pendapatan Dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Pekerja Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya. Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Enam-Enam Kendari, 1(2), 1–9. https://doi.org/10.572349/neraca.v1i2.163%0Ahttps://jurnal.kolibi.org/index.php/neraca/article/view/163
Hidayanti, N., Futuchatul Hidayah, S., Al -Hakim, I., & Khairum Nisa, F. (2022). Pengaruh Tiktokshop Sebagai Media Online Shopping Terhadap Perilaku Konsumtif Remaja. Mozaik Komunikasi, 3(2), 36–43.
Irlianti, M., Razkia, D., & Safitri, A. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Sosial (Tik Tok Shop) Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Wanita Kerja. Indonesia Journal of Psychological Studies, 1(1), 58–68.
Kutlu, T. (2023). Pengaruh Teman Sebaya, Media Sosial Dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa (Vol. 4, Issue 1).
M Dzaki Ishomi 1, R. S. 2. (2024). Pengaruh Konten Media Sosial Dan Persepsi Harga Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswa UNESA. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 12(1), 20–26.
Rahma, S. U. ., Bukhari, E., & Prasetyo, E. . (2022). Pengaruh Literasi Keuangan, Pendapatan Dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Belanja Online Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Manajemen (JIAM), 18(1), 49–56.
Riduwan. (n.d.). Dasar-Dasar Statiska.
Riduwan. (2011). Belajar Mudah Penelitian (Husdarta, Akdon, N. Mulyono, Subandi, & H. Patmawati (eds.)).
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D (p. 344). ALFABETA, cv.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ulfa Sofiana Febrianti, Maria Agatha Sri Widyanti Hastuti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.