PENGGUNAAN ALAT PERAGA RASZLE (PHYTAGORAS PUZZLE) PADA MATERI TEOREMA PHYTAGORAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP

Authors

  • Anisa’ul Karimah STKIP PGRI Nganjuk
  • Vera Septi Andrini STKIP PGRI Nganjuk
  • Agustin Patmaningrum STKIP PGRI Nganjuk
  • Erdyna Dwi Etika STKIP PGRI Nganjuk

DOI:

https://doi.org/10.55681/armada.v1i2.390

Keywords:

Media Pembelajaran, Alat Peraga, Phytagoras

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan hasil belajar siswa antara sebelum dan sesudah penggunaan alat peraga Raszle (Phytagoras Puzzle) dengan pendekatan PMRI serta mengukur keefektifannya. Jenis penelitian kuantitatif dengan one group pretest-posttest design. Penelitian ini merupakan jenis penelitian populasi dimana seluruh populasi digunakan sebagai sampel yaitu seluruh siswa kelas VIII di SMP Sains Miftahul Huda Nganjuk sebanyak 23 siswa. Data penelitian ini dianalisis secara deskriptif dan inferensial dengan uji-t. Berdasarkan hasil nilai tes didapatkan nilai rata-rata pretest 64,65 yang dikategorikan Kurang Baik dan nilai rata-rata posttest 81,22 yang dikategorikan Baik. Berdasarkan hasil analisis diperoleh Sig. (2 teiled) 0,000 < 0,05 akibatnya H0 ditolak dan H1 diterima yang artinya terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan antara sebelum dan sesudah penggunaan alat peraga Raszle (Phytagoras Puzzle) dengan pendekatan PMRI. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa “Penggunaan alat peraga Raszle (Phytagoras Puzzle) dengan pendekatan PMRI lebih efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi Teorema Phytagoras kelas VIII di SMP Sains Miftahul Huda Nganjuk Tahun Pelajaran 2021/2022”.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andrini, V. S. (2021). Efektifitas Model Pembelajaran Team Quiz Menggunakan Media Zoom Meting Terhadap Hasil Belajar Siswa. Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Dan Pengajaran, 15(1), 89–94. http://dx.doi.org/10.26877/mpp.v15i1.1234

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Djahir, Djahir, A., Djahir, B., & Djahir, C. (2017). Alat Peraga dalam Geometri Ruang (Sumber Belajar Penunjang PLPG 2017, Mata Pelajaran/ Paket Keahlian Matematika). Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Etika, E. D., & Dewi, I. S. (2019). Profile of students’ academic skills on geometry problem using field trip method. AIP Conference Proceedings, 2194(December). https://doi.org/10.1063/1.5139754

Fadillah, S., Wahyudi, & Nurhayati. (2019). Pelatihan Pembuatan dan Penggunaan Alat Peraga Matematika dan IPA bagi Guru SD dan SMP di Desa Tanjung Saleh. J. Pengabdian Masyarakat MIPA Dan Pendidikan MIPA, 3(1), 43–47.

Rostina, T. (2013). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Operasi Hitung pada Bilangan Real Siswa Kelas X SMK Muhammdiyah Tello Baru Makassar. Universitas Negeri Makasar.

Siahaan Friska, B., Saragih, S., & Siagian, P. (2012). Pengaruh Strategi REACT dan Sikap Siswa Terhadap Matematika dalam Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematika Siswa SMA. Paradigma: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 128–136.

Widiarsa, I. N. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Diskusi. Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(3), 234–253.

Widyastuti, N. S., & Pujiastuti, P. (2014). Pengaruh Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (Pmri) Terhadap Pemahaman Konsep Dan Berpikir Logis Siswa. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 183. https://doi.org/10.21831/jpe.v2i2.2718

Downloads

Published

2023-02-28

How to Cite

Anisa’ul Karimah, Vera Septi Andrini, Agustin Patmaningrum, & Etika, E. D. (2023). PENGGUNAAN ALAT PERAGA RASZLE (PHYTAGORAS PUZZLE) PADA MATERI TEOREMA PHYTAGORAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP. ARMADA : Jurnal Penelitian Multidisiplin, 1(2), 116–121. https://doi.org/10.55681/armada.v1i2.390