IMPLEMENTASI MODEL BLENDED LEARNING DAN MEDIA GOOGLE CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA SMA

Authors

  • Devy Yuliawati STKIP PGRI Nganjuk
  • Umi Hidayati STKIP PGRI Nganjuk
  • Erdyna Dwi Etika STKIP PGRI Nganjuk

DOI:

https://doi.org/10.55681/armada.v1i2.377

Keywords:

Daring, Learning Managementr System, Pembelajaran Jarak Jauh

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui hasil belajar mata pelajaran Ekonomi sebelum menggunakan model pembelajaran blended learning menggunakan google classroom terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi, 2) untuk mengetahui hasil belajar mata pelajaran Ekonomi sesudah menggunakan model pembelajaran blended learning menggunakan google classroom terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu One Group Design. Populasi kelas X IPS sebanyak 140 siswa, sedangkan sampel yang digunakan kelas X-IPS 2 sejumlah 35 siswa dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data dengan metode tes, dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data statistik t-tes.Berdasarkan hasil belajar nilai siswa menunjukkan nilai rata-rata 71 sebelum menggunakan model pembelajaran blended learning menggunakan google clasroom dan nilai rata-rata 81 sesudah menggunakan model pembelajaran blended learning menggunakan google clasroom, berdasarkan analisis diketahui taraf signifikan 5% untuk Sig. (2 tailed) 0,000 < 0,05 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga “Ada perbedaan hasil belajar siswa sesudah menggunakan model pembelajaran blended learning menggunakan aplikasi google classroom terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS SMAN 1 Rejoso Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2022/2023”

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abroto, A., Maemonah, M., & Ayu, N. P. (2021). Pengaruh Metode Blended Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 1993–2000.

Albantani, A. M., & Rozak, A. (2018). Desain perkuliahan bahasa arab melalui google classroom. Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 5(1).

Hardiyana, A. (2015). Implementasi google classroom sebagai alternatif dalam meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah. Karya Tulis Ilmiah Cirebon : SMA Negeri 1.

Hidayah, S. N. (2019). Hybrid Model-Based Learning Learning In Welcome Era Industrial Revolution 4.0. The Innovation Of Social Studies Journal, 1(1), 46–54.

Hockly, N. (2018). Blended Learning. Elt Journal, 72(1), 97–101.

Kifta, D. A., Riyanda, A. R., Simatupang, W., Muskhir, M., & Irfan, D. (2021). Analysis Of The Effect Of Blended Learning Model On Employee Class Students Learning Motivation. Jurnal Pendidikan Mipa, 22(2), 226–234.

Priadi, M. A., & Riyanda, A. R. (2021). Pengaruh Model Guided Discovery Learning Berbasis E-Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Ikra-Ith Humaniora: Jurnal Sosial Dan Humaniora, 5(2), 1–13.

Rahayu, P., & Iswari, R. S. (2021). The Effectiveness Of Blended Learning Models Toward The Motivation And Learning Outcomes Of High School Students In Ecological Materials. Journal Of Biology Education, 10(2), 163–170.

Rohmawati, A., Holisin, I., & Kristanti, F. (2021). Model Pembelajaran Blended Learning: Kajian MetaAnalisis. Jpmi (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(6), 1453–1464.

Sari, R. N., & Amalia, A. V. (2021). The Effectiveness Of Blended Learning Using Moodle On Student Independence And Learning Outcomes. Journal Of Environmental And Science Education, 1(1), 7.

Syafril, S., Latifah, S., Engkizar, E., Damri, D., Asril, Z., & Yaumas, N. E. (2021). Hybrid Learning On Problem-Solving Abiities In Physics Learning: A Literature Review. Journal Of Physics: Conference Series, 1796(1), 012021.

Utomo, E. P. (2018). Pengembangan Lkpd Berbasis Komik Untuk Meningkatkan Literasi Ekonomi Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pendidikan, 35(March), 1–10.

Downloads

Published

2023-02-15

How to Cite

Yuliawati, D., Hidayati, U., & Etika, E. D. (2023). IMPLEMENTASI MODEL BLENDED LEARNING DAN MEDIA GOOGLE CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA SMA. ARMADA : Jurnal Penelitian Multidisiplin, 1(2), 85–91. https://doi.org/10.55681/armada.v1i2.377