EVALUATION OF CATCHING ADULT MOSQUITOS USING THE HUMAN LANDING COLLECTION (HLC) METHOD

Authors

  • Lisa Hidayati Universitas Prima Nusantara Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.55681/armada.v1i2.364

Keywords:

Nyamuk, HLC, MHD, Habitat nyamuk.

Abstract

Nyamuk termasuk jenis serangga yang masuk pada kelas Hexapoda orde Diptera. Pada umumnya nyamuk mengalami 4 tahap dalam siklus hidupnya (metamorfosis), yaitu telur, larva, pupa dan dewasa. Spesies nyamuk yang ditemukan dengan menggunakan metode HLC di Kapau adalah Anopheles, Culex, Armigeres, Aedes. Populasi nyamuk terbanyak adalah Anopheles. Fluaktuasi nyamuk tertinggi adalah spesies Culex vishnui pada pkl. 23.00-24.00 yaitu sebanyak 15 nyamuk. Spesies nyamuk yang paling dominan adalah Culex vishnui dengan kelimpahan nisbi sebesar 37,55%. MHD atau jumlah nyamuk yang menggigit tertinggi sebesar 0,95 yaitu Culex vishnui. Habitat nyamuk di Kenagarian Kapau tersebar mulai dari kolam (Anopheles dan Culex), Selokan (Culex), Kubangan air (Anopheles dan Culex), Sawah (Anopheles) dan Ban Bekas (Aedes albopictus).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andiyatu. 2005. Fauna Nyamuk di Wilayah Kampus IPB Dramaga dan Sekitarnya serta Potensinya sebagai Penular Penyakit. Thesis. Sekolah Pascasarjana, Institut Pertanian Bogor, Bogor.

Borror D, Triplehorn C, Johnson N. 1992. Pengenalan Pelajaran Serangga. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Effendi A. 2002. Studi Komunitas Anopheles di Daerah Kabupaten Kulonprogo Daerah Istimewa Yogyakarta. Thesis. Institut pertanian Bogor, Bogor.

Hadi UK, Sigit SH, Agustina E. 2010. Habitat Jentik Nyamuk Aedes aegypti (Diptera:Culicinae) pada Air Terpolusi di Laboratorium. Institut Pertanian Bogor.

Russel P, West L, Manwell R, MacDonald G. 1963. Practical Malariology. London: Oxford University Press.

Sigit SH, Hadi UK. 2006. Hama Pemukiman Indonesia. Bogor: Unit Kajian Pengendalian Hama Pemukiman FKH IPB.

Yudhastuti R. 2011. Pengendalian Vektor dan Rodent. Surabaya: Pustaka Melati.

Downloads

Published

2023-02-15

How to Cite

Hidayati, L. (2023). EVALUATION OF CATCHING ADULT MOSQUITOS USING THE HUMAN LANDING COLLECTION (HLC) METHOD. ARMADA : Jurnal Penelitian Multidisiplin, 1(2), 77–84. https://doi.org/10.55681/armada.v1i2.364