Strategi Promosi dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Montor Bekas di Anto Montor Desa Wates Kecamatan Campurdarat Kabupaten Tulungagung
DOI:
https://doi.org/10.55681/armada.v2i8.1453Keywords:
Keputusan Pembelian, Kualitas Pelayanan, Strategi PromosiAbstract
Kualitas pelayanan dan tingkat promosi adalah faktor penting keberhasilan perusahaan, karena dapat memberi nilai lebih, mempengaruhi kepuasan konsumen dan dapat menarik konsumen baru. Di Shawroom Anto Montor, permasalahan yang berkaitan dengan kualitas pelayanan dan promosi terhadap keputusan pembelian adalah kualitas pelayanan yang kurang maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh strategi promosi dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif non-eksperimen. Sampel yang digunakan sebanyak 71 responden dengan teknik pengambilan data berupa penyebaran kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan tidak adanya pengaruh yang signifikan antara strategi promosi terhadap keputusan pembelian montor bekas yakni t_hitung < t_tabel sebesar 0,313 < 1,9954 dan 0,756 > 0,05, sedangkan kualitas pelayanan memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian montor bekas yakni t_hitung > t_tabel sebesar 7,954 > 1,9954 dan 0,000 < 0,05. Berdasarkan uji F, dapat diketahui bahwa F_hitung > F_tabel sebesar 37,247 > 3,129 dan 0,000 < 0,05. Hal tersebut menunjukan H3 diterima, sehingga dapat diartikan bahwa terdapat pengaruh signifikan secara simultan antara strategi promosi dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian Montor bekas di Shwroom Anto Montor.
Downloads
References
Abdurrahman, N. H. (2015). Manajemen Strategi Pemasaran. CV Pustaka Setia.
Ardiansyah, M. F., & Khalid, J. (2022). Pengaruh Promosi, Persepsi Harga, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Di Angkringan Nineteen. Jurnal Ilmiah Multi Disiplin Indonesia, 1(9), 1278–1285.
Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. PT Rineka Cipta.
Astuti, R., Ardila, I., & Lubis, R. R. (2019). Pengaruh Promosi Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Merek Converse The Effect of Promotion and Product Quality on the Purchase Decision of Converse Brand Shoes. Akmami, 2(2), 204–219. https://jurnal.ceredindonesia.or.id/index.php/akmami/article/view/154
Dinata, V. V., Fung, T. S., & Sutisna, N. (2019). Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Air Mineral Le-Minerale Pada Toko Retail Kota Tangerang (Studi Kasus Di Pt. Laris Food Indonesia). Primanomics : Jurnal Ekonomi & Bisnis, 17(3), 55. https://doi.org/10.31253/pe.v17i3.187
Erlina, M. (2023). Pengaruh harga dan promosi terhadap keputusan pembelian motor bekas di showroom kurnia indah motor maumere. https://repository.nusanipa.ac.id/id/eprint/2110/1/COVER-BAB I.pdf
Fairuz, A. A., Arifin, R., & Slamet, A. R. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Harga, Promosi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Showroom Ud. Hikmah Motor Group Malang). Jurnal RIset Manajemen, 15–32. www.fe.unisma.ac.id
Fauzi, M. N. (2018). Pengaruh Brand Image Kualitas Produk Harga Dan Promosi Pada Keputusan Pembelian Sepeda Motor Kawasaki Ninja 250cc Di Jember.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate. Universitas Diponegoro.
Herawati. (2016). Pengaruh strategi Promosi dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Beat pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Medan area. In Skripsi Universitas Medan Area. Universitas Medan Area.
Hermawan, A. F., Supeni, R. E., & Rozi, A. F. (2018). Jurnal Manajemen dan Bisnis: Performa Volume XV Nomor 2 September 2018 Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Sepeda Motor Honda Beat di Dealer MPM Motor Kalisat - Jember. Jurnal Manajemen Dan Bisnis (Performa), XV(September), 161–169.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Galuh Yuliananing Tias, Maria Agatha Sri Widyanti Hastuti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.