Pengaruh Kepuasan Konsumen terhadap Loyalitas Pemakaian Kartu Perdana Tri di Kecamatan Pontianak Timur Tahun 2021

Authors

  • Novi Sintia Saputri Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Barat
  • Yuni Firayanti Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Barat
  • Ahmadi Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Barat

DOI:

https://doi.org/10.55681/armada.v2i7.1409

Keywords:

Kartu Perdana Tri, Kepuasan Konsumen, Loyalitas Pemakaian

Abstract

Pelanggan yang puas dan loyal akan menjadikan peluang yang baik untuk mendapatkan pelanggan baru. Pelanggan suatu produk memang harus dipuaskan, karena jika mereka tidak mendapatkan kepuasan dari produk yang ditawarkan, bisa jadi mereka akan meninggalkan produk tersebut dan akan menjadi pelanggan pada produk pesaing lainnya, hal ini akan menyebabkan penurunan penjualan dan pada gilirannya akan menurunkan laba, bahkan kerugian sekalipun. Mengukur tingkat kepuasan pelanggan tidaklah mudah, data yang diperoleh harus bersifat subjektif, sesuai dengan jawaban para responden menurut pengalaman mereka, dalam menggunakan suatu jenis produk tertentu. Seperti penjualan pada kartu perdana Tri, para pelanggan tentunya mempunyai pilihan masing-masing dalam memilih operator yang akan mereka pakai/gunakan. Oleh karena itu tingkat kepuasan pelanggan sangat tergantung pada mutu suatu produk. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Dalam penelitian ini, peneliti melakukan penelitian terhadap penjualan kartu perdana Tri di beberapa konter dan masyarakat yang menggunakan provider tersebut, di Kecamatan Pontianak Timur. Berdasarkan hasil uji t dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh kepuasan konsumen terhadap loyalitas pemakaian, hal ini dapat dilihat dari nilai signifikansi sebesar 0,000 yang lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05 dan nilai t hitung 10,802 lebih besar dari nilai t tabel 1,984. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dari penelitian ini, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh kepuasan konsumen terhadap loyalitas pemakaian kartu perdana Tri.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amir, M. Taufiq. (2012). Manajemen Strategik Konsep dan Aplikasi. Jakarta: Rajawali.

Andy Tjiptono dan Gregorius Chandra. (2005). Manajemen Kualitas Jasa. Yogyakarta: ANDI.

Aris Jatmika Diyatama. (2017). Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Produk Saka Bistro&Bar, Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Volume 4. No 1.

Daryanto, & Setyobudi, I. (2014). Konsumen dan pelayanan prima. Yogyakarta: Gava Media. Dewi. (2013). Perilaku konsumen. Palembang : Penerbit Citrabooks Indonesia.

Donni Juni Priansa. (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu Pada Era Media Sosial. Bandung: CV Pustaka Setia. Fandy, Tjiptono. (2015). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Fandi, Tjiptono. (2014). Service, Quality & Satisfaction. Edisi 3. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Fandy, Tjiptono. (2000). Manajemen Jasa. Yogyakarta : Andy. Ghozali, Imam.

Fandy, Tjiptono. (2004). Manajemen Jasa. Edisi Pertama. Yogyakarta: Andi Offset.

Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Husein, Umar. (2000). Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka

Kasmir. (2017). Customer Service Excellent Teori dan Praktik. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Kotler, Philip dan Armstrong, Gary. (2012). Principles of Marketing. New Jersey: Prentice Hall.

Kuspriyono, T. (2016). “Pengaruh Ekuitas Merek, Kualitas Produk, Dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Merek Samsung (studi pada mahasiswa/i Universitas Gunadarma‟. Jurnal Komunikasi , Vol 7, hlm 1-7.

Lupiyoadi, Hamdani. (2006). “Manajemen Pemasaran Jasa”. Edisi 2, Jakarta: Salemba Empat.

Nina Rahmayanti, (2013). Manajemen Pelayanan Prima. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Philip Kotler. (2002). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Prenhallindo.

Priyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. Surabaya: Zifatama Publishing. Hal 1.

Purnomo Edwin Setyo. (2017). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhaadap Kepuasan Konsumen “BEST AUTOWORKS” Bengkel Mobil. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, vol.1, no.6.

Ratih Hurriyati. (2015). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabeta.

Roisah, Riris dan Dwizna Riana. (2016). “Telaah Hubungan Citra Merek, Kualitas Produk dan Keputusan Pembelian Konsumen”. Ecodemica, Vol. IV No.1 April 2016.

Sangadji, Etta Mamang dan Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Andi.

Setyo, Purnomo Edwin. (2017). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Best Autoworks, Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis. Vol. 1. No. 6. hal. 755-764.

Silaen, Sofar. (2018). Metodologi Penelitian Sosial Untuk Penulisan Skripsi dan Tesis. Bandung: In Media.

Siswanto Sutojo. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT.Damar Mulia Pustaka.

Sri Handayani. (2012). Aspek Hukum Perlindungan Konsumen dalam Pelayanan Air Bersih pada PDAM Tirtasari Binjai. Jurnal Non Eksakta (Volume 4 Nomor 1). Hlm. 2.

Sugito. (2005). Mengukur Kepuasan Pelanggan. Diakses dari Http://hadisugito. fadla.or.id/2005/12/11/mengukur – kepuasan-pelanggan.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta : Bandung.

Sugiyono. (2014) Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.

Sunyoto, Danang. (2015). Penelitian Sumber Daya Manusia. Jakarta: Buku Seru002E.

Suryani, Tatik. (2003). Perilaku Konsumen. Edisi Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Tjiptono & Chandra, G. ( 2012). Pemasaran Strategik. Edisi Kedua. Yogyakarta: ANDI.

Uma Sekaran. (2006). Metode Penelitiaan Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.

Utama. Irawan, Handi. (2003). 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Warokka Angelina Christy, Lapian Joyce Dan Jorie Jopie Rotinsulu. (2015). Pengaruh Eksperiental Marketing Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Konsumen Pengguna Mobil Suzuki Ertiga Pada Pt. Sinar Galesong Prima Manado. Jurnal EMBA Vol. 4, No. 1 Maret 2015.

Downloads

Published

2024-07-25

How to Cite

Saputri, N. S., Firayanti, Y., & Ahmadi, A. (2024). Pengaruh Kepuasan Konsumen terhadap Loyalitas Pemakaian Kartu Perdana Tri di Kecamatan Pontianak Timur Tahun 2021. ARMADA : Jurnal Penelitian Multidisiplin, 2(7), 512–523. https://doi.org/10.55681/armada.v2i7.1409