Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Konsumen Membeli Sepatu Thrift di Kota Pontianak

Authors

  • Tia Monika Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Barat
  • Efa Irdhayanti Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Barat
  • Ahmadi Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Barat

DOI:

https://doi.org/10.55681/armada.v2i7.1408

Keywords:

Faktor Social, Harga, Kualitas, Style

Abstract

Minat adalah kecenderungan hati yang tinggi terhadap suatu gairah keinginan, selainitu minat juga berarti kecenderungan dan kegairahan yang besar terhadap sesuatu, misalnya keinginan seseorang dalam memiliki suatu barang yang diinginkan seperti pakaian, sepatu dan lain sebagainya. Mereka akan membeli barang tersebut untuk memuaskan kebutuhan dan keinginanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat konsumen membeli sepatu thrift di Kota Pontianak. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif berdasarkan perspektif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di Jl. Komyos Sudarso, Komplek Yuka, Kecamatan Sungai Beliung, Pontianak Barat. Teknik pengumpulan data bertemu langsung dengan para konsumen atau melakukan wawancara dan observasi langsung ditempat penelitian dengan target yang diwawancarai sebanyak 6 (enam) orang Responden. Hasil penelitian ini menunjukkan beberapa faktor yang mempengaruhi minat konsumen membeli sepatu thrift yaitu: harga, kualitas, merek, faktor social, style atau gaya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anagari, A. M. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee (Studi Kasus Pada Mahasiswa Stie Malangkucecwara) (Doctoral dissertation, STIE Malangkucecwara).

Amelia, M. S. (2016). Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Proses Keputusan Pembelian Pada Cafe Coffee Time Kopo Bandung (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas).

Awalia, N. (2019). Minat Konsumen dalam Memilih Pakaian Bekas di Pasar Sumpang Kota Parepare (Kontestasi Hukum Ekonomi Islam) (Doctoral dissertation, IAIN Parepare).

Fatihudin, D., & Firmansyah, A. (2019). Pemasaran Jasa:(Strategi, Mengukur Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan). Deepublish. NIM, E. R. S

Rahmadhanti, N. I. M. (2018). Pengaruh Faktor Sosial Dan Faktor Pribadi Terhadap Keputusan Pembelian Perumahan Griya Jakabaring Permai Banyuasin (Doctoral Dissertation, Upt Perpustakaan UIN Raden Fatah).

Russanti, I. Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen Terhadap Pakaian Bekas.

Wibisono, E. S. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Ud. Rizky Barokah Di Balongbendo (Doctoral dissertation, Universitas Bhayangkara Surabaya).

Nursina, R. (2021) Pengaruh Merek Dan Kualitas Sepatu Second Original Terhadap Minat Beli Kaum Muda (Studi Kasus Konsumen Pasar Jongkok Kota Tembilahan) (Doctor Dissertation, Universitas Islam Riau).

Wahyu, Y. I. (2018). Faktor-Faktor Pendorong Orang Membeli Pakaian Bekas Di Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Khasanah, S. H., Ariani, N., & Argo, J. G. (2021). Analisis Citra Merek, Kepercayaan Merek, dan Kepuasan Merek terhadap Loyalitas Merek. Konferensi Riset Nasional Ekonomi Manajemen dan Akuntansi, 2(1), 394-411.

Soendari, T. (2012). Pengujian keabsahan data penelitian kualitatif. Bandung: Jurusan PLB Fakulitas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia.

Herdiansyah, H. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif, Untuk Ilmu-Ilmu Sosial, Penerbit Salemba Humanika.

Wahyuni Purbohastuti, A., & Hidayah, A. A. (2020). Meningkatkan Minat Beli Produk Shopee Melalui Celebrity Endorser. Jurnal Bisnis Terapan, 4(1), 37-46.

Downloads

Published

2024-07-25

How to Cite

Monika, T., Irdhayanti, E., & Ahmadi, A. (2024). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Konsumen Membeli Sepatu Thrift di Kota Pontianak. ARMADA : Jurnal Penelitian Multidisiplin, 2(7), 501–511. https://doi.org/10.55681/armada.v2i7.1408