Strategi Pengembangan Pemasaran dan Upaya Peningkatan Omzet Penjualan pada Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Sukses Abadi Karanganom

Authors

  • Arya Indra Wardanata Universitas Bhinneka PGRI
  • Imam Suwaktus Suja’i Universitas Bhinneka PGRI

DOI:

https://doi.org/10.55681/armada.v2i6.1379

Keywords:

BUMDES, Strategi Pengembangan Pemasaran, Upaya Peningkatan

Abstract

Kesejahteraan masyarakat sangat diperlukan untuk menciptakan peningkatan kehidupan yang lebih baik dalam bidang ekonomi, sosial, maupun politik. Negara Indonesia masih tergolong rendah dan keadaan ekonomi masih dalam tahap pertumbuhan yang menjadikan kesejahteraan penduduk Indonesia sangat perlu untuk ditingkatkan dengan cara memberdayakan daerah. Pemberdayaan yang di lakukan disebuah daerah yaitu melalui jalur BUMDES yang sudah memiliki dana untuk pengembangan disetiap desa. BUMDES adalah sistem kegiatan perekonomian masyarakat dalam skala mikro desa yang dikelola oleh masyarakat bersama pemerintah desa dan pengelolaannya terpisah dari kegiatan pemerintahan desa. Metode penelitian yang digunakan menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Instrumen yang digunakan menggunakan obsevasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian tentang strategi pengembangan pemasaran dan upaya peningkatan omzet penjualan pada badan usaha milik desa BUMDES Sukses Abadi Karanganom menunjukkan bahwa strategi pengembangan pemasaran pada BUMDES Sukses Abadi Karanganom masih kurang dalam pemanfaatan media sosial dalam mempromosikan produk maupun unit yang dikelola dan upaya peningkatan omzet penjualan yang dilakukan masih belum begitu signifikan dikarenakan kurangnya kualitas sumberdaya manusia dalam mengelola BUMDES Sukses Abadi Karanganom.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akida, Saidatul. 2022. “Keberadaan Bumdes Suka Jaya Dalam Pelayanan Masyarakat (Studi Kasus Di Desa Suka Jaya, Kecamatan Tanjung Tiram, Kabupaten Batubara).” Ilmu Komputer, Ekonomi Dan Manajemen (JIKEM) 2(2):2889–97.

Aklina, Zulfiya, and Mochamad Chobir Sirad. 2023. “SEIKO : Journal of Management & Business Strategi Pemberdayaan Badan Usaha Milik Desa ( BUMDes ) Margo Waluyo Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Desa Prespektif Ekonomi Islam.” 6(2):359–71.

Arsyad. 2017. “Bab II Kajian Teori.” BAB 2 Kajian Teori (1):16–72.

Artika, Tia, and Olivia S. Nelwan. 2018. “Pengaruh Strategi Pemasaran, Kualitas Pelayanan Dan Nilai Nasabah Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Pt. Bank Capital Indonesia Tbk Cabang Wisma Kodel.” STEI Ekonomi 27(1):80–99.

Dr. H Saleh, S.E, M. S. 2019. “Konsep Dan Strategi Pemasaran.”

Fahrozi, H. 2022. “Strategi Pengembangan Usaha Ayam Petelur Dalam Meningkatkan Omzet Penjualan ( Studi Kasus Ud. Auliya Jaya Farm Desa Jelantik Kecamatan Jonggat Kabupaten Lombok Tengah ).” Skripsi UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) MATARAM MATARAM.

Fitri Kholilah Nasution, Mazidatul Adawiah, Miftahul Husna. 2024. “Strategi Pemasaran Dalam Usaha Kedai Nasi Aqila Di KantinUniversitas Islam Negri Sumatra Utara.” Ekonomi Syariah 1(1):74–80.

HARAHAP, SINTA DWI YANTI. 2022. “Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Busana Pada Anisa Fashion Outlet Menurut Perspektif Ekonomi Syariah.”

Harmawan Teguh Saputra, Ferda Maryatul Rif’ah, Bayu Andrianto. 2023. “Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Guna Meningkatkan Daya Saing Umkm.” Conomy Management Business and Entrepreneur 1(1).

Ibrahim, Abdulhalil Hi., Bakri La Suhu, Rahmat Suaib, Ashari Salim, and Nardiansyah Noo. 2021. “Strategi Pengembangan Badan Usaha Milik Desa Dalam Meningkatkanperekonomian Masyarakat Perdesaan (Studi Di Desa Were Kecamatan Weda Kabupaten Halmahera Tengah).” Jurnal Government of Archipelago I(1):1–10.

Iskandar, Jusman, Engkus, Fadjar Tri Sakti, Nabilah Azzahra, and Novianti Nabila. 2021. “Strategi Pengembangan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Desa.” Jurnal Dialektika: Jurnal Ilmu Sosial 19(2):1–11. doi: 10.54783/dialektika.v19i2.1.

Islamic, Qomaruddin, Economy Magazine, Februari Tahun, Dosen Iai, Qomaruddin Gresik, Kluster Bantuan, Penelitian Peningkatan, Diktis Kemenag Ri, and Diktis Kemenag Ri. 2019. “View Metadata, Citation and Similar Papers at Core.Ac.Uk.”

Izzah, Kholilah Dzati. 2020. “Manfaat Badan Usaha Milik Desa Dan Kesejahteraan Masyarakat Lapisan Bawah (Studi Di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah).” Sains Komunikasi Dan Pengembangan Masyarakat 4(1):37–54.

Kurniawan, Sandi. 2018. “Analisis Pengembangan Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Omset Penjualan Keripik Pisang Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Umkm Keripik Pisang Jl. Pagar Alam Gang Pu Kelurahan Segala Mider, Kota Bandar Lampung).”

Kusumawardhani, Ellyana. n.d. “Analisis Bauran Pemasaran Terhadap Omzet Penjualan Pada Pt. Gaudi Dwi Laras Cabang Palembang.” Ellyana Kusumawardhani (2):78–94.

Mamonto, Tumbuan, and Rogi. 2021. “Analisis Faktor-Faktor Bauran Pemasaran (4P) Terhadap Keputusan Pembelian Pada Rumah Makan Podomoro Poigar Di Era Normal Baru.” Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi 9(2):110–21.

Masdaini, Efrina, and Ayu Dewi Hemayani. 2022. “Analisis Keputusan Pembelian Pada Konsumen Warung Kopi Nilang Buying Decision Analysis on Nilang Coffee Shop Consumers.” Terapan Ilmu Ekonomi, Manajemen Dan Bisnis 2(1):21–28.

Musyawarah, Irdha Yanti, and Desi Idayanti. 2022. “Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Usaha Ibu Bagas Di Kecamatan Mamuju.” Forecasting: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen 1(1):1–13.

Priatama, A. R. I. 2023. “Peran Marketing Syariah Dalam Bangunan Enjoy Kenali Lampung Barat Dalam Perspektif Ekonomi Islam Raden Intan Lampung H / Peran Marketing Syariah Dalam Bangunan Enjoy Kenali Lampung Barat Dalam Perspektif + Ekonomi Islam H /.”

Prof. Dr. Lexy J. Moleong, M. A. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif.

Purnomo, Nanto. 2021. “Peningkatan Sumber Daya Manusia Melalui Pelatihan Dan Pendampingan Digital Marketing.” Jurnal Karya Abdi Masyarakat 4(3):376–81. doi: 10.22437/jkam.v4i3.11307.

RAMADHANI, ANNISA. 2022. “Tata Kelola Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Desa Di Desa Sunggumanai Kecamatan Pattallassang Kabupaten Gowa.” 1–33.

Riska, Fiya Fajriya. 2015. “Strategi Pengembangan Usaha Budidaya Ikan Lele (Clarias Sp.) Pada Usaha Perseorangan ‘Toni Makmur’ Dikawasan Agropolitan Desa Kauman Kecamatan Ngoro Kabupaten Jombang Jawa Timur.” ECSOFiM 3(1):49–54.

Riyanti, Iit Novita. 2021. “Optimalisasi Peran Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Singajaya Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat (Studi Kasus Di Desa Bodas Kecamatan Watukumpul).” Al-Idārah 2(1):80–93.

ROHIBUL WATHON. 2022. “Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Desember 2022.”

Sanjaya, P. K. A., N. P. S. Hartati, and ... 2020. “Pemberdayaan Pengelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Berdikari Melalui Implementasi Digital Marketing System.” CARADDE: Jurnal … 3:65–75.

Selong, Mitri Tanti. 2022. “Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Omset Penjualan Pada Kedai Tentang Kita Minuman Cokelat Kekinian Kota Sorong.” Ekonomi Dan Bisnis 11(3):880–87.

Stefanus, Stefen. 2022. “Analisis Strategi Marketing Syariah Untuk Meningkatkan Omset Penjualan Pada Era Globalisasi Di Toko Emas Pantes Sindang Laut Kabupaten Cirebon.” Change Think 1(1):87–95.

Suci Kusmiati, Rena, Kiki Ahmad Vol, Kiki B. Ahmad, SKom Manajemen, Ekonomi dan Bisnis, and Universitas Buana Perjuangan Karawang. n.d. “Kinerja Dalam Menghadapi Era Digital Pada Umkm Keripik Pisang Ibu Nur Desa Kutaampel.” 2(2):5230–37.

Sugiyono. 2015. Memahami Penelitian Kualitatif. 11th ed. Bandung: ALFABETA, cv.

Sugiyono, Prof. Dr. 2019. Metodologi Penelitian Pendidikan.

Suryaatmaja. 2020. “Metadata, Citation and Similar Papers at Core.Ac.Uk 4.” Донну 5(December):118–38.

Tatang Sujana, zakiyudin Fikri. 2023. “Strategi Pemanfaatan Potensi Ekonomi Desa Melalui Bumdes Dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Desa Di Desa Labuh Air Pandan Kecamatan Mendo Barat Kabupaten Bangka Tatang.” Jurnal Ilmiah Politik, Kebijakan, Dan Sosial (Publicio) 5(2):183–92.

Utami, Miranda Febby. 2022. “Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Omset Penjualan Kopi Di Kanara Coffee Bandar Lampung 2020-2021.” Mahasiswa Perbankan Syariah Sekol Sekolah Tinggi Ekonomi Dan Bisnis Syariah (STEBIS) Indo Global Manasri 2(2):275–84.

Downloads

Published

2024-06-29

How to Cite

Wardanata, A. I., & Suja’i, I. S. (2024). Strategi Pengembangan Pemasaran dan Upaya Peningkatan Omzet Penjualan pada Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Sukses Abadi Karanganom. ARMADA : Jurnal Penelitian Multidisiplin, 2(6), 436–445. https://doi.org/10.55681/armada.v2i6.1379