Pengaruh Fasilitas dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen pada Mata Hati Cafe Tulungagung

Authors

  • Herlina Dwi Wardhani Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung
  • Maria Agatha Sri Widyanti Hastuti Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung

DOI:

https://doi.org/10.55681/armada.v2i6.1374

Keywords:

Fasilitas, Kepuasan Konsumen, Kualitas Pelayanan

Abstract

Di era globalisasi saat ini, di mana dunia usaha mengalami perkembangan yang sangat pesat. Banyak pelaku usaha yang bermunculan dalam mendirikan sebuah bisnis. Dengan munculnya banyak pelaku usaha, menjadikan banyak juga persaingan ketat antara sesama pengusaha terutama dalam bidang kuliner. Salah satunya adalah Mata Hati Cafe Tulungagung, tempat nongkrong yang menjadi minat dalam berkunjung para anak-anak muda di Tulungagung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh fasilitas dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada Mata Hati Cafe Tulungagung. Teknik pengambilan data dengan melakukan penyebaran angket atau kuesioner kepada para konsumen Mata Hati Cafe Tulungagung. Hasil uji penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel fasilitas terhadap kepuasan konsumen dengan sebesar 0,000 < 0,05 dan thitung > ttabel sebesar 19,251 > 1,979 dan juga terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen yaitu sebesar 0,000 < 0,05 dan thitung > ttabel sebesat 17,818 > 1,979. Hasil uji F menunjukkan bahwa nilai Fhitung > Ftabel yaitu sebesar 214.,512 > 3,070. Hal ini dapat menunjukkan terdapat pengaruh secara simultan dan signifikan variabel fasilitas (X1) dan kualitas pelayanan (X2) terhadap kepuasan konsumen (Y) pada Mata Hati Cafe Tulungagung.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arsyad, M. R. P. S. (2023). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Mirai Management, 8(2), 183–197. https://doi.org/10.59806/tribisnis.v5i2.306

Hasoloan, A. (2018). Peranan Etika dalam Perusahaan Bisnis. Jurnal Warta Edisi : 57, 1–10. http://www.uib.no/sites/w3.uib.no/files/attachments/1._ahmed-affective_economies_0.pdf%0Ahttp://www.laviedesidees.fr/Vers-une-anthropologie-critique.html%0Ahttp://www.cairn.info.lama.univ-amu.fr/resume.php?ID_ARTICLE=CEA_202_0563%5Cnhttp://www.cairn.info.

Mulyasari, L. F., Widodo, H. P., & Wasesa, T. (2022). Pengaruh Fasilitas Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Mahasiswa Manajemen Dan Akuntasi, 01(01), 75–81.

Oetama, S., & Sari, D. H. (2017). Pengaruh Fasilitas Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pada PT. Bank Mandiri (PERSERO) TBK Di Sampit. Jurnal Terapan Manajemen Dan Bisnis, 3(1), 59–65.

Prihandoyo, C. (2019). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN JNE CABANG BALIKPAPAN. Jurnal GeoEkonomi, 116–129.

Sari, R. F., & Marlius, D. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen pada D ’ sruput Lapai Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 1801–1812.

Sugiyono. (2015). METODE PENELITIAN KUANTITATIF KUALITATIF DAN R&D. ALFABETA, cv.

Sukmadinata, N. S. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. PT Remaja Rosdakarya.

Syahsudarmi, S. (2018). Pengaruh Fasilitas Dan Kulitas Layanan Terhadap Kepuasan pelanggan Kedai Kopi Bengkalis Di Pekanbaru. Jurnal Development, 6(1), 47–96.

Downloads

Published

2024-06-29

How to Cite

Wardhani, H. D., & Hastuti, M. A. S. W. (2024). Pengaruh Fasilitas dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen pada Mata Hati Cafe Tulungagung. ARMADA : Jurnal Penelitian Multidisiplin, 2(6), 420–429. https://doi.org/10.55681/armada.v2i6.1374