Bela Negara sebagai Upaya Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dimensi Mandiri di Kelas X SMK Negeri 1 Adiwerna

Authors

  • Roos Arrafi Achyani Universitas Negeri Semarang
  • Natal Kristiono Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.55681/armada.v2i5.1317

Keywords:

Dimensi Mandiri, Pendidikan Bela Negara, Profil Pelajar Pancasila, SMK Negeri 1 Adiwerna

Abstract

Pedidikan bela negara merupakan salah satu kunci dalam pembentukan kepribadian siswa. Tindakan negatif siswa seperti kekerasan di sekolah, tawuran antar pelajar, pornografi, penggunaan narkotika di Indonesia mengalami peningkatan sebagai tanda degredasi moral. Pendidikan bela negara merupakan salah satu upaya yang ditempuh untuk menekan penurunan degradasi moral yang terjadi pada siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan data dan observasi, wawancara, dokumentasi, dan catatan di lapangan. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan bela negara sebagai upaya penguatan profil pelajar pancasila dimensi mandiri di kelas X SMK Negeri 1 Adiwerna berhasil dilakukan dengan tahapan perencanaan, penerapan dan evaluasi sesuai indikator  pada dimensi  mandiri profil pelajar pancasila yaitu siswa dapat melakukan tindakan-tindakan secara konsisten guna mencapai tujuan karir dan pengembangan dirinya di masa depan serta berusaha mencari dan melakukan alternatif tindakan lain yang dapat dilakukan ketika siswa menemui hambatan. Upaya yang dilakukan dalam mengatasi faktor penghambatnya melalui komunikasi dan mediasi dengan orang tua siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Z., Poernomo, D., Iryanti, E., & Arif, L. (2014). Pendidikan Bela Negara. Surabaya:

Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur.

Abu Ahmadi dan Nur Ukhbiyanti. 1991. Ilmu Pendidikan Islam.Jakarta: Rineka Cipta.

Burhan Bungin. 2021. Metodologi Penelitian Sosial. Surabaya: Universitas Airlangga. Press. Hlm 152

Fuadi, Ahmad. 2021. Pengantar Ilmu Pendidikan. Riau: Dot Plus Publisher.

Gunawan, Heri. 2014. Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Lickona, Thomas. 2013. Character Matter (Persoalan Karakter). Jakarta: Bumi Aksara.

Moleong, L. J. (2000). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyadi, S., Fathia Fairuza. 2015. Evaluasi Program. Jakarta: Lembaga Pengembangan UNJ. hlm.1

Rachman, Maman dan Lestari, Puji. 2017. Pendidikan dan Pembinaan Karakter Bangsa. Semarang: Fastindo.

Rachman, Maman. 2014. Padepokan Karakter: Lokus Pembangunan Karakter. Semarang: Unnes Press. hlm 22.

Rachman, Maman. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Moral. Semarang: Unnes Press.

Siahaan, T. 2016. Bela Negara dan Kebijakan Pertahaan. Jakarta: Puskom Publik Kemhan.

Downloads

Published

2024-05-20

How to Cite

Achyani, R. A., & Kristiono, N. (2024). Bela Negara sebagai Upaya Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dimensi Mandiri di Kelas X SMK Negeri 1 Adiwerna. ARMADA : Jurnal Penelitian Multidisiplin, 2(5), 327–333. https://doi.org/10.55681/armada.v2i5.1317