PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN 4.0 PADA MAHASISWA UNIVERSITAS HAMZANWADI

Authors

  • Kholida Ismatulloh Program Studi Pendidikan Informatika, Universitas Hamzanwadi
  • Yosi Nur Kholisho Program Studi Pendidikan Informatika, Universitas Hamzanwadi
  • Baiq Desi Dwi Arianti Program Studi Pendidikan Informatika, Universitas Hamzanwadi
  • Rasyid Hardi Wirasamita Program Studi Pendidikan Informatika, Universitas Hamzanwadi

DOI:

https://doi.org/10.55681/swarna.v2i2.296

Keywords:

Teknologi, Informasi, Revolusi dan Industri

Abstract

Era revolusi industri 4.0 merupakan era dimana perubahan semua sistem manual menjadi sistem digital. Teknologi memegang peranan penting dalam pembelajaran di era revolusi industri 4.0. Pemanfaatan teknologi pembelajaran yang mana tidak terbatas oleh ruang dan waktu selain itu juga pembelajaran menjadi lebih efektif dan efisien dengan menggunakan berbagai macam sistem teknologi dan informasi. Tujuan penelitan ini adalah untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan teknologi dan informasi dalam pembelajaran era revolusi industri 4.0. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang mana tidak ada penilaian berbentuk angka sebagai tolak ukur kesuksesan dalam pembelajaran. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa pendidikan sosiologi Universitas Hamzanwadi. Hasil wawancara secara daring dengan beberapa mahasiswa sosiologi menunjukkan bahwa pemanfaatan teknologi dan informasi di era revolusi industri 4.0 sangat penting dan memudahkan dalam menggali informasi dan ilmu pengetahuan. Teknologi dan informasi sebagai salah satu media pembelajaran yang dapat menjadi sumber utama dalam kegiatan pembelajaran. Sebagian besar mahasiswa memanfaatkan teknologi dan informasi adalah untuk komunikasi, hiburan dan pembelajaran. Dalam komunikasi mahasiswa dapat memanfaatkan berbagai aplikasi dalam menjalin komunikasi dengan orang lain.Untuk hiburan, mahasiswa biasanya menggunakan teknologi dan informasi untuk bermain berbagai macam game dan menonton youtobe yang mana didalamnya terdapat drama, kuliner, dan musik. Dalam pembelajaran mahasiswa dapat menggunakan berbagai aplikasi pembelajaran yang dapat memudahkan kegiatan pembelajaran dan memeperluas pengetahuan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Jaya, H., Djawad, Y. A., & Idris, M. M. (n.d.). Penerapan Aplikasi Teknologi Revolusi Industri 4.0 Dalam Pembelajaran di SMKN 10 Makassar. IPTEK: Jurnal Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2).

Liu, H., Wang, X., & Kadir, A. (2014). Chaos-based color image encryption using one-time keys and Choquet fuzzy integral. International Journal of Nonlinear Sciences and Numerical Simulation, 15(1), 1–10.

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.

Wibawa, F. A., & Pritandhari, M. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. SNPPM-2 (Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat) Tahun.

Wibawa, R. P., & Agustina, D. R. (2019). Peran pendidikan berbasis higher order thinking skills (hots) pada tingkat sekolah menengah pertama di era society 5.0 sebagai penentu kemajuan bangsa indonesia. EQUILIBRIUM: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Pembelajarannya, 7(2), 137–141.

Yuniani, A., Ardianty, D. I., & Rahmadani, W. A. (2019). Era revolusi industri 4.0: peran media sosial dalam proses pembelajaran fisika di SMA. GRAVITASI: Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains, 2(01), 18–24.

Downloads

Published

2023-02-03

How to Cite

Ismatulloh, K., Kholisho, Y. N., Arianti, B. D. D., & Wirasamita, R. H. (2023). PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN 4.0 PADA MAHASISWA UNIVERSITAS HAMZANWADI. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 198–203. https://doi.org/10.55681/swarna.v2i2.296