Pelatihan Literasi Digital Wujudkan Santri Kreatif

Authors

  • Khodijah Ishak Program Studi Magister Ekonomi Islam, STIE SYARI’AH Bengkalis, Indonesia
  • Muhammad Isa Selamat Program Studi Sarjana Manajemen Bisnis Syari’ah, STIE SYARI’AH Bengkalis, Indonesia
  • Sukma Mahilda Program Studi Sarjana Akuntansi Syari’ah, STIE SYARI’AH Bengkalis, Indonesia
  • Andani Asmara Program Studi Sarjana Akuntansi Syari’ah, STIE SYARI’AH Bengkalis, Indonesia
  • Nurjannah Program Studi Sarjana Perbankan Syari’ah, STIE SYARI’AH Bengkalis, Indonesia
  • Muhammad Faizal Program Studi Sarjana Manajemen Bisnis Syari’ah, STIE SYARI’AH Bengkalis, Indonesia
  • Mustagfiroh Program Studi Sarjana Hukum Ekonomi Syari’ah, STIE SYARI’AH Bengkalis, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55681/swarna.v3i9.1498

Keywords:

Literasi, Digital, Kreatif

Abstract

Literasi digital merupakan suatu bentuk kemampuan mengumpulkan, memahami dan menggunakan informasi dari berbagai sumber dalam bentul digital. Tujuan dari kegiatan PkM ini adalah untuk meningkatkan keterampilan digital para santri Sekolah di Daril Ihsan. Cara pelaksanaan kegiatan PkM ini langsung dilakukan secara tatap muka pendekatan demonstrasi dengan tahap 1). Penjelasan dengan metode deskripsi atau ceramah dan tanya jawab, 2) partisipatory ruralapproach untuk mengidentifikasi minat, motivasi dan kebutuhan santri dalam literasi digital, dan 3) monitoring dan evaluasi. Hasil pengabdian ini 1). Peserta cukup bersemangat karena senang mengikuti kegiatan dari awal sampai akhir, 2) materi mudah dipahami santri karena disajikan secara menarik dan melalui tahap pelatihan, monitoring dan evaluasi dalam membuat rancangan pemasaran produk melalui digital 3) literasi digital ini memberikan kontribusi positif dalam mengembangkan dan meningkatkan literasi digital di kalangan santri.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahlah, S. (2020). Membangun Karakter Siswa Melalui Literasi Digital dalam Menghadapi Pendidikan Abad 21 Era Society 5.0. Prosding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.

Author DSLA. (2022). Cyber Law: Pengertian dan Tujuan Cyber Law di Indonesia. Daud Silalahi & Lawencon Associates.

Aziz, R. M., Syam’aeni, M. A., Sya’baniyah, N., & Fatihah, I. C. (2020). Peningkatan Kemampuan Literasi Digital bagi Siswa Kelas 4 dan 5 SDN Tanjakan 3, Kabupaten Tangerang. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(1). https://doi.org/10.30653/002.202051.267

Bimbingan, B., & Konseling, D. A. N. (2016). Metode Penelitian Kualitatif dalam Bidang Bimbingan dan Konseling. Jurnal Fokus Konseling, 2(2).

Erlina, E., Isa, M., Ishak, K., Shirotol, A., Khoirin, K. F., Ashuri, B., Helmina, S., Akmal, M., Nisalae, R., Melviyani, N., & others. (2024). Legalitas Dan Produk Halal Bagi Wirausaha Muda. KHIDMAH: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 18–22.

Hadayani, D. O., Delinah, & Nurlina. (2020). Membangun Karakter Siswa Melalui Literasi Digital Dalam Menghadapi Pendidikan Abad 21 (Revolusi Industri 4.0). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 21.

Hague, C., & Payton, S. (2010). Digital literacy across the curriculum Key to themes: A Futurelab handbook. Futurelab, 4(1).

Hendarsyah, D. (2021). Peran Ekonomi Digital Dalam Pemulihan Ekonomi Dampak Covid- 19 Di Indonesia. Academia.Edu, 1–29.

Husna Nashihin, Anisatul Baroroh, & Aslam Ali. (2020). Implikasi Hukum Teknologi Informasi Dalam Perkembangan Teknologi Pendidikan Islam (Telaah atas Hukum Moore, Hukum Metcalfe, dan Hukum Coase). At Turots: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2). https://doi.org/10.51468/jpi.v2i2.39

Iriawan, S. B. (2017). Mewujudkan Indonesia Emas Tahun 2045 Melalui Pendidikan Kecakapan Abad Ke-21. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 229.

Jones, R. H., & Hafner, C. A. (2021). Understanding Digital Literacies: A Practical Introduction. In Understanding Digital Literacies: A Practical Introduction. https://doi.org/10.4324/9781003177647

Khoirin, K. F., Erlina, E., Siswati, S., Julia, J., & Mashitah, D. (2024). Kewirausahaan Untuk Kepemudaan: Pelatihan Pengelolaan Limbah Tempurung Kelapa Dalam Meningkatkan Pendapatan Pemuda Desa. KHIDMAH: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 7–10.

Kurnianingsih, I., Rosini, R., & Ismayati, N. (2017). Upaya Peningkatan Kemampuan Literasi Digital Bagi Tenaga Perpustakaan Sekolah dan Guru di Wilayah Jakarta Pusat Melalui Pelatihan Literasi Informasi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Indonesian Journal of Community Engagement), 3(1). https://doi.org/10.22146/jpkm.25370

Kusumastuti, A., & Nuryani, A. (2020). Digital Literacy Levels in ASEAN (Comparative Study on ASEAN Countries). https://doi.org/10.4108/eai.23-10-2019.2293047

Mantyastuti, Y. A. (2017). Digital Divide dikalangan santri Pondok Pesantren Salaf 1. Libri-Net Journal Universitas Airlangga, 6(2).

Mertala, P., López-Pernas, S., Vartiainen, H., Saqr, M., & Tedre, M. (2024). Digital natives in the scientific literature: A topic modeling approach. Computers in Human Behavior, 152. https://doi.org/10.1016/j.chb.2023.108076

Mihailidis, P. (2015). Digital curation and digital literacy: Evaluating the role of curation in developing critical literacies for participation in digital culture. E-Learning and Digital Media, 12(5–6). https://doi.org/10.1177/2042753016631868

Nasrullah, D, dkk. (2020). Dampak Psikologis Tenaga Kesehatan dalam Upaya Menghadapi Pandemi Corona Virus (Covid-19) di Indonesia. Ristek-Brin.

Naufal, H. A. (2021). Literasi Digital. Perspektif, 1(2). https://doi.org/10.53947/perspekt.v1i2.32

Nofha Rina, S. N. F. (2020). Literasi Media Digital: Efektivitas Akun Instagram @infobandungraya Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Followers. MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(1). https://doi.org/10.35326/medialog.v3i1.479

Nugraha, D. (2022). Literasi Digital dan Pembelajaran Sastra Berpaut Literasi Digital di Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(6). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.3318

Nurmahadi, N., Isa, M., Ishak, K., Mashuri, M., Susilawati, S., Azlan, M., Cahya, A. N., Cahyati, W. T., Sakbaniah, N., Triawan, J., & others. (2024). Pembinaan Jiwa Wirausaha Pada Generasi Z Di Madrasah Aliyah Darusalam Pematang Duku Timur Kabupaten Bengkalis. KHIDMAH: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 11–17.

Oktayani, D., Ishak, K., Isa, M., Mashuri, M., Ashsubli, M., Dwinanda, G. R., Cahya, A. N., Nabila, S., Galingging, S. H., Norhazlinda, P., & others. (2024). Peningkatan Literasi Ekonomi Syariah Pada Siswa Madrasah Aliyah@article{nurmahadi2024pembinaan,@article{nurmahadi2024pembinaan, title={Pembinaan Jiwa Wirausaha Pada Generasi Z Di Madrasah Aliyah Darusalam Pematang Duku Timur Kabupaten Bengkalis}, author={. KHIDMAH: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 23–26.

Pierre Mauritz Sundah, & Rizky Karo Karo. (2023). Literasi Digital di Sekolah Dasar Negeri 03 Batok, Kabupaten Bogor: Bentuk Penguatan Nilai Ketahanan Nasional. Jurnal Lemhannas RI, 10(4). https://doi.org/10.55960/jlri.v10i4.371

Raharja, G. G. G. (2020). Penerapan Hukum Terhadap Pelanggaran Hak Cipta Di Bidang Pembajakan Film. Jurnal Meta-Yuridis, 3(2). https://doi.org/10.26877/m-y.v3i2.6029

Ramadhan, M., Rahmadiansyah, D., Syahputra, Y. H., Yetri, M., & Hafiz, A. Al. (2022). Workshop Literasi Digital Peningkatan Kompetensi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Satuan Pendidikan Jenjang SMP. ABDIMAS IPTEK, 2(1). https://doi.org/10.53513/abdi.v2i1.4866

Rizana, R., Utama, A. S., & Svinarky, I. (2021). Pengaruh Media Sosial Terhadap Dinamika Masyarakat Dan Lahirnya Bentuk-Bentuk Perbuatan Hukum Baru Di Media Sosial. Jurnal Cahaya Keadilan, 9(2). https://doi.org/10.33884/jck.v9i2.4520

Safira, F., & Irawati, I. (2020). Hubungan Literasi Media Sosial Pustakawan Perguruan Tinggi dengan Kualitas Pemanfaatan e-Resources Perpustakaan. Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi Dan Kearsipan, 6(1). https://doi.org/10.14710/lenpust.v6i1.25325

Sahara, S., Azwar, S. A., & Andini, R. A. (2023). Pelatihan Fasilitator Pembelajaran Digital sebagai Upaya Pembelajaran Era Revolusi 4.0 di SMK Yapinuh, Provinsi Jawa Barat. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 3(1). https://doi.org/10.54082/jamsi.629

Salwa Shafira, Ni Ketut Sari Adnyani, & Ni Putu Rai Yuliartini. (2022). Kajian Yuridis Terhadap Pelanggaran Hak Cipta Pada Pengguna Aplikasi Sosial Media Instagram Story Dikaji Berdasarkan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang Hak Cipta. Jurnal Komunitas Yustisia, 5(3). https://doi.org/10.23887/jatayu.v5i3.51905

Syahrezi, I. A., Suharso, P., & Mallawa, S. (2022). Pemanfaatan E-Resources Perpustakaan Nasional Di Masa Pandemi Covid-19 Oleh Masyarakat. Bibliotika : Jurnal Kajian Perpustakaan Dan Informasi, 6(1). https://doi.org/10.17977/um008v6i12022p57-72

Terttiaavini, T., & Saputra, T. S. (2022). Literasi Digital Untuk Meningkatkan Etika Berdigital Bagi Pelajar Di Kota Palembang. Jmm (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(3). Https://Doi.Org/10.31764/Jmm.V6i3.8203

Ulfah, A. (2022). Model Literasi Digital Dalam Upaya Mengurangi Kesenjangan Digital Untuk Santri Menuju Indonesia Emas 2045. HUMANIS: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Dan Humaniora, 14(1). https://doi.org/10.52166/humanis.v14i1.2772

Utama, A. S. (2021). Digitalisasi Bank Konvensional dan Bank Syariah. Jurnal Ilmu Hukum, Perundang - Undangan Dan Pranata Sosial, 6(2).

Yohana, R. (2020). Upaya Membangun Karakter Peserta Didik Melalui Literasi Digital Dalam Tantangan Pendidikan Abad, Upaya. Social, Humanities, and Education Studies(SHEs) : Conference Series, 3(4).

Yuningsih, Y. (2019). Pendidikan Kecakapan Abad Ke-21 Untuk Mewujudkan Indonesia Emas Tahun 2045. Jurnal Pedagogik Pendidikan Dasar, 6(1). https://doi.org/10.17509/jppd.v6i1.21526

Downloads

Published

2024-09-20

How to Cite

Ishak, K., Selamat, M. I., Mahilda, S., Asmara, A., Nurjannah, N., Faizal, M., & Mustagfiroh, M. (2024). Pelatihan Literasi Digital Wujudkan Santri Kreatif. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(9), 662–670. https://doi.org/10.55681/swarna.v3i9.1498