Edukasi Kesehatan Dalam Mengurangi Keluhan Nyeri Lutut Pada Lansia dengan Senam Osteoarthritis di Yayasan Uma Kandung Banjarmasin

Authors

  • Julfiana Mardatillah Program Studi Sarjana Fisioterapi, STIKES Suaka Insan, Indonesia
  • Akhmad Ridhani Program Studi Sarjana Fisioterapi, STIKES Suaka Insan, Indonesia
  • Hana Maria Uli Lumbanraja Program Studi Sarjana Keperawatan, STIKES Suaka Insan, Indonesia
  • Bernadus Sadu Program Studi Sarjana Fisioterapi, STIKES Suaka Insan, Indonesia
  • Utomo Wicaksono Program Studi Sarjana Fisioterapi, STIKES Suaka Insan, Indonesia
  • Dadan Prayogo Program Studi Sarjana Fisioterapi, STIKES Suaka Insan, Indonesia
  • Uswatun Hasanah Program Studi Sarjana Fisioterapi, STIKES Suaka Insan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55681/swarna.v3i8.1439

Keywords:

Osteorthritis, Senam Osteroarthritis, Lansia

Abstract

Osteoarthritis (OA) merupakan kelainan degeneratif yang terjadi pada articular cartilage yang ditandai dengan berkurangnya sendi sinovial, terbentuknya osteofit, kerusakan pada ligamen dan perubahan pada tulang. Sehingga menyebabkan nyeri pada sendi, kesulitan dalam beraktivitas, gangguan fungsi fisik dan peningkatan risiko jatuh dan sering terjadi pada orang lanjut usia. Pencegahan yang dapat dilakukan adalah melakukan pekerjaan yang tidak memperberat kerja sendi yang menopang tubuh, dan meminimalkan aktivitas yang dapat menyebabkan cedera sendi, serta menghindari obesitas dengan cara mengkonsumsi makanan yang sehat, rendah lemak, karbohidrat cukup, nutrisi cukup. Strategi pencegahan ini penting dilakukan sejak dini untuk meminimalkan risiko terjadinya OA pada lansia. Senam OA merupakan salah satu metode yang praktis dan efektif untuk memelihara kesehatan tubuh. Metode yang digunakan adalah ceramah dan demonstrasi senam OA untuk melihat nilai keberhasilan proses edukasi. Hasil yang didapatkan peningkatan pengetahuan dan kemampuan lansia dalam melakukan senam OA dengan baik dan benar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Delima, Sahruddin, & Karma. (2017). Hubungan Intensitas Sholat, Aktivitas Olahraga dan Riwayat Kebiasaan Mandi Malam dengan Penyakit Osteoarthritis pada Lansia di Panti Sosial Tresna Werdha Minaula Kota Kendari Tahun 2017. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kesehatan Masyarakat, 2(6), 1-9.

Eilert, R., Hassenzahl, M., & Buhr, M. (2020). The osteoarthritis-journey: Patients’ development of long-term motivation. DIS 2020 Companion - Companion Publication of the 2020 ACM Designing Interactive Systems Conference, 111–116.

Elsiwy Y, Jovanovic I, Doma K, Hazratwala K, Letson H. (2019). Risk factors associated with cardiac complication after total joint arthroplasty of the hip and knee: a systematic review. J Orthop Surg Res, 15(1), 11-14.

Hansson, E. E., Jönsson-Lundgren, M., Ronnheden, A. M., Sörensson, E., Bjärnung, Å., & Dahlberg, L. E. (2010). Effect of an education programme for patients with osteoarthritis in primary care - A randomized controlled trial. BMC Musculoskeletal Disorders, 11.

Ireneu, Andhika, & Dony. (2017). Hubungan Indeks Massa Tubuh terhadap Kejadian Osteoartritis Lutut di RSUD Al - Ihsan Bandung (Studi di Poliklinik Reumatologi dan Saraf Periode Maret - Mei 2017). Prosiding Pendidikan Dokter, 3(2), 656 – 664.

Lundgren-Nilsson Å, Dencker A, Palstam A, Person G, Horton MC, Escorpizo R, Küçükdeveci AA, Kutlay S, Elhan AH, Stucki G, Tennant A, Conaghan PG. (2018). Patient-reported outcome measures in osteoarthritis: a systematic search and review of their use and psychometric properties. RMD Open, 4(2), e000715.

Manlapaz DG, Sole G, Jayakaran P, Chapple CM. (2019). Risk Factors for Falls in Adults with Knee Osteoarthritis: A Systematic Review. PM R, 11(7), 745-757.

Runhaar J, Bierma-zeinstra SMA. (2022). Tantangan dalam Pencegahan primer Osteoartritis. Elsevier Inc [Internet], 38, 259–271.

Setiati, Siti; Alwi, Idrus; Sudoyono, Aru. W; K. Simadibrata, Marcellus; Setiyohadi, Bambang; Syam Ari F. (2019). Buku Ajar Ilmu Penyakit Dalam. In: Interna Publishing.

Soenarwo. (2011). Penanganan Praktis Osteoarthritis. Jakarta: ALMAWARDI

Downloads

Published

2024-08-05

How to Cite

Mardatillah, J., Ridhani, A., Lumbanraja, H. M. U., Sadu, B., Wicaksono, U., Prayogo, D., & Hasanah, U. (2024). Edukasi Kesehatan Dalam Mengurangi Keluhan Nyeri Lutut Pada Lansia dengan Senam Osteoarthritis di Yayasan Uma Kandung Banjarmasin. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(8), 616–621. https://doi.org/10.55681/swarna.v3i8.1439