ANALISIS STRATEGI PEMASARAN LAPTOP BEKAS MELALUI APLIKASI FACEBOOK DAN INSTAGRAM UNTUK MENINGKATKAN LOYALITAS PELANGGAN PADA TOKO PARTNER KOMPUTER

Authors

  • Triyadi Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Barat
  • Yuni Firayanti Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Barat
  • Fidia Wulansari Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Barat

DOI:

https://doi.org/10.55681/armada.v1i9.881

Keywords:

Bauran Pemasaran, Loyalitas, Strategi Pemasaran

Abstract

Strategi Pemasaran Toko Partner Komputer melalui media sosial dalam meningkatkan loyalitas konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran Toko Partner Komputer dalam meningkatkan loyalitas konsumen. Strategi pemasaran menjadi peran yang sangat penting dalam kegiatan pemasaran, penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, informan dalam penelitian ini adalah dua owner dari Toko Partner Komputer dan dua orang konsumen Toko Partner Komputer. Teknik pengumpulan data menggunakan obervasi, wawancara, dan dokumentasi, dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi startegi pemasaran Toko Partner Komputer dalam meningkatan loyalitas konsumen. Teori yang digunakan yaitu bauran pemasaran 4p yaitu product (produk), price (harga), place (tempat), promotion (promosi) dan loyalitas pelanggan. Hasil penelitian menujukan bahwa strategi pemasaran Toko Partner Komputer menggunakan digital marketing seperti Instagram, dan Facebook dengan tujuan untuk mengkomunikasikan suatu produk kepada masyarakat ,promosi penjualan berjalan cukup efektif, Toko Partner Komputer mengenalkan produknya dengan iklan berbayar, iklan berbayar efektif di lakukan untuk menarik konsumen, Instagram reels gunakan untuk memaksimalkan promosi, kualitas produk yang baik dapat manarik konsumen, kualitas produk yang baik dapat menarik pembeli untuk menjadi loyal, faktor yang menjadikan Toko Partner Komputer memiliki konsumen yang loyal adalah karena segi pelayanan, kualitas, dan harga. Harga berkisar Rp1.000.000 hingga 3.000.000 untuk berbagai produk laptop bekas tergantung tipe, merk, dan spesifikasi. Harga yang cukup terjangkau membuat konsumen Toko Partner Komputer loyal sehingga terdapat pembelian ulang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Atmoko, P. H. (2018). Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Volume Penjualan di Cavinton Hotel Yogyakarta. Journal of Indonesian Tourism, Hospitality and Recreation, Volume 1, Nomor 2, Oktober 2018, 83-96.

Estalita Br sibuea, A. M., & kando, L. (2021). Analisis Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Dalam Mempertahankan Tingkat Loyalitas Pelanggan Pada Toko Marmel Florist Medan. Jurnal Global Manajemen, Vol.10, No.1, 76-83.

Fadilah, N. (2020). Pengertian, Konsep, dan Strategi Pemasaran Syari’ah. Salimiya, Vol 1, No 2, 194-211.

Hamzah, R. E., Manigari, R. R., & Shabrina, R. P. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran Kedai Kopi Kaman Dalam Meningkatkan Loyalitas Konsumen. Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, Vol.1, No.1, 51-59.

Haque-Fawzi, M. G., Iskandar, A. S., Erlangga, H., Nurjaya, & Sunarsi, D. (2022). Strategi Pemasaran Konsep, Teori dan Implementasi. Tangerang Selatan: Pascal Books.

Irwilda , M., Husein, A., & Gunawan, T. (2020). Analisis Strategi Pemasaran Online. Jurnal Ekonomi Islam, Vol. 1, No. 3, 250-264.

Jayanti, S., & Ferdiyani Haris, F. (2019). Sistem Informasi Penjualan Untuk Al-Farizi Computer Palangka Raya Dengan Zachman Framework. Jurnal Sains Komputer dan Teknologi Informasi, Volume 2 No.1, November 2019, 46- 50.

Kotler, Philip dan Kevin Keller. 2007. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Indeks-Pretice Hal

Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Indek Kelompok Gramedia

Nuruwahyanti, D., zunaida, D., & hardati, R. N. (2023). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Mempertahankan Loyalitas Melalui Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada Rumah Produksi Keripik Buah Rafa Kecamatan Tirtoyudo Kabupaten Malang ). Jiagabi, Vol, 13, No.1, 163-169.

Oztamur, D., & Karakadılar, I. S. (2014). Menggali Peran Media Sosial Bagi UKM: Sebagai Alat Strategi Pemasaran Baru Perspektif Kinerja Perusahaan. Procedia, 511-520.

Panjaitan, R. (2018). Manajemen Pemasaran. Semarang: Sukarno Pressindo.

Periyadi dan Lamsah. (2019). Manajemen Pemasaran. Sleman: Deepublish.

Raintung, Michael. (2022). Pengaruh Kualitas Jasa, Kepercayaan dan Kepuasan Nasabah terhadap Loyalitas Nasabah PT. Pegadaian di Manado. Jurnal Emba, Vol. 10, No. 4.

Rismawati, F., Wahyuni, S., & Widodo, J. (2018). Strategi Pemasaran STP (Segmenting, Targeting, Positioning) Pada Larissa Aesthetic Center Cabang Jember. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, dan Ilmu Sosial, Volume 13 Nomor 2 (2018), 68-72.

Rostwentivaivi, V., & Fizriani, A. (2019). Kelayakan Bisnis Dan Pemasaran Tahu Jojoh di Kecamatan Karangpawitan, Kabupaten Garut . Jurnal Dedikasi Masyarakat, 59 – 67.

Rozi, A. F. (2017). Analisis Strategi Pemasaran Pada Djawa Batik Solo Analysis Marketing Strategies On Djawa Batik Solo. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, Vol. 3 No. 2 Desember 2017, 173-186.

Setiadi, A. (2016, 03 15). Pemanfaatan Media Sosial Untuk Efektifitas Komunikasi. Jurnal Humaniora Bina Sarana Informatika, 1-7.

Shalihah, A. A., Juwita, R., & Hetami, A. A. (2022). Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran Digital Dalam Membangun Loyalitas Konsumen Pada Kopiria. Ejournal Ilmu komunikasi, 27-41.

Shaputri, D. A., & Abdurrahman, M. S. (2019). Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Meningkatkan Loyalitas Konsumen Pada Cafe Coffee Di Bandung (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Morning Glory Coffee. E-Proceeding Of Management, vol.6, No.3, 67-75.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sunarsih, Denok dan Nurjaya. (2022). Strategi Pemasaran Konsep, Teori dan Implementasi. Tangerang Selatan: Pascal Books.

Syahputra, R. (2019). Strategi Pemasaran Dalam Alquran Tentang Promosi Penjualan. Jurnal Ecobisma, Vol.6 No.2, 83-88.

Wibowo, D. H., Arifin, Z., & Sunarti. (2015). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM (Studi pada Batik Diajeng Solo). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), |Vol. 29 No.1 Desember 2015, 59-66.

Yuliana , R. (2013). Analisis Strategi Pemasaran Pada Produk Sepeda Motor Matik Berupa Segmentasi, Targeting, Dan Positioning Serta Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Semarang. Jurnal STIE semarang, vol 5, no 2, Edisi Juni 2013, 79-92.

Yunaida, E. (2017). Pengaruh Brand Image (Citra Merek) Terhadap Loyalitas Konsumen. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, Vol.6, No.2, 798-807.

Zulkarnaen, H. O., & Sutopo. (2013). Analisis Strategi Pemasaran Pada Usaha Kecil Menengah (UMK) Makanan Ringan ( Studi Penelitian UMK Snack Barokah Di Solo ). Diponegoro journal of management http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr, Vol 2, No 3, 1-13.

Downloads

Published

2023-09-27

How to Cite

Triyadi, T., Firayanti, Y., & Wulansari, F. (2023). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN LAPTOP BEKAS MELALUI APLIKASI FACEBOOK DAN INSTAGRAM UNTUK MENINGKATKAN LOYALITAS PELANGGAN PADA TOKO PARTNER KOMPUTER. ARMADA : Jurnal Penelitian Multidisiplin, 1(9), 1133–1148. https://doi.org/10.55681/armada.v1i9.881