STRATEGI MEMPERTAHANKAN LOYALITAS KONSUMEN PADA USAHA MR LAUNDRY DI KOTA PONTIANAK

Authors

  • Sundari Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Barat
  • Ahmadi Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Barat
  • Fidia Wulansari Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Barat

DOI:

https://doi.org/10.55681/armada.v1i9.880

Keywords:

Loyalitas Konsumen, Pelayanan, Strategi Pemasaran

Abstract

Mr Laundry menerapkan empat strategi mempertahakan loyalitas konsumen. Pertama promosi dengan media sosial, sifat promosi ini merupakan informasi-informasi update Mr Laundry untuk para konsumen yang loyal. Kedua, pelayanan delivery bagi konsumen yang loyal ataupun baru Mr Laundry menyediakan pelayanan antar jemput.  Ketiga, jaminan keamanan salah satu tindakan strategi yang berani dari Mr Laundry dengan memberikan garansi keamanan pakaian yang hilang atau rusak dengan di berikan pergantian uang tunai seharga pakaian tersebut. Keempat, harga merupakan faktor penting mempertahankan loyalitas konsumen. Mr Laundry memberikan harga yang berselisih lebih murah dari rata-rata.   Faktor pendukung dari sisi internal Mr Laundry yaitu dukungan material dan gagasan-gagasan baru untuk mengembangkan strategi mempertahakan loyalitas konsumen. Faktor penghambat, Mr Laundry masih kurang personil untuk antar jemput sehingga konsumen yang loyal hanya bisa dilakukan dengan dengan jarak tempuh tertentu saja yaitu maksimal 10Km. Faktor penghambat lainnya Mr. Laundry tidak memiliki sistem digital dalam pencatatan transaksi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alexandro dan Tonich. (2019). Kualitas Pelayanan Jasa pada Usaha Laundry Ririn di Jalan G. Obos XII Kota Palangka Raya. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Vol. 11, No. 2.

Aryadi, D. (2022). Pengaruh Rating Dan Ulasan Pelanggan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee (Studi Kasus Pada Masyarakat Desa Tawangrejo) (Doctoral dissertation, IAIN KUDUS).

Asan, L., Massie, J. D., & Tumbuan, W. J. A. (2022). Pengaruh Kualitas Jasa, Kepercayaan dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah Bank BRI di Kota Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 10(4), 617-627.

Bachri, Nauval. (2018) Loyalitas Nasabah Bank Syariah. Aceh: Sefa Bumi Persada.

Dayat, Muhammad. (2019). Strategi Pemasaran dan Optimalisasi Bauran Pemasaran dalam Merebut Calon Konsumen Jasa Pendidikan. Jurnal Muallim, Vol. 1, No. 2.

Faisal, Sanapiah. (2016), Format-Format Penelitian Sosial. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Farianti, Devi. (2021). Analisis Kepuasan Konsumen Laundry Zha-Bil di Kota Pontianak. Skripsi Universitas Muhammadiyah Pontianak.

Fitria, Happy dan Husaini. (2019). Manajemen Kepemimpinan pada Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan, Vol. 4, No. 1.

Haque-Fawzi, M. G., Iskandar, A. S., Erlangga, H., & Sunarsi, D. (2022). STRATEGI PEMASARAN Konsep, Teori dan Implementasi. Pascal Books.

Khamdan, R. I. (2019). Membangun Loyalitas Pelanggan. Yogyakarta: Pustaka Ilmu.

Lamaya, Fauziah. (2019). Pengaruh Faktor Individu dan Faktor Lingkungan Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai. Jurnal Manajemen, Vol. 3, No. 2.

Lando, V., & Oktavianti, R. (2023). Strategi Marketing Communication dalam Mempertahankan Loyalitas Pelanggan pada Brand Makanan. Prologia, 7(1), 179-188.

Putri, Diniarizky. (2023). Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Membangun Loyalitas Konsumen pada Sayur Oppa. Jurnal Management Perusahaan, Vol. 2, No. 1.

Pertiwi, A. (2022). Strategi Bauran Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualam (Studi Kasus Pada Dapoer Mikaila Di Bangkingan Timur Kecamatan Lakarsantri Surabaya) (Doctoral dissertation, IAIN Kediri).

Putri, B. R. T. (2017). Manajemen pemasaran. Denpasar: Universitas Udayana.

Rohman, A. (2017). Dasar-dasar Manajemen (Malang: CV. Cita Intrans Selaras.

Susanti, S., & Prahesti, R. T. (2023). Analisis Strategi Marketing PR dalam Mempertahankan Loyalitas Pelanggan. Jurnal Locus Penelitian dan Pengabdian, 2(5), 449-464.

Saleh, H. M. Y., & Miah Said, S. E. (2019). Konsep dan Strategi Pemasaran: Marketing Concepts and Strategies (Vol. 1). Sah Media.

Wahyoedi, S. (2019). Loyalitas Nasabah Bank Syariah:: Studi Atas Religitas, Kualitas Layanan, Trust Dan Loyalitas. Deepublish.

Wulandari, D., Azhar, Z., & Syafnur, A. (2022). Perancangan E-CRM Untuk Meningkatkan Pelayanan Dan Loyalitas Pelanggan Pada Intan Laundry. JUTSI (Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi), 2(3), 229-236.

Widiyanti, A. N., & Yunita, R. (2022). Strategi Usaha Pedagang Kaki Lima Dalam Mempertahankan Loyalitas Konsumen Singkong Keju Di Ponorogo. Niqosiya: Journal of Economics and Business Research, 2(1), 63-86.

Yani, J. A., Mangkunegara, A. A. A. P., & Aditama, R. (1995). Sugiyono. 2017, Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. bandung: Alfabeta. Procrastination And Task Avoidance: Theory, Research and Treatment. New York: Plenum Press, Yudistira P, Chandra, Diktat Ku.

Downloads

Published

2023-09-27

How to Cite

Sundari, S., Ahmadi, A., & Wulansari, F. (2023). STRATEGI MEMPERTAHANKAN LOYALITAS KONSUMEN PADA USAHA MR LAUNDRY DI KOTA PONTIANAK. ARMADA : Jurnal Penelitian Multidisiplin, 1(9), 1117–1132. https://doi.org/10.55681/armada.v1i9.880