ANALISIS KUALITAS PELAYANAN DALAM PENGELOLAAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN PADA KANTOR DESA PASAK PIANG KECAMATAN SUNGAI AMBAWANG KABUPATEN KUBU RAYA

Authors

  • Musdi Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Barat
  • Yuni Firayanti Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Barat
  • Mazayatul Mufrihah Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Barat

DOI:

https://doi.org/10.55681/armada.v1i9.879

Keywords:

Administrasi Kependudukan, Kualitas Pelayanan, Pengelolaan Administrasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuai kualitas pelayanan pengelolaan administrasi kependudukan pada Kantor Desa Pasak Piang Kecamatan Sungai Ambawang, Kabupaten Kubu Raya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pemerintah Desa Pasak Piang telah menerapkan sistem manajemen administrasi pelayanan dengan baik, namun masih banyak masyarakat yang belum tertib dalam melakukan administrasi. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor antara lain yaitu jadwal jam kerja atau pelayanan yang diberikan oleh pemerintah desa yang bertepatan dengan jam kerja masyarakat. Penyebab tidak tercapainya administrasi adalah dikarena kelalaian masyarakat dalam mengurusnya, sehingga masih ditemukan masyarakat yang belum tertib dalam administrasi. Pemerintah Desa Pasak Piang telah menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik dan optimal sesuai dengan standar pelayan seperti memberikan seruan dan ajakan kepada masyarakat desa untuk tertib dalam administrasi, akan tetapi memang ada beberapa kendala yang membuat masyarakat sulit untuk tertib akan administrasi serta kesadaran masyarakat akan tertibnya dalam administrasi juga masih menjadi tantangan yang harus di selesaikan bagi pemerintah Desa Pasak Piang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Atik, R. (2005). Manajemen Pelayanan, disertai dengan pengembangan model konseptual, penerapan citizen’s charter dan standar pelayanan minimal. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Barata, A. A. (2003). Dasar-dasar pelayanan prima. Elex Media Komputindo.

Hardiyana, A., & Helwiyan, F. (2011). Pengaruh kepemimpinan, motivasi, dan lingkungan kerja terhadap kinerja pegawai Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Bandung. Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship, 5(2), 86-96.

Hasibuan, M. S. (2008). Manajemen sumber daya manusia.

Ichsan, R. N., SE, M., Lukman Nasution, S. E. I., & Sarman Sinaga, S. E. (2021). Bahan Ajar Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM). CV. Sentosa Deli Mandiri.

Kairupan, J. K. (2015). Pengaruh Reformasi Birokrasi Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Di Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Minahasa Utara. Jurnal Administrasi Publik, 4(35).

Kasihta, N. B. (2021). Kualitas Pelayanan Publik Bidang Administrasi Kependudukan Di Kelurahan Teladan Barat Kecamatan Medan Kota (Doctoral Dissertation, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, Universitas Islam Sumatera Utara).

Kiptiyah, M., Pudyaningsih, A. R., & Oktafiah, Y. (2019). Pengaruh Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Masyarakat Dalam Penerbitan Surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Jurnal EMA, 4(1), 30-37.

Kule, Y., Ilyas, G. B., & Tamsah, H. (2018). Pengaruh Kepemimpinan, Kompensasi dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Dosen Pada Amik Luwuk Banggai. Jurnal Mirai Management, 3(1), 221-239.

Kurniasih, L. W., & Widowati, N. (2016). Pelayanan Publik Dalam Menciptakan Pelayanan Prima Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pemalang. Journal of Public Policy and Management Review, 5(2), 294-305.

Kusdarini, E. (2020). Asas-Asas Umum Pemerintahan Yang Baik dalam Hukum Administrasi Negara. UNY Press.

Luila, V. (2013). Pengembangan Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia Pada Pt Ageless Aesthetic Clinic. Agora, 1(3), 1711-1719.

Lukman, S. (2000). Manajemen kualitas pelayanan.

Moenir, A. S. (2008). Manajemen pelayanan umum di Indonesia.

Moleong, L. J. (2004). Metode penelitian kualitatif, PT. Remaja Rosdakarya: Bandung.

Mosso, A., Singkoh, F., & Sumampouw, I. (2018). Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Maybrat Provinsi Papua Barat. Jurnal Eksekutif, 1(1).

Mukarom, Z. (2016). Muhibudin wijaya laksana. Manajemen Pelayanan Publik.

Ningrum, R. W. K., Widowati, N., & Maesaroh, M. (2021). Analisis Kualitas Pelayanan Pembuatan Dokumen Kependudukan Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pati. Journal of Public Policy and Management Review, 10(3), 144-152.

Nurjaman, K. (2014). Manajemen personalia.

Primayana, K. H. (2015). Manajemen sumber daya manusia dalam peningkatan mutu pendidikan di Perguruan Tinggi. Jurnal Penjaminan Mutu, 1(02), 7-15.

Ramadlan, B. (2015). Kinerja Pelayanan Admnistrasi Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Dalam Pembauatan E-Ktp, Kartu Keluarga, Akta Perkawinan Dan Akta Kelahiran Di Kabupaten Lombok Utara 2013 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta).

Ratminto, A. S. W., & Septi, A. (2005). Manajemen pelayanan. Yogyakarta: pustaka pelajar.

Rukayat, Y. (2017). Kualitas pelayanan publik bidang administrasi kependudukan di kecamatan pasirjambu. Jurnal Ilmiah Magister Ilmu Administrasi, 11(2).

Sedarmayanti, H. (2018). Manajemen sumber daya manusia; reformasi birokrasi dan manajemen pegawai negeri sipil. Reflika Aditama.

Sedarmayanti, H. (2018). Manajemen sumber daya manusia; reformasi birokrasi dan manajemen pegawai negeri sipil. Reflika Aditama.

Siswosoediro, H. S. (2008). Mengurus Surat-surat Kependudukan (identitas diri). VisiMedia.

Soetrisno, E. (2016). Manajemen sumber daya manusia. Kencana.

Sudaryo, Y., Aribowo, A., & Sofiati, N. A. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia: Kompensasi Tidak Langsung dan Lingkungan Kerja Fisik. Penerbit Andi.

Sugiyono, P., & Alfabeta, C. V. (2003). Metode Penelitian Administrasi, CV. Alfabeta, Bandung.

Suleman, S. (2019). Kualitas pelayanan e-ktp di dinas kependudukan dan catatan sipil kabupaten halmahera selatan. Kolaborasi: Jurnal Administrasi Publik, 5(1), 1-13.

Sulistiyowati, S., Ruru, J., & Londa, V. (2022). Analisis Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik Di Dinas Pencatatan Sipil Kota Manado. Jurnal Administrasi Publik, 8(117).

Sumartono, A. M., Sampe, S., & Kumayas, N. (2020). Optimalisasi Informasi Aplikasi (Sitasya) Sistem Pemantauan Masyarakat Dalam Pelayanan Publik Di Kota Manado. Jurnal Eksekutif, 2(5).

Susanti, S. (2014). Kualitas pelayanan publik bidang administrasi kependudukan di Kecamatan Gamping. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Tuju, M. A. M., Kimbal, M., & Mantiri, M. (2017). Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Minahasa Selatan (Suatu Studi Tentang Pelayanan Akta Kelahiran). Jurnal Eksekutif, 2(2).

Usman, A., Agustang, A., & Idkhan, A. M. (2021). Penerapan Pelayanan Prima di Rumah Sakit Paru BBPM Makassar. Journal Governance and Politics (JGP), 1(2), 111-117.

Wahyuni, R. D. (2017). Kualitas Penyelenggaraan Pelayanan Publik (Studi Tentang Kualitas Pelayanan Jasa Transportasi di Stasiun Wonokromo Surabaya). JPAP: Jurnal Penelitian Administrasi Publik, 3(2).

Widyaningrum, M. E., & Widiana, M. E. (2020). Peran Semangat Kerja Karyawan Untuk Merubah Lingkungan Kerja Dan Kepemimpinan Transformasional.

Downloads

Published

2023-09-27

How to Cite

Musdi, M., Firayanti, Y., & Mufrihah, M. (2023). ANALISIS KUALITAS PELAYANAN DALAM PENGELOLAAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN PADA KANTOR DESA PASAK PIANG KECAMATAN SUNGAI AMBAWANG KABUPATEN KUBU RAYA. ARMADA : Jurnal Penelitian Multidisiplin, 1(9), 1102–1116. https://doi.org/10.55681/armada.v1i9.879