PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KEPERCAYAAN ORGANISASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN DI MODERASI KECERDASAN SPIRITUAL (Studi Pada Perum Bulog Kantor Cabang Malang)

Authors

  • Iklilul Millah Universitas Widyagama Malang
  • Muchlis H Mas’ud Universitas Widyagama Malang
  • Soedjono Universitas Widyagama Malang

DOI:

https://doi.org/10.55681/armada.v1i9.844

Keywords:

Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Kepercayaan Organisasi, Kinerja Karyawan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kepercayaan Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Di Moderasi Kecerdasan Spiritual. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan di Perum Bulog Kantor Cabang Malang. Teknik penarikan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Nonprobability Sampling dengan jumlah responden sebanyak 32 orang. Dan data diproses melalui software Smart Partial Least Square (PLS 4).

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kecerdasan emosional berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kinerja karyawan, kepercayaan organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, kecerdasan spiritual mampu memperkuat hubungan antara kecerdasan emosional terhadap kinerja karyawan, serta kecerdasan spiritual mampu memperkuat hubungan antara kepercayaan organisasi terhadap kinerja karyawan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustian, A. G. (2001). Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual, ESQ : Emotional Spiritual Quotient berdasarkan 6 Rukun Iman dan 5 Rukun Islam. Jakarta: Arga Wijaya Persada.

Aprimulki, E. K. (2017). Pengaruh Konflik Peran, Kelebihan Peran, Independensi, dan Kompetensi Terhadap Kinerja Auditor dengan Kecerdasan Spiritual Sebagai Variabel Moderasi (Studi Empiris Pada Kantor Akuntan Publik Pekanbaru dan Padang. Diss. Riau University.

Armstrong, M. (2003). A Handbook of Human Resource Management Practice. 9th Edition. UK: Kogan Page.

Creswell, John W., and J. David Creswell. Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. Sage publications, 2017.

Goleman, D. (2003). Emotional Intelligence. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Goleman, D. (2005). Emotional Intelligence Untuk Mencapai Puncak Prestasi. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Hardiani, Adella Devi, and Arik Prasetya. (2018) "Pengaruh Kepercayaan Organisasional dan Kompetensi Terhadap Kinerja Karyawan melalui Motivasi Kerja." Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)| Vol 61.3.

Hon, Alice HY, and Lin Lu. "The mediating role of trust between expatriate procedural justice and employee outcomes in Chinese hotel industry." International Journal of Hospitality Management 29.4 (2010): 669-676.

Mathis, R. L. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. In S. J. Bayu, Book 1 (p. eds). Jakarta: Salemba Empat.

Mayer, R. C. (1995). An integrative model of organizational trust. Academy of management review, 709-734.

Muchlas. (2008). Perilaku Organisasi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Muis, M. R. (2018). Pengaruh Budaya Organisasi Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 9-25.

Nani, Dhiona Ayu, and Eka Nisatul Mukaroh. (2021) "Pengaruh kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual terhadap kinerja karyawan." Revenue: Jurnal Manajemen Bisnis Islam 2.1 : 27-50.

Octavia, Nina, Keumala Hayati, and Mirwan Karim. (2020) "Pengaruh Kepribadian, Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual terhadap Kinerja Karyawan." Jurnal Bisnis Dan Manajemen : 130-144.

Pasek, N. S. (2016). Pengaruh Kecerdasan Intelektual pada Pemahaman Akuntansi Dengan Kecerdasan Emosi dan Kecerdasan Spiritual Sebagai Variabel Pemoderasi. JIA (Jurnal Ilmiah Akuntansi).

Rahmawaty, A. (2020). Model Kepemimpinan Spiritual Dalam Meningkatkan Kepuasan Kerja Dan Kinerja Karyawan di BMT se-Kabupaten Pati. IQTISHADIA, 276-303.

Ratu, Noldy Imanuel H., Maria Mediatrix Ratna Sari, and I. G. A. M. A. D. Putri. (2018) "Kecerdasan Spiritual Memoderasi Gaya Kepemimpinan Dan Budaya Organisasi Pada Kinerja Penyusun Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP)." E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana 7.01.

Sari, Lutfi Intan, and Kabul Trifiyanto. (2019) "Pengaruh kompetensi dan kepercayaan organisasional terhadap kinerja pegawai BLUD melalui motivasi kerja sebagai variabel intervening (studi pada UPTD puskesmas rawat inap kabupaten kebumen)." Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis dan Akuntansi (JIMMBA) 1.1 : 122-131.

Seyal, A. H. (2013). An Investigation of Relationship Among Emotional Intelligence, Organizational Commitment and Job Satisfaction: Evidence from Academics in Brunei Darussalam. International Business Research, 217-228.

Shapiro, E. (2003). Mengajarkan Emotional Intelligence Pada Anak. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Shockley-Zalabak, P. S. (2010). Building The High-Trust Organization : Strategies for Supporting Five Key Dimensions Of Trust. John Wiley & Sons.

Sriwidodo, Untung, and Bangun Sugito. (2017) "Pengaruh Kepemimpinan, Kepercayaan dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan." Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia 2.1.

Stein, S. d. (2002). Ledakan EQ : 15 Prinsip dasar kecerdasan emosional meraih sukses . Bandung: Kaifa. Steinberg, L & Silk, J.S.

Sugiyono, M. (2015). Penelitian & Pengembangan (Research And Development/R&D). Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sugiyono, S. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (S. Sutopo, Ed.). Alfabeta.

Wispandono, Moh, and Helmi Buyung. (2019) "Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional Dan Kecerdasan Spirritual Terhadap Kinerja Pegawai (Studi Pada Kantor Kecamatan Kabupaten Bangkalan)." Eco-Entrepreneur 5.1 : 17-32.

Zohar, D, d. Marshall. (2001). SQ: Take advantage of spiritual intelligence in thinking | integrative and holistic as the meaning of life. Mizan.

Downloads

Published

2023-09-13

How to Cite

Millah, I., Mas’ud, M. H., & Soedjono, S. (2023). PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KEPERCAYAAN ORGANISASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN DI MODERASI KECERDASAN SPIRITUAL (Studi Pada Perum Bulog Kantor Cabang Malang). ARMADA : Jurnal Penelitian Multidisiplin, 1(9), 1005–1013. https://doi.org/10.55681/armada.v1i9.844