PENGARUH PHYSICAL EVIDENCE, PROCESS, DAN AKSESIBILITAS TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (Studi pada RSI Unisma Kota Malang)

Authors

  • Rebeca Universitas Widyagama Malang
  • Rahayu Puji Suci Universitas Widyagama Malang
  • Zulkifli Universitas Widyagama Malang

DOI:

https://doi.org/10.55681/armada.v1i9.840

Keywords:

Kepuasan Konsumen, Physical Evidence, Process

Abstract

Dilaksanakannya penelitian ini adalah bertujuan untuk menganalisis pengaruh parsial dan simultan pada variable Physical Evidence, Process, dan Aksesibilitas terhadap Kepuasan Konsumen. Serta untuk menganalisis pengaruh dominan antara variable Physical Evidence, Process, dan Aksesibilitas terhadap kepuasan konsumen RSI Unisma Kota Malang. Jumlah responden pada penelitian ini adalah 98 orang responden. Data yang telah terkumpul akan di olah menggunakan Statistical Product and Service Solution (SPSS) versi 25.0.

Hasil dari pengolahan data pada penelitian ini adalah (1) Physical Evidence atau bentuk fisik seperti facility ecterior, facility interior, dan other tangible element pada RSI Unisma Kota Malang yang semakin baik, maka dapat menungkatkan kepuasan konsumen. (2) Process yang diantaranya proses pelayanan, prosedur pelayanan, dan ketelitian kerja karyawan dapat meningkatkan kepuasan konsumen pada RSI Unisma Kota Malang. (3) Aksesibilitas antara akses dan visibilitas yang baik atau semakin baik dapat meningkatkan kepuasan konsumen pada RSI Unisma Kota Malang. (4) Physical evidence, process, dan aksesibilitas yang baik, bila dilaksanakan bersama secara konsisten maka akan menningkatkan kepuasan konsumen pada RSI Unisma Kota Malang. (5) Process sangat menentukan kepuasan konsumen dibandingkan physical evidence ataupun aksesibilitas karena process memberikan pengaruh terbesar terhadapa kepuasan konsumen.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Perilaku Konsumen. Alih Bahasa: F. X. Budiyanto, Jilid II, Binarupa Aksara, Jakarta.

Ayo, Charles K. dan Ukpere, Wilfred Isioma. (2010). Design of a secure unified e-payment system inNigeria: A case study.African Journal of Business Management, 4(9),1753-1760. Retrieved from Academia Journal.

Assauri, Sofjan. 2010. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Billy Tantra, Jessica Marcelina. (2017). Pengaruh Marketing Mix (7P) Terhadap Keputusan Pembelian Pada Guest House di Surabaya. Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa 5 (2).

Devindiani,E., & Wibowo, L.A. (2016). Pengaruh experiential marketing terhadap customer satisfaction serta dampaknya pada customer loyalty (survei pada pengguna smartphone di komunitas online apple dan samsusng regional bandung). Journal of Business Management Education (JBME), I (I) 149-159.

Engel, James F., Blackwell, Roger D. & Miniard, Paul W. 1995. Perilaku Konsumen. Alih Bahasa: F. X. Budiyanto, Jilid I, Binarupa Aksara, Jakarta.

Griffin. R.W. dan Ronald J. E. 2002. Business. Edisi 6. New Jersey. Prentice Hall International Inc.

Hurriyati, Ratih. (2005). Bauran pemasaran dan loyalitas konsumen. Bandung: Alfabeta.

Hurriyati, Ratih. 2015. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen, Cetakan Keempat. Bandung: Alfabeta

Kotler. 2008. Manajemen Pemasaran. PT. Indeks . Jakarta.

Kotler, P. & Keller, K.L. (2009).Marketing management (13thed.). USA: Pearson Prentice Hall.

Kotler, P. (2000).Marketing Management with Brand Managemen (8thed). Jakarta: Prenhallindo.

Khotler, Philip 2018, Manajemen Pemasaran edisi 13 jilid 1 Jakarta Penerbit Erlangga.

Lovelock, Christoper. 2010. Pemasaran Jasa: Manusia, Teknologi, Strategi. Edisi Ketujuh. Diterjemakan oleh Dian Wulandari dan Devri Barnadi Putera. Jakarta:Erlangga.

Lupiyadi Rambat dan A Hamdani, 2008 Manajemen Pemasaran Jasa, Jakarta SalembaEmpat.

Marimbi, H. (2016). Sosiologi dan Antropologi Kesehatan. Yogyakarta: Nuha Medika.

Mochklas, M., Mukarromah, S., & Maro’ah, S. (2018). Implementasi Strategi Bauran Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Toko Baju Senam Grosir. Com. Jurnal Eksekutif, 15(2),316- 333.

Mudrajad Kuncoro, Ph.D. 2003. Metode Riset untuk Bisnis dan Ekonomi: Bagaimana meneliti & menulis tesis. Erlangga, Jakarta.

Robbins, S. P. dan Mary C. 2002. Management. Edisi 7. New Jersey. Prentice Hall International Inc.

Schiffman, Leon G and Leslie Lazar Kanuk. 2001. Consumer Behavior. Seven Edition. New Jersey: Prentice Hall, Inc

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung. Alfabeta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung. Alfabeta.

Sugiyono, M. S. 2018. Metodologi Penelitian Dilengkapi dengan Metode R&D. Deepublish Publisher. Yogyakarta.

Tjiptono, F. 2007. Pemasaran Jasa. Malang. Bayumedia Publishing.

Tjiptono, F. (2011). Pemasaran Jasa. Malang: Bayumedia.

Utami, S. S., Ratnawati, D., & Wibow, E. (2016). Analisis Pengaruh Kinerja Pelayanan Terhadap Loyalitas Pasien dengan Kepuasan Pasien sebagai Variabel Moderasi pada Rumah Sakit Umum Islam Yakssi Gemolong , sragen. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 16(3), 79331.

Wahyuni, H. C., & Sulistyowati, W. (2015). Penentuan Prioritas Perbaikan Kualitas Layanan Kesehatan Dengan Metode Servqual. Journal of Engineering and Management in Industrial System, 3(1).

Downloads

Published

2023-09-13

How to Cite

Rebeca, R., Suci, R. P., & Zulkifli, Z. (2023). PENGARUH PHYSICAL EVIDENCE, PROCESS, DAN AKSESIBILITAS TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (Studi pada RSI Unisma Kota Malang). ARMADA : Jurnal Penelitian Multidisiplin, 1(9), 980–988. https://doi.org/10.55681/armada.v1i9.840