PENGARUH GAYA BELAJAR DAN KONSEP DIRI TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Authors

  • Alif Sinta Jaya Mustofa Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung
  • Maria Agatha Sri Widyanti Hastuti Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung

DOI:

https://doi.org/10.55681/armada.v1i7.676

Keywords:

Gaya Belajar, Kemandirian Belajar, Konsep Diri

Abstract

Harapan yang ingin dicapai dalam pembelajaran adalah kemandirian belajar pada pelajaran ekonomi. Siswa juga dapat mengontrol sendiri berbagai cara belajar yang perlu ditempuh untuk mencapai hasil prestasi belajar yang sesuai dengan keinginannya dan pencapaian prestasi belajar yang optimal dalam proses belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya belajar dan konsep diri terhadap kemandirian belajar siswa pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tulungagung tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Populasi terdiri dari seluruh kelas XI IPS sejumlah 92 siswa. Instrumen pengumpulan data penelitian ini menggunakan angket atau kuesioner.

Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) hasil analisis regresi linier berganda diperoleh suatu persamaan linier sebagai berikut : Y = 13,339 + 0,515 X1 + 0,627 X2. (2) terdapat pengaruh secara parsial variabel gaya belajar (X1) terhadap kemandirian belajar(Y) hal ini ditunjukkan dengan nilai thitung (6,638) > ttabel (1,990) dan nilai signifikan 0,000 < 0,05, antara konsep diri (X2) terhadap kemandirian belajar (Y) hal ini ditunjukkan dengan nilai tthitung (7,822) > ttabel (1,990) dan nilai signifikan 0,000 < 0,05. (3) terdapat pengaruh secara simultan variabel gaya belajar(X1) dan konsep diri (X2) terhadap kemandirian belajar (Y) hal ini ditunjukkan dengan nilai fhitung (178,119) > ftabel (3,10) dan tingkat signifikan 0,000 < 0,05 dan besarnya pengaruh antara variabel gaya belajar dan konsep diri terhadap kemandirian belajar pelajaran ekonomi (R2) sebesar 79,6% dan sisanya sebesar 20,4% dipengaruhi oleh variabel lain. Kesimpulannya terdapat pengaruh yang besarnya pengaruh gaya belajar dan konsep diri terhadap kemandirian belajar sebesar 79,6%. Penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan bagi sekolah, guru, peserta didik, bagi orang tua dan peneliti dalam proses pembelajaran khususnya gaya belajar dan konsep diri terhadap kemandirian belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.

Bimrew Sendekie Belay. (2022). PENGARUH KONSEP DIRI TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA MATAPELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 4 PEKANBARU OLEH. 8.5.2017, 2003–2005.

Bobbi DePorter dan Mike Hernacki. (2010). Quantum Learning, Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa

Chabib Thoha, 2012. Teknik Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada Danuri, 2010. Kemandirian Belajar, Bandung: Sina Baru

dan R&D, Bandung: Alfabeta. Departemen

Datuk Eka Yusmanida. (2013). Pengaruh Gaya Belajar, Kreativitas Dan Kecerdasan Emosi Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas X Smk Piri I Yogyakarta. 53(9), 1689–1699.

Desminta. (2011). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Djaali.(2013). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Ferrari Nur Azziza, A. T. (2020). the Effect of Self-Concept and Learning Facilities on Learning. Pendidikan Akuntansi, 1, 61.

Goleman et al., 2019. (2019). Definisi Konsep Diri. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Khotimah, A. K. (2020). Pengaruh Konsep Diri Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas Iv Sd Se-Gugus Ii Nanggulan, Kabupaten Kulon Progo. Basic Education, 250–264. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pgsd/article/view/16791%0Ahttps://journal.student.uny.ac.id/index.php/pgsd/article/viewFile/16791/16221

Lestari, R. (2015). No HUBUNGAN KONSEP DIRI SISWA DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS IV SD SE-KECAMATAN PAKUALAMAN YOGYAKARTA. Teaching and Teacher Education, 12(1), 1–17. http://dx.doi.org/10.1080/01443410.2015.1044943%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.03.581%0Ahttps://publications.europa.eu/en/publication-detail/-/publication/2547ebf4-bd21-46e8-88e9-f53c1b3b927f/language-en%0Ahttp://europa.eu/.%0Ahttp://www.leg.st

Kurnia, A. (2022). Belajar Pada Siswa Kelas Tinggi Sdn.

Muhammad, Ali dkk (2012) Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Bumi Aksara

M. Nur Ghufron & Rini Risnawita, S. (2012). Gaya Belajar Kajian Teoretik. In Gaya Belajar Kajian Teoretik (Vol. 66, pp. 37–39).

Nurwahyuni. (2013). Pengaruh konsep diri siswa dan pola asuh orang tua terhadap kemandirian belajar siswa SMP di Palu Sulawesi Tengah. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(4), 67–77.

Prawoto, S. T. S. (2013). Pengaruh Kemampuan Berpikir, Gaya Belajar dan Kemampuan Adaptasi terhadap Kemandirian Belajar Siswa SMK 3 Yogyakarta. Pendidikan, 1, 67.

Purnia Dewi, T., Dwikurnaningsih, Y., & Irawan, S. (2019). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Konsep Diri Terhadap Kemandirian Memilih Karir Mahasiswa. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(1), 18. https://doi.org/10.23887/jppp.v3i1.17096

Rusman. (2014). Model Model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persaada.

Sakti, I. (2016). Pengaruh konsep diri terhadap kemandirian belajar siswa kelas v se- gugus 4 kecamatan loano. Pendidkan Guru Sekolah Dasar, 5, 131–138.

Sakti, I., Strajhar, P., Schmid, Y., Liakoni, E., Dolder, P. C., Rentsch, K. M., Kratschmar, D. V., Odermatt, A., Liechti, M. E., Ac, R., No, N., No, C., Oramas, C. V., Langford, D. J., Bailey, A. L., Chanda, M. L., Clarke, S. E., Drummond, T. E., Echols, S., … Mogil, J. S. (2016). PENGARUH KONSEP DIRI TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS V SE GUGUS 4 KECAMATAN LOANO. Nature Methods, 7(6), 2016. http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/26849997%0Ahttp://doi.wiley.com/10.1111/jne.12374

Syahputra, D. (2017). PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI JURNAL PENYESUAIAN PADA SISWA SMA MELATI PERBAUNGAN. 2(2), 388.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kulaitatif dan R&D

Teguh, W. (2012). Peningkatan Kemandirian Belajar PKn Melalui Model Problem Solving Menggunakan Metode Diskusi Pada Siswa Kelas V SD Negeri Rejowinangun III Kotagede Yogyakarta. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta, 10–38.

Theofil, R. H. F. (2019). Pengaruh Efikasi diri, konsep diri, dan lingkungan sosial terhadap kemandirian dan belajar siswa kelas XI Di SMA Santo Bernardus Pekalongan. Skiipsi.

Wasty Sumanto, 2012. Psikologi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta.

Downloads

Published

2023-07-08

How to Cite

Mustofa, A. S. J., & Hastuti, M. A. S. W. (2023). PENGARUH GAYA BELAJAR DAN KONSEP DIRI TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2022/2023. ARMADA : Jurnal Penelitian Multidisiplin, 1(7), 670–683. https://doi.org/10.55681/armada.v1i7.676