ANALISIS NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL HUJAN BULAN JUNI KARYA SAPARDI DJOKO DAMONO

Authors

  • Marselina Dua Owon IKIP Muhammadiyah Maumere
  • Rimasi IKIP Muhammadiyah Maumere
  • Muhammad Lautama IKIP Muhammadiyah Maumere

DOI:

https://doi.org/10.55681/armada.v1i7.646

Keywords:

Analisis, Nilai, Novel, Pendidikan Karakter

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keingintahuan peneliti tentang bagaimanakah nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam novel Hujan di Bulan Juni Karya Sapardi Djoko Damono. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan bagaimanakah nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam novel Hujan Bulan Juni. Sumber data penelitian ini adalah novel Hujan Bulan Juni yang tergambar melalui percakapan yang dilakukan oleh tokoh utama dalam novel. Teknik penelitian yang digunakan adalah studi kepustakaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menujukan bahwa nilai pendidikan karakter yang lebih banyak dijumpai didalam novel Hujan Bulan Juni adalah nilai karakter religius. Oleh karena itu, hasil penelitian ini disimpulkan bahwa Nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel Hujan di Bulan Juni berjumlah 7 jenis nilai pendidikan karakter  diantaranya, nilai religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan bertanggung jawab.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali Akbar, Mohammad. 2014. “Analisis Kritik Sosial dalam Lagu Iwan Fals dan

Implikasinya terhadap Pembelajaran Sastra di SMP” (skripsi).

Mataram: FKIP Universitas Mataram.

Anwar, Khairil. 2015. Analisis Psikologi Tokoh Utama dalam Novel Cinta Shofiadan Kaitannya dengan Pembelajaran Sastra di SMA. Mataram: Skripsi FKIP Universitas Mataram.

Hudhana, Dwi Winda. 2019. Metode Penelitian Sastra. Yogyakarta: Desa Pustaka Indonesia.

Nurgiyantoro, B. 2010. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta. Gadjah Mada University Press.

Ryan, Michael. 2014. Paradigma Teori Sastra. Yogjakarta: Pustaka Saritama.

Siswanto, Wahyudi. 2013. Pengantar Teori Sastra. Malang: Aditya Media Publishing.

Downloads

Published

2023-07-06

How to Cite

Owon, M. D., Rimasi, R., & Lautama, M. (2023). ANALISIS NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL HUJAN BULAN JUNI KARYA SAPARDI DJOKO DAMONO. ARMADA : Jurnal Penelitian Multidisiplin, 1(7), 602–608. https://doi.org/10.55681/armada.v1i7.646