REALITAS PENDEKATAN BELAJAR MAHASISWA POLITAP PADA MATA KULIAH PAI DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN

Authors

  • Khairul Muttaqin Politeknik Negeri Ketapang
  • Syf. Umi Kalsum Politeknik Negeri Ketapang

DOI:

https://doi.org/10.55681/armada.v1i6.617

Keywords:

Pembelajaran, Pendekatan Belajar, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendekatan belajar mahasiswa ditinjau dari motif belajar dan strategi belajar dalam mata kuliah Pendidikan Agama Islam. Informan dalam penelitian ini dibatasi pada mahasiswa dan mahasiswi pada Program Studi Teknologi Rekayasa Konstruksi Jalan dan Jembatan Pada Politeknik Negeri Ketapang, Kalimantan Barat.

Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan  wawancara, serta penyebaran kuesioner sebagai data pendukung. Hasil penelitian didapatkan bahwa ditinjau dari  motif belajar mahasiswa pada mata kuliah PAI adalah dengan menggunakan pendekatan mendalam (deep approach), sedangkan ditinjau dari strategi belajarnya dalam mata kuliah PAI adalah kecenderungan belajar mahasiswa lebih banyak ke dalam tipe belajar analitis daripada tipe belajar reproduktif dan spekulatif. Implikasinya, harus ada keseimbangan dalam penerapan pendekatan pembelajaran berpusat pada mahasiswa (student centered learning) dengan pendekatan pembelajaran berpusat pada pendidik (teacher centered learning) dalam pembelajaran PAI.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahman, Mulyono. (2012). Anak Berkesulitan Belajar: Teori, Diagnosis, dan Remediasinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Afrizal. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Cetakan ke-4. Jakarta: PT RajaGrafino Persada

Hergenhahn & Matthew H. Olson, Theories Of Learning, Terj. Triwibowo, Cetakan ke-6, Jakarta: KENCANA

J. Moleong, Lexy. (2010). Metodologi Penelitian Kualitiatif. Cetakan ke-27. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Komara, Endang. (2016). Belajar dan Pembelajaran Interaktif. Bandung: PT Refika Aditama.

Majid, Abdul. (2019). Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Cetakan ke-3. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Nur Ghufron & Rini Risnawati. (2014). Gaya Belajar: Kajian Teoretik. Cetakan ke-2. Yogyakarta: PUSTAKA PELAJAR

Nursalim, Mochamad, dkk. (2019). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Syah, Muhibbin. 2004. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Cetakan ke-19. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Tafsir, Ahmad. 2008. Filsafat Pendidikan Islami. Cetakan ke-3. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana.

Downloads

Published

2023-06-20

How to Cite

Muttaqin, K., & Kalsum, S. U. (2023). REALITAS PENDEKATAN BELAJAR MAHASISWA POLITAP PADA MATA KULIAH PAI DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN. ARMADA : Jurnal Penelitian Multidisiplin, 1(6), 561–569. https://doi.org/10.55681/armada.v1i6.617