GURU PENGGERAK SEBAGAI HARAPAN BARU LAHIRNYA CALON KEPALA SEKOLAH INOVATIF

Authors

  • Eni SDN 19 Pampang

DOI:

https://doi.org/10.55681/armada.v1i6.586

Keywords:

Guru Penggerak, Inovasi, Kepala Sekolah

Abstract

Seiring percepatan kecanggihan teknologi, tantangan semakin rumit dalam pembelajaran, kebutuhan siswa dari berbagai aspek dan bahkan perlunya sebuah inovasi dari guru untuk menyelesaikan problem tersebut. Tujuan karya ini adalah untuk menelaah guru penggerak dan perannya dalam peningkatan kualitas pendidikan di indonesia dan berbagai penugasan baik secara offline maupun online. Pengolahan karya menggunakan library research. Dalam menguraikan karya ini melalui literasi secara ilmiah dari berbagai teori kekinian disertai dengan isu-isu kekinian di lapangan. Dokumentasi adalah cara dalam mendapatkan data yang diperoleh dari buku, jurnal, dan dokumen lainnya. Konten analisis dipakai penulis dalam rangka untuk mengasah dalam analisis. Hasil dari karya ini memberikan Khazanah baru lahirnya calon kepala sekolah inovatif dari seorang guru penggerak yaitu 1). Terspiritnya diri untuk mengajak para guru untuk meningkatkan kualitas pendidikan. 2). Mampu mengajak para guru untuk membangun inovasi, skill, dan kompetensi yang dimiliki oleh para guru. 3). Seorang guru yang mampu menggerakkan seluruh elemen di lembaga sekolah dalam inovasinya sesuai dengan kebutuhan peserta didik, pendidik, maupun masyarakat setempat. Harapan besar bagi penulis karya ini bisa bermanfaat bagi para guru dan sebagai rujukan bagi para Peneliti dimasa mendatang. Karya ini masih banyak kekurangan, untuk itu karya-karya mendatang sebagai penyempurna.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kurniawan, Y., & Sudrajat, A. (2017). Peran Teman Sebaya dalam Pembentukan Karakter Siswa MTs (Madrasah Tsanawiyah). SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 14(2).

Kusumah, W., & Tuti Alawiyah. (2021). Guru Penggerak: Mendorong Gerak Maju Pendidikan Nasional. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Mulyasa, & Aksara, B. (2021). Menjadi Guru Penggerak Merdeka Belajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Satriawan, W., Santika, I. D., & Naim, A. (2021). Guru Penggerak Dan Transformasi Sekolah Dalam Kerangka Inkuiri Apresiatif. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 11(1), 1–12.

Wijaya, A., Mustofa, M. S., & Husain, F. (2020). Sosialisasi Program Merdeka Belajar dan Guru Penggerak Bagi Guru SMPN 2 Kabupaten Maros. Jurnal Puruhita, 2(1), 46–50.

Permendikbud RI Nomor 40 Tahun 2021 Tentang Penugasan Guru Sebagai Kepala Sekolah.

Downloads

Published

2023-06-15

How to Cite

Eni, E. (2023). GURU PENGGERAK SEBAGAI HARAPAN BARU LAHIRNYA CALON KEPALA SEKOLAH INOVATIF. ARMADA : Jurnal Penelitian Multidisiplin, 1(6), 469–474. https://doi.org/10.55681/armada.v1i6.586