KEPEMIMPINAN TRANSFORMASINONAL SEBAGAI SALAH SATU CARA MENINGKATKAN KINERJA PADA MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Eni Rohaeni SDN 13 Munting

DOI:

https://doi.org/10.55681/armada.v1i6.585

Keywords:

Kepemimpinan, Pandemi, Tranformasional

Abstract

Fenomena yang terjadi akibat virus Covid19 telah membuat peneliti tertarik untuk meneliti faktor apa saja yang mempengaruhi kinerja pegawai agar lebih maksimal dalam bekerja ditengah kondisi pandemi Covid-19. Lebih spesifiknya untuk mengetahui sejauh mana peran pemimpin dalam menanggapi pandemi virus Covid-19, serta bagaimana motivasi kerja dapat mendorong pegawai yang harus tetap bekerja ditengah kondisi yang mengkhawatirkan akan penyebaran virus Covid-19, serta dengan menyesuaikan budaya organisasi yang berubah dari budaya yang sudah terbentuk, antara lain 7 perubahan jam kerja, pengurangan kuota pegawai yang masuk kerja, serta kebiasaan baru lainnya yang harus diterapkan, serta dampak ketiga faktor tersebut terhadap kinerja pegawai..

Berdasarkan latar belakang tersebut di atas, maka dapat diambil rumusanmasalah sebagai berikut: (1) Apakah yang hubungan kepemimpinan dan sumber daya manusia? (2) Apakah hubungan kepemimpinan dengan kinerja Guru? (3) Apakah yang dimaksud denga kepemimpinan Transformasional? (4) Apa yang dimaksud dengan kepemimpinan di saat pandemi Covid-19?.

Kepemimpinan transformasional berhubungan positif dengan kinerja tugas pengikut dengan memprediksi secara positif persepsi kecocokan mereka terhadap pekerjaan di tingkat individu, yaitu ketika para pemimpin menampilkan perilaku kepemimpinan transformasional terhadap pengikut individu, para pengikut ini cenderung memandang pekerjaan mereka sebagai pasangan yang cocok untuk kebutuhan mereka, dan juga cenderung merasa yakin bahwa mereka memiliki kemampuan yang diperlukan untuk memenuhi persyaratan pekerjaan mempertahankan kondisi saat ini yang kontras dengan pertumbuhan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Albisa, Faaiza Fiianaa. (2018). Pengaruh Budaya Organisasi, Gaya Kepemimpinan Dan Kepuasan Kerja Terhadap Komitmen Organisasi Guru Pada Supermarket Luwes Ponorogo.

Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Amalia, Dzikrillah Rizqi. (2016). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Motivasi Kerja Dan Kinerja Guru Studi Kasus Guru Pabrik Gula Kebon

Agung Malang. Skripsi. Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya. Andayani, Imelda., dan Tirtayasa, Satria. (2019). Pengaruh Kepemimpinan, Budaya Organisasi, Dan Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai. Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, Vol. 2, No. 1, 45-54.

Angelika, S. Marsella., dan Yanuar. (2019). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional, Budaya Organisasi, Kepuasan Kerja, Dan Motivasi Terhadap Kinerja Guru PT. Vizta Sukses Di Jambi. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan. Vol. 1, No. 3, Hal. 541-547.

D’Auria, Gemma., dan Smet, Aaron De. (2020). Kepemimpinan Di Saat Krisis: Menghadapi Wabah Virus Corona Dan Tantangan Di Masa Depan. Mickensy and Company. Farida, Umi. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia I. Ponorogo: UNMUH Ponorogo Press.

Downloads

Published

2023-06-15

How to Cite

Rohaeni, E. (2023). KEPEMIMPINAN TRANSFORMASINONAL SEBAGAI SALAH SATU CARA MENINGKATKAN KINERJA PADA MASA PANDEMI COVID-19. ARMADA : Jurnal Penelitian Multidisiplin, 1(6), 458–468. https://doi.org/10.55681/armada.v1i6.585