PENGARUH PEMBERIAN PENGUATAN SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA KELAS VI SDN 1 SEPONTI JAYA PADA PEMBELAJARAN PKN

Authors

  • Darsam SDN 1 Seponti Jaya

DOI:

https://doi.org/10.55681/armada.v1i6.583

Keywords:

Pemberian, Pendekatan, Penguatan

Abstract

Proses pembelajaran PKn di kelas VI SDN 1 Seponti Jaya  kecamatan Seponti  pada semester genap 2021/2022 mengalami sedikit masalah yaitu hasil belajar yang kurang memuaskan. Hal ini dikarenakan pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan oleh guru kelas masih kurang. Setelah dilakukan refleksi dan observasi penurunan tingkat pemahaman siswa terhadap pembelajaran PKn adalah kurang aktifnya siswa selama prose pembelajaran, siswa kurang bersemangat untuk memperhatikan penjelasan guru, siswa malu-malau untuk bertanya, siswa enggan untuk menjawab pertanyaan.

Alternatif pemecahan masalah dalam perbaikan pembelajaran ini adalah menggunakan pendekatan pemberian penguatan kepada siswa kelas VI SDN 1 Seponti Jaya  pada pembelajaran PKn semester genap tahun pelajaran 2021/2022.

Setelah diterapkan perbaikan pembelajaran dengan pendekatan pemberian penguatan kepada siswa kelas VI pada pembelajaran PKn selama 2 siklus yang terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi, ternyata tingkat keaktifan siswa selama pembelajaran berlangsung meningkat. Hal ini sesuai dengan yang diharapkan, ternyata dengan menerapkan pendekatan pemberian penguatan kepada siswa kelas VI pada pembelajaran PKn mampun meningkatkan keaktifan siswa dan berpengaruh terhadap peningkatan pemahaman siswa serta hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Departemen Pendidikan Nasional. (2001). Buletin Peningkatan Mutu Pendidikan .Pelangi Pendidikan. Vol.4 No.1: 41-42.

Depdikbud. (2003). Media Pembelajaran. Jakarta: Depdikbud.

Hadari Nawawi. (2003). Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarya: Gajah Mada University Press.

Nana Sudjana. (1998). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.

Arikunto, Suharsimi, 2003. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Bahri, Syaiful & Djamara.2005. Guru Dan Anak Didik. Rineka Cipta.

Daryono, M. 1998. Pengantar Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan. Solo: Rineka Cipta.

Dimyati & Mudjino. 2006 Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Downloads

Published

2023-06-15

How to Cite

Darsam, D. (2023). PENGARUH PEMBERIAN PENGUATAN SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA KELAS VI SDN 1 SEPONTI JAYA PADA PEMBELAJARAN PKN. ARMADA : Jurnal Penelitian Multidisiplin, 1(6), 439–447. https://doi.org/10.55681/armada.v1i6.583