EKSISTENSI MAMAK KANDUANG DALAM PERKAWINAN KEMENAKAN DI PADANG PARIAMAN
DOI:
https://doi.org/10.55681/armada.v1i6.548Keywords:
Mamak, Peran, PerkawinanAbstract
Latar belakang penelitian ini adalah pudarnya peran mamak kanduang dalam tanggung jawabnya terhadap kemenakan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana peran mamak kanduang dalam perkawinan kemenakan pada masyarakat Padang Pariaman, Sumatera Barat yang merupakan bagian dari kearifan lokal masyarakat Minangkabau. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan cara pengumpulan data, reduksi data dan penyajian data. Hasil penelitian menunjukan bahwa eksistensi mamak kanduang dalam perkawinan kemenakan di Padang Pariaman terdapat pada peran pencarian jodoh (maresek), meminang, kegiatan bakampuang-kampuang dan memusyawarahkan besarnya uang japuiktan.
Downloads
References
Arikunto. (2014). Manajemen Penelitian. Bandung : Rineka Cipta.
Asmaniar, A. (2018). Perkawinan Adat Minangkabau. Binamulia Hukum, 7(2), 131-140.
Darussalam, A. (2018). Peminangan Dalam Islam (Perspektif Hadis Nabi SAW). Tahdis: Jurnal Kajian Ilmu Al-Hadis, 9(2).
Erwinsyahbana, T. (2012). Sistem hukum perkawinan pada Negara hukum berdasarkan pancasila. Jurnal Ilmu Hukum, 3(1).
Firdaus, D. R. S., Lubis, D. P., Susanto, D., & Soetarto, E. (2018). Potret Budaya Masyarakat Minangkabau Berdasar-kan Keenam Dimensi Budaya Hofstede. Jurnal Sodality: Jurnal Sosiologi Pedesaan, 6(2), 121-130.
Handayani, M., & Pinasti, V. I. S. (2018). Pergeseran Peran Ninik Mamak Pada Masyarakat Minangkabau Dalam Era Modernisasi (Studi kasus di Nagari Kamang Hilia, Kecamatan Kamang Magek, Agam, Sumatera Barat). E-Societas, 7(7).
Hayati, R. (2019). KEDUDUKAN MAMAK DALAM MASYARAKAT ADAT NAGARI KAMANG MUDIK MENURUT PERSPEKTIF HUKUM ISLAM “ANALISIS TERHADAP PERGESERAN KEWENANGAN PAMAN SEBAGAI HAKAM DALAM HUKUM KELUARGA (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).
Immerry, T., & Dahlan, F. (2017). KABA MALIN DEMAN: MENYIASATI DAMPAK DUA FALSAFAH MINANGKABAU DALAM FOLKLOR. Jurnal Gramatika: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(2), 259-268.
Julianti ZN, T. N. (2017). Peran mamak dalam pelaksanaan tradisi bajapuik: Studi di Nagari Lubuk Pandan Kecamatan 2X11 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).
Kartika, S. A. (2012). Eksistensi Jamu Cekok di Tengah Perubahan Sosial. Universitas Negeri Yogyakarta.
Lestari, G. (2016). Bhinnekha tunggal ika: Khasanah multikultural indonesia di tengah kehidupan SARA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 28(1).
Moleong, L. J. (2013). Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya. Mosal.
Munir, M. (2015). Sistem kekerabatan dalam kebudayaan Minangkabau: perspektif aliran filsafat strukturalisme Jean Claude Levi-Strauss. Gadjah Mada University.
Santoso, S. (2016). Hakekat Perkawinan Menurut Undang-Undang Perkawinan, Hukum Islam dan Hukum Adat. YUDISIA: Jurnal Pemikiran Hukum dan Hukum Islam, 7(2), 412-434.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&d. Bandung : CV. Alfabeta.
Sugiyono. 2012. “Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.” Bandung: Alfabeta.
Tirta, N. (2018). Pelaksanaan Perkawinan Di bawah Umur Berdasarkan UU No. 1 Tahun 1974 Tentang Perkawinan Ditinjau Dari Perspektif Hukum Adat MinangKabau Di Kecamatan Palupuh Kabupaten Agam (Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau).
Waruwu, D., & Adhi, N. K. J. (2019). Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan.
Wibisana, W. (2016). Pernikahan dalam islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam-Ta’lim, 14(2), 185-193.
Widyanisa, A., Lubis, H., & Sary, K. A. (2015). POLA KOMUNIKASI INTERPERSONAL PADA PASANGAN SUAMI ISTRI YANG MENJALANI LONG DISTANCE MARRIAGE. Marriage, 21, 28
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 ARMADA : Jurnal Penelitian Multidisiplin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.