KAJIAN ESTETIKA PADA BATIK RENGGANIS SELOWOGO DALAM KONTEKS IDENTITAS BUDAYA

Authors

  • Aditya Dimas Wahyu Sasongko Universitas Pekalongan
  • Zahir Widadi Universitas Pekalongan
  • Rizki Lestari Universitas Pekalongan
  • Hutami Puji Lestari Universitas Pekalongan

DOI:

https://doi.org/10.55681/armada.v1i5.521

Keywords:

Batik Rengganis Selowogo, Budaya, Bentuk Visual, Estetika

Abstract

Komunitas batik Cotto di Pondok Pesantren Nurul Huda di Desa Peleyan dan Griya Batik Rengganis Selowogo adalah dua sentra batik tertua di kabupaten Situbondo. Penelitian ini akan membahas salah satunya, Griya Batik Rengganis Selowogo. Fokus permasalahan dalam penelitian ini meliputi identitas budaya yang terdapat pada batik Rengganis, bentuk visual dari berbagai motif yang terdapat pada batik Rengganis, dan unsur estetika hiasan yang membedakan batik Rengganis dengan batik di daerah lain.

Setelah melakukan pengamatan, penelitian, dan dokumentasi di lapangan, dapat disimpulkan bahwa identitas budaya yang terdapat pada batik Rengganis Selowogo sangat beragam. Identitas budaya ini tercermin dalam berbagai motif batik Rengganis Selowogo. Bentuk visual yang terdapat pada motif batik Rengganis Selowogo merupakan beberapa bentuk yang dipilih sebagai ciri khas Kabupaten Situbondo. Bentuk visual ini termasuk bentuk perahu layar, kuda laut, burung merak, dan kepiting. Unsur-unsur estetika dalam batik Rengganis Selowogo dibagi menjadi beberapa. Yang pertama adalah bentuk, yang kedua adalah tentang konten, dan yang ketiga adalah membahas penampilan batik Rengganis Selowogo.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Djelantik A.A.M. 2004. Estetika Sebuah Pengantar. Surakarta

Hadi Abdul, 2007. Hermeneutika Estetika Religiusitas. Cilandak: Sadra Press

Sasongko, Aditya Dimas Wahyu, 2014. Pengembangan desain motif kerang pada batik di Desa Peleyan Kabupaten Situbondo. Jurnal Seni Rupa. Universitas Negeri Surabaya

Sasongko, Aditya Dimas Wahyu, 2022. Strategi Pembelajaran Komunitas Batik Cotto’ Di Pondok Pesantren Nurul Huda Kabupaten Situbondo Jawa Timur. Pena Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Vol. 36, Universitas Pekalongan.

Sugiyono. 2008.” Metode Penelitian Kuntitatif Kualitatif R & D”.

Downloads

Published

2023-05-20

How to Cite

Sasongko, A. D. W., Widadi, Z., Lestari, R., & Lestari, H. P. (2023). KAJIAN ESTETIKA PADA BATIK RENGGANIS SELOWOGO DALAM KONTEKS IDENTITAS BUDAYA. ARMADA : Jurnal Penelitian Multidisiplin, 1(5), 344–351. https://doi.org/10.55681/armada.v1i5.521