PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DI SDN 05 SUNGAI PADUAN KECAMATAN SIMPANG HILIR KABUPATEN KAYONG UTARA
DOI:
https://doi.org/10.55681/armada.v1i3.428Keywords:
Guru, Peningkatan, ProfesionalitasAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang peranan kepala sekolah dalam rangka meningkatkan profesionalisme guru yang meliputi enam aspek, yaitu: peran kepala sekolah sebagai leader, peran kepala sekolah sebagai motivator, peran kepala sekolah sebagai supervisor, peran kepala sekolah sebagai inovator, peran kepala sekolah sebagai manajer, dan peran kepala sekolah sebagai edukator. Penelitian ini dilakukan di SDN 05 Sungai Paduan pada bulan januari – Mei 2022.
Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru dan staff karyawan SDN 05 Sungai Paduan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan sampel guru yang mengajar di SDN 05 Sungai Paduan sebanyak 10 orang.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: pelaksanaaan peran kepala sekolah di SDN 05 Sungai Paduan berjalan dengan cukup baik dalam hal ini peran kepala sekolah dalam rangka meningkatkan profesionalisme guru sangat dominan. Pemberdayaan tenaga pengajar (peningkatan profesionalisme guru), karyawan, peningkatan sarana pembelajaran, pengawasan terhadap proses belajar mengajar yang kesemuanya dapat berjalan dengan cukup baik, ditentukan melalui peran kepala sekolah yang meliputi ke enam dimensi tersebut diatas.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi pihak sekolah yang menjadi tempat penelitian, para civitas akademika, para mahasiswa, para pengajar terutama dalam rangka memberikan motivasi kepada mahasiswa agar senantiasa meningkatkan prestasi pendidikannya.
Downloads
References
Mulyasa, E. Menjadi Kepala Sekolah Profesional dalam konteks menyukseskan MBS dan KBK, Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 2014.
Wahyosumidjo. Kepemimpinan Kepala Sekolah Tinjauan Teoritik Dan
Permasalahannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2017.
Rohani, Ahmad HM dan Ahmadi, Abu. Pedoman Penyelenggaran Administrasi di Sekolah, Jakarta: PT. Bumi Aksara, 1991.
Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 2017.
Rivai, Veithzal dan Murni, Sylviana. Education Management; Analisis Teori dan Praktik. Jakarta: PT. RajaGrafindo, 2019.
Purwanto, Ngalim. Administrasi dan Supervisi Pendidikan, Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 1995.
Indrafachrudi, Soekarto. Mengantar Bagaimana Memimpin Sekolah Yang Baik, Jakarta: PT. Ghalia Indonesia, 1993.
Nawawi, Hadari. Administrasi Pendidikan, Jakarta: PT. Yayasan Masagung, 1989
Soetopo, Hendiyat dan Soemanto, Wasty. Kepemimpinan dan Supervisi Pendidikan, Jakarta: PT. Bina Aksara, 1988.
Soetjipto dan Kosasih, Raflis. Profesi Keguruan, Jakarta: Rineka Cipta, 2004.
Arikunto, Suharsimi. Manajemen Pengajaran Secara Manusiawi, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 1990.
Fathurrohman, Pupuh dan Sutikno, M. Sobry. Strategi Belajar Mengajar, Bandung: PT. Refika Aditama, 2017.
Usman, Moh. Uzer. Menjadi Guru Profesional, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2012.
Poerwadaminta, W.J.S. Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta: PT. Balai Pustaka, 2013.
McNergney, Robert F. Dan Carrier, Carol A. Teacher Development, Canada: Macmilan Publishing, 1981.
Sukardi. Metodologi penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2013.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 ARMADA : Jurnal Penelitian Multidisiplin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.