Analisis Inovasi Teknologi pada Fitur Smartphone terhadap Minat Beli Konsumen Kota Pontianak
Keywords:
Fitur Smartphone, Inovasi Teknologi, Minat BeliAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis inovasi teknologi pada fitur smartphone dan dampaknya terhadap minat beli konsumen di Kota Pontianak. Dengan melibatkan 20 responden, penelitian kualitatif deskriptif, dengan Teknik pengumpulan data menggunakan lembar wawancara, analisis data menggunakan analisis kualitatif. uji keabsahan data. penelitian ini menggali pandangan dan preferensi responden terhadap fitur-fitur inovatif smartphone. Hasil wawancara menunjukkan bahwa responden cenderung memprioritaskan fitur inovatif seperti kamera canggih, desain menarik, dan kecepatan prosesor, yang terkait dengan gaya hidup aktif dan kebutuhan hiburan responden. Responden lebih menekankan keandalan, daya tahan baterai, dan kemudahan penggunaan sebagai faktor utama dalam pengambilan keputusan pembelian. Pentingnya harga sebagai faktor penentu dalam pembelian smartphone tetap menjadi tema yang mencuat, dengan kelompok usia 25-39 Tahun fleksibel terhadap harga jika sesuai dengan fitur inovatif yang responden butuhkan, sedangkan Kelompok Usia 40 Tahun keatas mempertimbangkan harga sebagai pertimbangan utama, meskipun bersedia membayar lebih untuk kualitas dan fitur yang sesuai dengan kebutuhan responden. Wawancara juga mengungkapkan perbedaan dalam adaptabilitas terhadap teknologi, di mana responden kelompok usia 25-39 cenderung lebih adaptif terhadap perubahan, Kelompok Usia 40 mungkin mengalami kesulitan lebih besar dalam mengadopsi teknologi baru. Kesimpulan penelitian ini memberikan kontribusi bagi industri smartphone untuk merancang produk yang lebih sesuai dengan kebutuhan dan ekspektasi konsumen berdasarkan kelompok usia, sehingga meningkatkan daya saing dan kepuasan konsumen di pasar Kota Pontianak.
Downloads
References
Agustyan, R., & Baehaqi, M. (2020). Analisis Pengaruh Online Consumer Review, Warranty Product dan Brand Trust Terhadap Purchase Decision Smartphone Xiaomi di Kabupaten Kebumen. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 2(2), 240-250.
Ardianto, Elvinaro. (2012). Komunikasi Massa: Suatu Pengantar. Simbiosa Rekatama Media.
Destiani, R. D., & Mufiidah, A. N. (2024). Era baru ekonomi digital: Studi komprehensif tentang teknologi dan pasar. ADI Bisnis Digital Interdisiplin Jurnal, 5(1), 47-50.
Fitriani, P. (2020). Sistem Pendukung Keputusan Pembelian Smartphone Android dengan Metode Multi Attribute Utility Theory (MAUT). Jurnal Mantik Penusa, 4(1), 6-11.
Hartanto, B., & Indriyani, L. (2020). Minat Beli Di Marketplace Shopee. PT Inovasi Pratama Internasional.
Hasibuan, F. P. A., Sumarno, S., & Parlina, I. (2021). Penerapan K-Means pada Pengelompokan Minat Beli Konsumen Smartphone. SATESI: Jurnal Sains Teknologi dan Sistem Informasi, 1(1), 15-20.
Indarwati, T., Irawati, T., & Rimawati, E. (2019). Penggunaan Metode Linear Regression Untuk Prediksi Penjualan Smartphone. (TIKomSiN) Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi 6(2).78-83
Indriani, U. (2018). Penerapan Metode Rough Set Dalam Menentukan Pembelian Smartphone Android Oleh Konsumen. JTIK (Jurnal Teknik Informatika Kaputama), 2(1), 85-92.
Italia, I., & Islamuddin, I. (2021). Pengaruh Promosi, Kualitas Produk Dan Brand Image Terhadap Minat Beli Handphone Merek Nokia. Jurnal Manajemen Modal Insani Dan Bisnis (JMMIB), 2(1), 1-13.
Kasemin, H. K. (2016). Agresi Perkembangan Teknologi Informasi. Prenada Media.
Lull, James. (2014). Teori Komunikasi: Sejarah, Metode, dan Terapan. Pustaka Pelajar.
Nasirudin, N., Sunardi, S., & Riadi, I. (2020). Analisis Forensik Smartphone Android Menggunakan Metode NIST dan Tool MOBILedit Forensic Express. Jurnal Informatika Universitas Pamulang, 5(1), 89-94.
Nasution, A. (2019). Metode Weighted Moving Average Dalam M-Forecasting. JURTEKSI (Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi), 5(2), 119-124.
Parwati, N., & Dewi, M. (2023). Pengaruh Brand Image, Persepsi Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Pembelian Produk Smartphone Oppo (Study Pada Lokasi Di Kabupaten Badung) (Doctoral dissertation, Universitas Mahasaraswati Denpasar).
Rahmawati, L. (2024). Fenomena dan Perilaku Belanja Online Melalui Tiktok Shop pada Generasi Z Perspektif Konsumsi Islam. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 10(2).
Rahmawati, L., & Hartono, H. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Samsung (Studi Kasus Pada Pengguna Handphone Samsung Di Desa Mekarmukti Cikarang Utara). JAMBIS: Jurnal Administrasi Bisnis, 2(4), 494-504.
Ramawisari, I., Bahri, N. F., & Chalik, C. (2023). Analisis Pengaruh Poster Ergonomi Kerja Terhadap Manajemen Kinerja Pegawai Londri Cuci Kiloan. Journal of Scientech Research and Development, 5(2), 592-605.
Riswan, M. S., Waloejo, H. D., & Listyorini, S. (2022). Pengaruh Inovasi Produk dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen pada Pengguna Smartphone Merek Iphone Apple di Kota Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 11(2), 272-280.
Santoso, I., & Madiistriyatno, H. (2021). Metodologi Penelitian Kualitatif. Indigo Media.
Sari, H. P. (2016). Pengaruh Citra Merek, Fitur, dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Konsumen Smartphone Xiaomi di DIY). (JMBI) Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia, 5(3), 222-237.
Siregar, F. H., & Aziz, A. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dengan Keputusan Pembelian Handphone Android Pada Mahasiswa Psikologi Universitas Medan Area. (TEKESNOS) Jurnal Teknologi Kesehatan Dan Ilmu Sosial, 1(1), 70-76.
Siregar, Rahmat. (2019). Pengantar Ilmu Komunikasi. Rajawali Pers.
Sjam, A. R., & Andjarwati, A. L. (2018). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Smarthphone (Studi pada Pengguna Smartphone Asus Zenfone 5 di Surabaya). Jurnal Ilmu Manajemen, 6(1), 1-7.
Sitompul, S. S., & Irvan, I. (2019). Analisis Pengaruh Citra Merek, Fitur, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Xiaomi Smartphone Pada Asia Ponsel Pekanbaru. Procuratio: Jurnal Ilmiah Manajemen, 7(3), 310-320.
Solikin, I. (2018). Implementasi penggunaan smartphone android untuk control pc (personal computer). Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT, 3(2), 249-252.
Sriyanto, A., Kuncoro, A. W., Sarsito, A., & Istikomah, K. (2019). Pengaruh brand ambassador, minat beli, dan testimoni terhadap keputusan pembelian (studi pada situs jual beli online shop shopee Indonesia di Universitas Budi Luhur periode februari–april 2018). Jurnal Ekonomika Dan Manajemen, 8(1), 21-34.
Styawan, R., & Astuti, B. (2014). Analisis Experiential Marketing Terhadap Experiential Value Di Industri Smartphone. Jurnal Siasat Bisnis, 18(2), 210-218.
Sugiyono, D. (2022). Metode penelitian kuatintatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Syahid, Ahmad. (2017). Smartphone dan Tablet Android: Panduan Praktis Mengoptimalkan Penggunaan. Media Sains
Ulfa, Z., Izwana, R., Deinsyah, P., & Handayani, S. (2023). Modernisasi Teknologi Terhadap Perkembangan Ekonomi Generasi Alpha. Journal of Comprehensive Science (JCS), 2(6), 1558-1566.
Wali, M. (2017). Adsense Mobile dan Respon Pengguna Smartphone: Intrusiveness dan Irritation. Jurnal EMT KITA, 1(2), 107-120.
Wardani, M. K. (2017). Pengaruh Inovasi Produk Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Samsung Dengan Brand Image Sebagai Variabel Moderasi (Survei pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi UNISRI Surakarta). Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan, 17(1).
Widjaja, M., & Firdausy, C. M. (2023). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Pembelian Smartphone Samsung di Jakarta Barat. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 5(2), 323-332.
Yati, T., Firayanti, Y., & Ahmadi, A. (2024). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Konsumen Pada Usaha Siapa Cafe Kota Pontianak. Sinergi: Jurnal Riset Ilmiah, 1(8), 752-768.
Zullaihah, R., & Setyawati, H. A. (2021). Analisis Pengaruh Iklan, Identitas Merek, dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Minat Beli Ulang. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 3(1), 169-184.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Yulia Citra, Yuni Firayanti, Tubagus Mahardika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.