Strategi Promosi Sekolah dalam Menarik Minat Calon Siswa Baru di SMP Islam Yayasan Tuhfatul Athfal Desa Kuala Dua Kabupaten Kubu Raya

Authors

  • Saliya Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Barat
  • Yuni Firayanti Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Barat
  • Fajar Cahyanto Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Barat

Keywords:

Minat Calon Siswa Baru, Strategi Promosi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif strategi promosi yang telah diterapkan sekolah dalam menarik minat calon siswa baru dan untuk mengetahui persepsi masyarakat terhadap SMP Islam Yayasan Tuhfatul Athfal sehingga hal tersebut menjadi faktor penentu dalam keputusan calon siswa untuk mendaftar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan sampel sebanyak 24 orang, diantaranya 4 orang dari pihak sekolah dan 20 orang dari kalangan masyarakat. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun teknik keabsahan data melalui triangulasi sumber, teriangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi promosi sekolah di SMP Islam Yayasan Tuhfatul Athfal yaitu menerapkan strategi promosi melalui; media sosial (Facebook dan Instagram), media cetak (pemasangan baliho), pengembangan ektrakurikuler, citra sekolah, dan hubungan masyarakat. Namun sejauh ini dari pelaksanaan strategi promosi yang telah dilakukan, jumlah peserta didik masih terbilang sedikit itu dikarenakan kurang maksimalnya strategi promosi yang diterapkan, sarana dan prasarana yang kurang memadai, lokasi yang kurang strategis dengan adanya beberapa sekolah pesaing, dan faktor masyarakat yang lebih memilih sekolah negeri dikarenakan biaya yang lebih terjangkau.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asriani N.A. (2022). Strategi Promosi Sekolah Dalam Meningkatkan Jumlah Peserta Didik Di Madrasah Aliyah Harun Al-Hasyid Bontonmpo Kabupaten Gowa. הארץ, 8.5.2017, 2003–2005. www.aging-us.com

Darmawan, A. R. M. (2023). Strategi Promosi Dalam Meningkatkan Minat Calon Peserta Didik SMP Al Muttaqin Tasikmalaya. In Repository.Uinjkt.Ac.Id. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/73786

Emy Mar Atus Sholikhah. (2020). Pelaksanaan Strategi Promosi Sekolah Dalam Menarik Minat Peserta Didik Baru di MAN 2 Ponorogo. Skripsi Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, 5(3), 248–253.

Fatihudin, D. & Firmansyah, A. (2019). Pemasaran Jasa. Yokyakarta : Deepublish (CV Budi Utama).

Fikri, M. (2020). Strategi Pemasaran Pendidikan dalam Menarik Minat Siswa Baru di SMKIT Nurul Qolbi Bekasi. In Skripsi (Issue 11160182000003). https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/54359/1/SKRIPSI MUHAMMAD FIKRI WATERMARK.pdf

Fitriyana, D. ., Pransisca, S. ., & Ardiyanto, A. . (2022). Faktor-faktor yang mempengaruhi orang tua dalam pengambilan keputusan memilih sekolah negeri untuk anak di Kelurahan Bukit Cermin, Kecamatan Tanjungpinang Barat, Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau. Nautical : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia , 1 (7), 512–516. https://doi.org/10.55904/nautika.v1i7.402.

Fitriyani .M & Prahastuti N.F (2020). Personal Branding Format Baru. Yokyakarta: Laksana.

Hamid, R. S. (2023). Manajemen Pemasaran Modern (Strategi dan Taktik untuk Kesuksesan Bisnis). Jambi : Sonpedia.

Haque-fawzi, M. G. (2022). Strategi Pemasaran Konsep, Teori, dan Implementasi. Tangerang Selatan : Pascal Books.

Junaris, I., & Haryanti, N. (2022). Manajemen Pemasaran Pendidikan. Purbalingga : CV Eureka Media Aksara.

Karela, F. (2020). Strategi Manajemen Pemasaran Dalam Peningkatan Penerimaan Peserta Didik Di Madrasah Tsanawiyah Mazra’atul Ulum Paciran Lamongan. Skripsi Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 1. http://etheses.uin-malang.ac.id/17089/

Kotler, P., & Keller, K. . (2019). Manajemen Pemasaran. Jakarta : Erlangga.

Mazaya, F. (2021). Strategi Pemasaran Sekolah Dalam Proses Penerimaan Siswa Baru (PSB) Diseolah Dasar Mafaza Integrated Smart School Malang. Fisheries Research, 140(1), 6.

Media Indonesia.com. (2022). Analisis Adalah: Pengertian, Tujuan, Tahapan, dan contoh. Diakses Tanggal 22 Juli 2024. https://mediaindonesia.com/humaniora/538992/evaluasi-adalah-pengertian-tujuan-tahapan-dan-contoh

Mustaghfirin. (2021). Strategi Manajemen Pemasaran Dalam Penerimaan Peserta Didik Di SMP Al-Huda Semarang. Block Caving – A Viable Alternative?, 21(1), 1–9. https://doi.org/10.1016/j.solener.2019.02.027%0A

Oktaviani, F. (2022). Strategi Promosi Penerimaan Peserta Didik Baru di SDIT Al-Iman Bojongsari Depok.

Prasojo, dwi S. (2021). Manajemen Pemasaran Sekolah Dalam Peningkatan Jumlah Peserta Didik Di Mi Ma’Arif Nu Bajong Kecamatan Bukateja Kabupaten Purbalingga. In Repository.Iainpurwokerto.Ac.Id. http://repository.iainpurwokerto.ac.id/10793/%0

Perpustakaan Nasional. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. Diakses pada 16 Juni 2024. Dari https://pusdiklat.perpusnas.go.id/regulasi/download/6

Quran.nu.or.id. Surat Al-Mujadilah Ayat 11: Arab, Latin, Terjemahan dan Tafsir Lengkap. Diakses pada 21 Juni 2024. Dari https://quran.nu.or.id/al-mujadilah/11

Rachmawati, E. W. (2022). Strategi Pemasaran Produk Pendidikan dalam Meningkatkan Minat Masyarakat di MI Ma’arif NU 1 Pageraji Banyumas.

Sitorus, O. F., & Utami, N. (2017). Buku Ajar Strategi Promosi Pemasaran. Repository UHAMKA.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alvabeta, CV.

Sukarna, S. (2023). Strategi Promosi melalui Media Sosial dalam Meningkatkan Jumlah Siswa di SMP Fajrul Islam dalam Perspektif Islam. EduInovasi: Journal of Basic Educational Studies, 4(1), 376–397. https://doi.org/10.47467/edui.v4i1.5471

Tarbiyah, F., Keguruan, D. A. N., Negeri, U. I., & Lampung, R. I. (2022). Untuk Meningkatkan Minat Siswa Barudi Sma Al-Azhar 3 Untuk Meningkatkan Minat Siswa Barudi Sma Al-Azhar 3.

Tjiptono, F. (2019). Strategi Pemasaran, Prinsip dan Penerapan. Sonpedia.

Tyagita, B. P. A. (2016). Strategi Pemasaran Sekolah Menengah Atas Swasta Berasrama Di Kabupaten Semarang 1. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(1), 67. https://doi.org/10.24246/j.jk.2016.v3.i1.p67-79

Uluwiyah, A. N. (2022). Strategi Bauran Promosi (Promotional Mix) Dalam Meningkatkan Kepercayaan Masyarakat. Yokyakarta : CV Multi Pustaka Utama.

Umi Hanifa. (2022). Strategi Promosi Penerimaan Siswa Baru Di SMP Islam Terpadu Muara Telang. Repository UIN Raden Fatah Palembang http://repository.radenfatah.ac.id/24445/

Yulianti, F., Lamsah, & Periyadi. (2019). Manajemen Pemasaran. Yokyakarta. Deepublish.

Downloads

Published

2024-12-20

How to Cite

Saliya, S., Firayanti, Y., & Cahyanto, F. (2024). Strategi Promosi Sekolah dalam Menarik Minat Calon Siswa Baru di SMP Islam Yayasan Tuhfatul Athfal Desa Kuala Dua Kabupaten Kubu Raya. ARMADA : Jurnal Penelitian Multidisiplin, 2(12), 977–985. Retrieved from https://ejournal.45mataram.or.id/index.php/armada/article/view/1602