Pola Luka Pada Kasus Kecelakaan Lalu Lintas di Bagian Ilmu Kedokteran Forensik dan Medikolegal di RS Bhayangkara Periode Januari – September Tahun 2024

Authors

  • Mauluddin Mansyur Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Denny Mathius Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Zulfikar Gaffar Assegaf Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Magfira Awalia Universitas Muhammadiyah Makassar

Keywords:

Kasus Kecelakaan Lalu Lintas, Pola Luka

Abstract

Kecelakaan lalu lintas (KLL) merupakan salah satu penyebab kematian terbesar di Indonesia. Pada tahun 2013 dalam tingkatan Asia Tenggara, Indonesia menduduki peringkat pertama dengan 26.416 jumlah kejadian KLL. Kecelakaan yang terjadi dapat menyebabkan luka-luka dari luka ringan hingga terjadinya kecacatan pada korban bahkan yang paling fatal dapat menyebabkan kematian. Setiap kasus kecelakaan lalu lintas menyebabkan adanya ada suatu pola luka yang berbeda-beda. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan pola luka pada kasus KLL berdasarkan jenis kelamin, usia, peran korban sebelum terjadi KLL, jenis luka, dan lokasi luka. Jenis penelitian ialah deskriptif retrospektif dengan menggunakan data sekunder yang diambil dari visum et repertum (VeR) korban kecelakaan lalu lintas. Hasil penelitian mendapatkan mayoritas korban KLL berusia 17-25 tahun (39%). Korban berjenis kelamin laki-laki lebih banyak daripada perempuan (58,90% vs 41,10%). Peran korban KLL terbanyak ialah pengemudi sepeda motor (73%). Pola luka terbanyak pada korban KLL baik penge-mudi sepeda motor, yang dibonceng, dan pejalan kaki ialah luka lecet terutama di ekstremitas, sedangkan pada penumpang mobil ialah luka memar terutama di kepala. Simpulan: Mayoritas KLL ialah laki-laki usia 17-25 tahun dengan pola luka terbanyak ialah luka lecet di ekstremitas diikuti oleh luka memar di kepala.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahman. Penyelesaian kasus kecela-kaan lalu lintas oleh anak di bawah umur melalui restorative justice (studi kasus di Polres Malang) [Skripsi]. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang; 2016.

American College of Surgeons Committee on Trauma. Advanced Trauma Life Support Student Course Manual. In: Appendices B Biomechanics of injury. 8th ed. Chicago: American College of Surgeons; 2008. p. 283-8.

Badan Pusat Statistik. Jumlah kecelakaan, korban mati, luka berat, luka ringan, dan kerugian materi yang diderita tahun 2016. Jakarta: Badan Pusat Statistik, 2016.

Budiyanto A, Widiatmaka W, Sudiono S, Abdul Mun’im TW, Sidhi, Hertian S, et al. Ilmu Kedokteran Forensik. Jakarta: Bagian Kedokteran Forensik Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 1997.

Damitrias PT, Bhima SKL, Dhanardhono T. Hubungan kadar lemak tubuh dengan perubahan warna memar yang dilihat dengan menggunakan teknik fotografi forensik. JKD. 2017;6(2): 1073-81.

Fikri I. Gambaran Pola Luka Korban Kecelakaan Lalu Lintas Pada Pejalan Kaki dan Pengendara Sepeda Motor Di RSUP Dr. M. Djamil Periode 2015. [Thesis]. Padang: Fakultas Kedokteran Universitas Andalas; 2016.

Holland C. Gerarghty J, Shah K. Differential moderating effect of locus of control on effect of driving experience in young male and female drivers. Pers Indiv Differ. 2010; 48:821-6.

Idries AM, Tjiptomartono AL. Penerapan Ilmu Kedokteran Kehakiman dalam Proses Penyidikan. Jakarta: Karya Unipres, 1982

Ivers R, Senserick T, Boufous S, Stevenson M, Chen H-Y, Woodward M, et al. (2009). Novice drivers’ risky driving behavior, risk perception, and crash risk: Finding from the DRIVE study. Am J Pub Health. 2009; 99(9):1638-44.

Korlantas Polri. Kecelakaan di Indonesian selama triwulan terakhir, 2018.

Lulie Y, Hatmoko JT. Analisis hubungan kecepatan dengan tebal helm yang direkomendasikan. Jurnal Teknik Sipil. 2006;6(2):171-84.

Martin JL, Lardy A, Laumon B. Pedestrian injury patterns according to car and casualty characteristics in France. 55thAAAM Annual Conference; 2011 3-5 October; Paris France. Barrington, IL: Association for the Advancement of Automotive Medicine; 2011.

Miftahul, Nasir. Aplikasi sensor RF PT2272 sebagai receiver untuk mengaktifkan lampu sein dan lampu rem pada helm [Diploma 3]. Palembang: Politeknik Negeri Sriwijaya; 2014.

Nastiti FA. Hubungan antara kepemilikan SIM C dan keikutsertaan dalam tes pembuatan SIM dengan pengetahuan berkendara dan kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Sidoarjo. The Indonesian Journal of Public Health. 2017; 12(2):167-78.

O Eid H, Abu-Zidan FM. Biomechanics of road traffic collision injuries: a clinician’s perspective. Singapore Med J. 2007;48(7):697-698

Oktavianti, Putu. Prevalensi dan gambaran pola luka korban kecelakaan sepeda motor di Instalansi Forensik RSUP Sanglah Denpasar tahun 2013. ISM. 2016;7(1):33-41.

Randi W. Analisis regresi logistik ordinal untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat keparahan kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Pasaman Barat [Tesis]. Padang: Unive-rsitas Andalas; 2017

Riyadina W, Suhardi, Permana M. Pola dan determinan sosiodemografi cedera akibat kecelakaan lalu lintas di Indonesia. MKI. 2009;59(10):464-72.

Saukko P, Knight B. Knight’s Forensic Pathology. 4th Edition. London: CRC Press. 2016

Savitri WP, Indawati R. Estimasi resiko pada lanjut usia yang mengalami kecelakaan lalu lintas di Kota Surabaya. Jurnal Biometrika dan Kependudukan. 2012;1(1):52-61.

Sinaga MK. Gambaran faktor-faktor penye-bab kecelakaan lalu lintas di Kota Medan tahun 2010 [Skripsi]. Medan: Fakultas Kesehatan Masyarakat Uni-versitas Sumatera Utara; 2012.

Syawqi AM, Dharmastiti R. Analisis pengaruh stressor waktu dan kemacetan lalu lintas terhadap performansi menge-mudi. Prosiding SNTI dan SATELIT 2017 [Skripssi]. Malang: Jurusan Teknik Industri Universitas Brawijaya; 2017.

Wahyudi S. Faktor resiko yang berhubungan dengan tingkat keparahan cedera kepala. Unnes Jurnal of Public Health. 2012;2(1):418.

Wardhana Y. Analisis identifikasi kecelakaan lalu lintas di ruas jalan komisaris Bambang Suprapto di Purwokerto [Tesis]. Purwekorto: Universitas Muhammadiyah Purwekorto; 2016.

Warpani SP. Pengelolaan lalu lintas dan angkutan jalan. Bandung: ITB; 2002.

Downloads

Published

2024-11-29

How to Cite

Mansyur, M., Mathius, D., Assegaf, Z. G., & Awalia, M. (2024). Pola Luka Pada Kasus Kecelakaan Lalu Lintas di Bagian Ilmu Kedokteran Forensik dan Medikolegal di RS Bhayangkara Periode Januari – September Tahun 2024. ARMADA : Jurnal Penelitian Multidisiplin, 2(11), 938–945. Retrieved from https://ejournal.45mataram.or.id/index.php/armada/article/view/1587