Karakteristik Korban Kecelakaan Lalu Lintas RSUD Labuang Baji Kota Makassar Tahun 2021-2023
Keywords:
Jenis Luka, Karakteristik Korban, Kasus Kecelakaan Lalu Lintas, Pola LukaAbstract
Kecelakaan lalu lintas merupakan penyebab utama cedera dan kematian, terutama pada usia produktif. Penelitian ini bertujuan menganalisis pola luka pada korban kecelakaan lalu lintas di RSUD Labuang Baji Makassar periode 2021–2023 berdasarkan data Visum et Repertum (VeR). Penelitian ini menggunakan desain deskriptif retrospektif dengan melibatkan 713 korban kecelakaan. Variabel penelitian meliputi usia, jenis kelamin, jenis luka, dan posisi luka. Hasil menunjukkan korban didominasi laki-laki (457 kasus) dan kelompok usia 20–44 tahun (315 kasus). Luka lecet geser menjadi jenis luka paling umum (1.357 kasus), dengan ekstremitas inferior sebagai lokasi paling sering (424 kasus). Luka pada kepala dan leher tercatat sebanyak 897 kasus, menunjukkan kerentanan tinggi area tersebut terhadap cedera. Penelitian ini menekankan pentingnya penggunaan alat pelindung diri untuk mengurangi risiko cedera, khususnya pada kelompok usia produktif. Temuan ini memberikan wawasan untuk pengelolaan medis darurat dan investigasi forensik, sekaligus mendorong langkah mitigasi kecelakaan lalu lintas.
Downloads
References
Dewanto EB, Yudianto A, Hutagalung MR. Wound Pattern Profile in Deceased Victims of Traffic Accidents in Raden. Published online 2022. doi:10.20473/juxta.V13I12022.79-82
Jumlah Kecelakaan, Korban Mati, Luka Berat, Luka Ringan, dan Kerugian Materi. Badan Pusat Statistik. Published online 2022. Accessed November 19, 2024. https://www.bps.go.id/id/statistics-table/2/NTEzIzI=/jumlah-kecelakaan-korban-mati-luka-berat-luka-ringan-dan-kerugian-materi.html
Kecelakaan di Indonesian selama triwulan terakhir, 2018. Korlantas Polri.
Kecelakaan Lalu Lintas (Definisi, Jenis, Dampak, Penyebab dan Perhitungan). Kajian Pustaka. Published online 2020. Accessed November 19, 2024. https://www.kajianpustaka.com/2020/05/kecelakaan-lalu-lintas.html
Kepel FR, Mallo JF, Tomuka Djemmi. Pola Luka pada Kasus Kecelakaan Lalu Lintas di Bagian Ilmu Kedokteran Forensik dan Medikolegal RSUP Prof. Dr. R. D. Kandou Manado Periode Tahun 2017. Published online 2019.
Oktavianti PH. Prevalensi dan Gambaran Pola Luka Korban Kecelakaan Sepeda Motor di Instalasi Forensik RSUP Sanglah Denpasar Tahun 2013. 2013;7(1):33. http://isainsmedis.id/ojs/
Regev S, Rolison JJ, Moutari S. Crash risk by driver age, gender, and time of day using a new exposure methodology. J Safety Res. 2018;66:131-140. doi:10.1016/j.jsr.2018.07.002
Road traffic injuries. World Health Organization. Published online 2023.
Towards safer and sustainable mobility WHO South-East Asia Regional status report on road safety. World Health Organization. Published online 2024.
UU Nomor 22 Tahun 2009.
Zainafree I, Syukria N, Addina S, Saefurrohim MZ. Risk Factors of Road Traffic Accidents in Rural and Urban Areas of Indonesia Based on the National Survey of Year 2018. Nigerian Postgraduate Medical Journal. 2022;29(2):82-88. doi:10.4103/npmj.npmj_777_21
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Muhammad Dhani Darwis, A. Mut’mainnah, Wa Ode Raniyati, Andi Reski Kusfaida, Mauluddin Mansyur, Denny Mathius, Zulfikar Gaffar Assegaf
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.