Pengaruh Gaya Mengajar Latihan Terhadap Gerak Dasar Pada Tendangan Lurus Pencak Silat Siswa Kelas IX-5 SMP Negeri 4 Manado

Authors

  • Ainnaya Fauziah Universitas Negeri Manado
  • A. R. J. Sengkey Universitas Negeri Manado
  • E. A. M. Pinangkaan Universitas Negeri Manado

Keywords:

Gaya Mengajar, Pencak Silat, Tendangan Lurus

Abstract

Di sekolah-sekolah, permainan dan olahraga biasanya digunakan untuk mengajar olahraga dan pendidikan jasmani. Namun, di sekolah, pencak silat harus diajarkan dengan cara yang berbeda daripada di luar sekolah, yaitu di perguruan pencak silat. Materi dan isi pembelajaran harus diberikan secara bertahap agar siswa dapat mencapai tujuan utama pembelajaran. Sebagai contoh, pelajaran pencak silat seringkali tidak sesuai dengan karakteristik anak, sehingga kreativitas dan kesenangan anak tidak dipertimbangkan. Metode mengajar latihan memungkinkan peserta didik untuk belajar keterampilan tertentu berdasarkan penjelasan atau petunjuk pengajar. Dalam pembelajaran pengembangan diri, diharapkan peserta didik kelas IX-5 SMP Negeri 4 Manado dapat menguasai keterampilan gerak dasar pada tendangan lurus pencak silat. Namun, banyak dari mereka yang gagal melakukannya. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan statistic uji-t tersebut, maka hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan metode mengajar latihan terhadap peningkatan gerak dasar pada tendangan lurus pencak silat siswa SMPN 4 Manado kelas IX-5.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Doringin, R. T., Sengkey, A. R. J., & Pinangkaan, E. A. (2024). PENGARUH PENERAPAN GAYA MENGAJAR LATIHAN TERHADAP GERAK DASAR BOUNCE PASS DALAM PERMAINAN BOLA BASKET SISWA SMP BEREA TONDANO. Olympus: Jurnal Pendidikan Kesehatan dan Rekreasi, 5(1), 193-209.

Pinangkaan, E. A., Silaban, R. A., & Ramli, M. (2023). TEORI BERMAIN. Penerbit Tahta Media.

Hadziq Khairul dan Milka Nurfitri, PENJASORKES, Yrama Widya. Bandung. 2020

Iskandar M.O, Soemardjono dan Soegiyanto, Pencak Silat, Depdikbud. Jakarta. 1992

Lubis Johansyah, panduan praktis pencak silat, PT. Grafindo Persada. Jakarta.2004

Manopo, E. B., Mandagi, H. S., & Sunkudon, D. (2021). Pengaruh Gaya Mengajar Latihan Terhadap Keterampilan Teknik Tendangan Dalam Pencak Silat. Physical, 2(1), 9-13.

Mosston Mussca, Teacing Physical Education, Macmillan College Publishing Company Inc New York, New York, 1994

Muhtar Tatang, Pencak Silat, UPI Sumedang Press, Sumedang, 2018

Pea, A. A., Piri, N., & Lolowang, D. M. (2024). Pengaruh Gaya Mengajar Dan Motor Educability Terhadap Keterampilan Sepak Sila Dalam Permainan Sepak Takraw Mahasiswa Jurusan Pendidikan Olahraga FIKKM Unima. Olympus: Jurnal Pendidikan Kesehatan dan Rekreasi, 5(1), 10-17.

Sarjianto, Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Gerak Dasar Pencak Silat Sekolah Dasar, Universitas Muhamadiyah Malang, Malang, 2017

Shaleh dan Abdul Rahman. Pendidikan Agama & Pembangunan Watak Bangsa, Rajawali Perss. Jakarta. 2006

Downloads

Published

2024-11-25

How to Cite

Fauziah, A., Sengkey, A. R. J., & Pinangkaan, E. A. M. (2024). Pengaruh Gaya Mengajar Latihan Terhadap Gerak Dasar Pada Tendangan Lurus Pencak Silat Siswa Kelas IX-5 SMP Negeri 4 Manado. ARMADA : Jurnal Penelitian Multidisiplin, 2(11), 917–921. Retrieved from https://ejournal.45mataram.or.id/index.php/armada/article/view/1557