Pengembangan Instrumen Soal IPAS Kelas IV Berbasis HOTS untuk Implementasi Kurikulum Merdeka di Yayasan Pendidikan Islam AL-Fauzi

Authors

  • Nurhayati Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah Medan
  • Dara Fitrah Dwi Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah Medan

DOI:

https://doi.org/10.55681/armada.v2i9.1507

Keywords:

HOTS, Instrumen, Soal IPAS

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) Mengembangkan instrumen soal IPAS Kelas IV berbasis HOTS untuk implementasi kurikulum merdeka di SD pada bab 6 indonesiaku kaya budaya topik B kekayaan budaya indonesia, (2) Mengetahui kelayakan instrumen soal IPAS Kelas IV berbasis HOTS untuk implementasi kurikulum merdeka di SD pada bab 6 indonesiaku kaya budaya topik B kekayaan budaya indonesia. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan model 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan (1974) yang mencakup 4 langkah yaitu: Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), dan Desseminate (Penyebaran). Namun dalam penelitian ini dibatasi hanya sampai pada tahap development (Pengembangan), dikarenakan fokus dari penelitian ini hanya untuk mengembangkan instrumen soal IPAS kelas IV berbasis HOTS untuk implementasi kurikulum merdeka yang layak untuk digunakan pada evaluasi pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 validator yaitu: validator ahli materi, ahli pembelajaran, dan ahli bahasa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket yang diberikan kepada 3 validator. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif kualitatif. Penelitian ini menghasilkan produk berupa buku panduan penulisan soal HOTS yang di dalamnya terdapat instrumen soal IPAS berbasis HOTS pada topik b kekayaan budaya indonesia di kelas IV SD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku panduan penulisan soal HOTS yang di dalamnya terdapat instrumen soal IPAS berbasis HOTS berdasarkan validasi ahli materi mendapatkan hasil sangat layak digunakan dengan nilai 93,3%, validasi ahli pembelajaan mendapatkan hasil valid atau sangat layak digunakan dengan nilai 97,5%, dan validasi ahli bahasa mendapatkan hasil sangat layak untuk digunakan dengan nilai 81,6%. Dari hasil validasi ahli materi, ahli pembelajaran, dan ahli bahasa dapat disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan mendapatkan penilaian baik dan sangat layak untuk digunakan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraena, Y., Felicia, N., Eprijum, D., Pratiwi, I., Utama, B., Alhapip, L., & Widiaswati, D. (2022). Kajian akademik kurikulum untuk pemulihan pembelajaran.

Hidayat, H., & Khayroiyah, S. (2018). Pengembangan Desain Didaktis Pada Pembelajaran Geometri. Jurnal MathEducation Nusantara, 1(1), 15-19.

Khairani, M., & Nasution, A. L. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Tema Daerah Tempat Tinggalku di Kelas IV SD PAB 23 Patumbak. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 6(2), 838-848.

Lestari, D., & Nasution, A. S. (2022). Pengembangan Instrumen Portofolio Asesmen Pada Materi Bagian-Bagian Tumbuhan Dalam Mata Pelajaran Ipa Di Kelas IV SD. Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA, 6(2), 28-34.

Lestari, I. P., & Patonah, S. (2023). Pengembangan Instrumen Soal IPA SD Berbasis Stem Materi Sistem Organ Makhluk Hidup Pada Siswa Fase C. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 6219-6229.

Masykur, R. (2019). Teori Dan Telaah Pengembangan Kurikulum. Bandar Lampung: AURA.

Moinewa, Y. A., Laksana, D. N. L., Dolo, F. X., & Kua, M. Y. (2023). Pengembangan soal ipas sekolah dasar berbasis higher order thinking skills. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(4), 722-735.

Nasution, M. F., & Darwis, U. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komputer Menggunakan Articulate Storyline 3 Pada Siswa Kelas IV Di SD Negeri 068074 Medan Denai. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(1), 45-54.

Purnawanto, A. T. (2022). Perencanakan pembelajaran bermakna dan asesmen Kurikulum Merdeka. Jurnal Pedagogy, 15(1), 75-94.

Putri, E. E., Akbar, M. T., & Lara, S. (2022). Pengembangan Instrumen Soal Berbasis Hots Pada Pelajaran Ipa Kelas IV Sekolah Dasar. Indonesian Research Journal on Education, 2(3), 1223-1229.

Rangkuti, CJS, & Sukmawarti, S. (2022). Problematika Pemberian Tugas Matematika Dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia , 2 (2), 593-600.

Sari, W., & Dwi, D. F. (2022). Pengembangan Instrumen Soal Hots Berbasis Pemecahan Masalah Pada Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku Di Kelas IV SD. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(4), 373-385.

Sukmawarti, Hidayat, & Putri, L. A. (2022). Workshop Worksheet Berbasis Budaya Bagi Guru Mi Jami’atul Qamar Tanjung Morawa. Pakmas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 202-207.

Ulum, A. R. (2020). Pengembangan Assesment HOTS (Higher Order Thinking Skills) Berbasis Pemecahan Masalah Pada Tema 6 Kelas V SD/MI (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Yamin, M., & Syahrir, S. (2020). Pembangunan pendidikan merdeka belajar (telaah metode pembelajaran). Jurnal ilmiah mandala education, 6(1).

Downloads

Published

2024-08-29

How to Cite

Nurhayati, N., & Dwi, D. F. (2024). Pengembangan Instrumen Soal IPAS Kelas IV Berbasis HOTS untuk Implementasi Kurikulum Merdeka di Yayasan Pendidikan Islam AL-Fauzi. ARMADA : Jurnal Penelitian Multidisiplin, 2(9), 862–871. https://doi.org/10.55681/armada.v2i9.1507