Pengaruh Penggunaan Media Big Book terhadap Hasil Belajar Tematik Tema Keberagaman Negeriku Kelas IV SD Negeri 153063 Patupangan Kecamatan Barus
DOI:
https://doi.org/10.55681/armada.v2i9.1502Keywords:
Big Book, Hasil Belajar, TematikAbstract
Tujuan penelitian ini, tujuan yang hendak dicapai yaitu untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Big Book terhadap hasil belajar Tematik Tema Keberagaman Negeriku Kelas IV SD Negeri 153063 Patupangan Kecamatan Barus Kabupaten Tapanuli Tengah Kurikulum Tahun 2013. Desain penelitian ini adalah penelitian Pre-Experimental Designs yaitu dalam bentuk One-Group Pretest-Postest Design. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 153063 Patupangan Kecamatan Barus Kabupaten Tapanuli Tengah Kurikulum Tahun 2013. Dalam penelitian ini objek yang diteliti berupa Penggunaan Media Big Book yang berdampak dengan Hasil Belajar Berdasarkan hasil analisis data dapat ditarik kesimpulan bahwa hasil belajar sebelum media pembelajaran Big Book diterapkan pada murid Kelas III SD Negeri 153063 Patupangan Kecamatan Barus Kabupaten Tapanuli Tengah Kurikulum Tahun 2013 diperoleh persentase hasil belajar Tematik Tema Keberagaman Negeriku Murid yaitu pada kategori sangat rendah 20%, rendah 35%, sedang 30%, tinggi 10% dan sangat tinggi 5%. etelah media pembelajaran Big Book diterapkan pada murid kelas III SD Negeri 153063 Patupangan Kecamatan Barus Kabupaten Tapanuli Tengah Kurikulum Tahun 2013 diperoleh persentase hasil belajar murid yaitu pada kategori sangat tinggi 55%, tinggi 40%, sedang 5%, rendah dan sangat rendah berada pada persentase 0,00%. Hasil analisis statistik inferensial dengan menggunakan rumus Uji-t, dapat diketahui bahwa nilai thitung sebesar 3,90 dengan frekuensi (dk) sebesar 20 – 1 = 19, pada taraf signifikan 0,05 diperoleh ttabel = 2,093. Jadi diperoleh thitung > ttabel atau 3,90 > 2,093 maka dapat disimpulkan H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti bahwa ada pengaruh penggunaan media pembelajaran Big Book terhadap hasil belajar Tematik Tema Keberagaman Negeriku Murid murid kelas III SD Negeri 153063 Patupangan Kecamatan Barus Kabupaten Tapanuli Tengah Kurikulum Tahun 2013.
Downloads
References
Aprizia, O. B. (2019). Pengembangan Media Big Book Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Kelas Tigas SD Negeri Pilang 02. Skripsi Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang.
Arsyad, A. (2019). Media Pembelajaran. Depok: PT Rajagrafindo persada.
Asyhar, R. (2020). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press.
Cahyadi, A. (2019). Pengembangan Media dan Sumber Belajar. Serang: Laksita Indonesia.
Chalijah, H. (2018). Dimensi-Dimensi Psikologi Pendidikan. Surabaya: AlIkhlas.
Djamarah, S. B., & Zain, A. (2020). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Duludu, U. (2017). Buku Ajar Kurikulum Bahan dan Media Pembelajaran PLS. Yogyakarta: Deeplubish.
Hadiana, L., Hadad, S., & Marliana, I. (2018). Penggunaan Media Big Book untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Kalimat Sederhana. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2).
Hamalik, O. (2014). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Hanafy, M. S. (2014). Konsep Belajar dan Pembelajaran. Lentera Pendidikan, 17(1).
Istarani, I., & Pulungan, I. (2019). Ensiklopedi Pendidikan. Medan: Media Persada.
Kadir, A & Asrohah, H. (2014). Pembelajaran Tematik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Lusiana, N. (2020). Pengembangan Media Big Book Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Nyaring Bahasa Indonesia Kelas II SDN Candirejo 01 Batang. Skripsi Akuntansi Fakultas Ekonomi UMSUUniversitas Negeri Semarang.
Mudlofir, A., & Rusydiyah, E. (2019). Desain Pembelajaran Inovatif (Dari Teori ke Praktik). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Muhibbin. (2016). Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Ningsih, A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Big Book Tema 6 Subtema 2 Untuk Siswa Kelas 1 SD Negeri 66 Pekanbaru. Skripsi Universitas Islam Negeri Riau.
Rahmawati, I. (2019). Pengaruh Media Big Book Terhadap Perkembangan Kemampuan Membaca Awal Pada Anak Kelompok B di Taman KanakKanak (TK) Namira School Kraksaan Probolinggo. Skripsi UIN Sunan Ampel.
Ricardo, & Rini, I. (2017). Impak Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2).
Sagala, S. (2016). Konsep Dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Santika, B. D. (2014). Model Tematik Bernuansa Kearifan Lokal Berbantuan Media Animasi Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Ipa Kelas III SD Negeri Gugus Kapten Japa. Jurnal Mimbar Pgsd Universitas Pendidikan Ganesha, 27-28
Setiawan, A., & Putria, A. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Setiyaningsih, G., & Syamsudin, A. (2019). Pengembangan Media Big Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 9(1).
Sinaga, M., S. (2020). Pengembangan Media Big Book Terhadap Kemampuan Memprediksi Bacaan Cerita di SD Muhammadiyah 28 Medan. Skripsi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-Faktor Yg Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sudaryono. (2017). Dasar-Dasar Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sudjana, N. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabeta.
Suharsimi, A. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT.Rineka Cipta.
Sumiharsono, S. (2018). Media Pembelajaran. Jember: CV Pustaka Abadi.
Sunhaji, S. (2019). Konsep Manajemen Kelas dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Kependidikan, 2(2).
Susanto. (2015). Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media.
Wahyunengsih, Y. (2019). Big Book Sebagai Alat Pengembang Media Literacy Dalam Konteks Budaya Lokal. Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Adi Putra Marbun, Dara Fitrah Dwi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.