Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Pendidikan Kewirausahaan terhadap Intensi Berwirausaha Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung

Authors

  • Alvando Nizar Umami Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung

DOI:

https://doi.org/10.55681/armada.v2i9.1490

Keywords:

Intensi Berwirausaha, Lingkungan Keluarga, Mahasiswa Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Kewiraushaaan

Abstract

Abstrak dibuat sebagai ringkasan singkat atas keseluruhan isi Akar dari tingginya tingkat pengangguran di usia produktif antara lain adalah paradigma berpikir lulusan yang masih berorientasi pada Job Seeker. Mayoritas lulusan perguruan tinggi lebih memilih bekerja sebagai karyawan/pekerja yang dibayar oleh suatu instansi tertentu dibandingkan dengan bekerja mandiri atau berwirausaha. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga dan pendidikan kewirausahaan terhadap intensi berwirausaha Mahasiswa Pendidikan Ekonomi di Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan menggunakan SPSS 27.0. Selanjutnya dilihat dari besar pengaruh lingkungan keluarga dan pendidikan kewirausahaan terhadap intensi berwirausaha didapatkan Adjusted R Square sebesar 73%, sehingga dapat dijelaskan bahwa lingkungan keluarga dan pendidikan kewirausahaan terhadap intensi berwirausaha. Sedangkan selisihnya 27% dipengaruhi oleh variabel lain. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwasanya lingkungan keluarga dan pendidikan kewirausahaan melalui uji secara parsial mempunyai pengaruh signifikan terhadap terhadap intensi berwirausaha. Sementara itu secara simultan didapatkan bahwa lingkungan keluarga dan pendidikan kewirausahaan terhadap intensi berwirausaha secara bersama-sama mempengaruhi intensi berwirausaha. Hasil penelitian ini memberikan implikasi bahwa faktor lingkungan keluarga dan pendidikan kewirausahaan adalah yang hal perlu diperhatikan untuk meningkatkan intensi berwirausaha Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ajzen, I,, & Feishbein, (2005), Attitudes, Personality, and Behavio, New York: Open University Press.

Alma, B, (2011), Kewirausahaan, Bandung: Alfabeta,

Amadea, P. T., & Riana, I. G. (2020). Pengaruh Motivasi Berwirausaha, Pengendalian Diri, Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Niat Berwirausaha. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 9(4), 1594. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2020.v09.i04.p18

Anggraeni, D. O. (2021). Pengaruh Antara Literasi Digital, Sikap Berwirausaha, Self-Efficacy, dan Lingkungan terhadap Niat Berwirausaha Mahasiswa. Journal of Business Theory and Practice, 10(2), 6. http://www.theseus.fi/handle/10024/341553%0Ahttps://jptam.org/index.php/ jptam/article/view/1958%0Ahttp://ejurnal.undana.ac.id/index.php/glory/articl e/view/4816%0Ahttps://dspace.uii.ac.id/bitstream/handle/123456789/23790/ 17211077 Tarita Syavira Alicia.pdf.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Bahri, S., & Trisnawati, N. (2021). Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Lingkungan Sosial terhadap Minat Berwirausaha melalui Pendidikan Kewirausahaan pada Siswa SMKN 10 Surabaya. Journal of Office Administration: Education and Practice, 1(2), 269–281. https://doi.org/10.26740/joaep.v1n2.p269-281

Barnawi, & Arifin, M. (2012). School preneurship membangkitkan jiwa dan sikap. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Basrowi. (2011). Kewirausahaan Untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Chaplin, J. (2004). Kamus Lengkap Psikologi,. (D. Kartini, Trans.) Jakarta: RajawaliPers.

Daniel, D., & Handoyo, S. E. (2021). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Lingkungan, Dan Motivasi Berwirausaha Terhadap Intensi Berwirausaha Mahasiswa. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 3(4), 944.https://doi.org/10.24912/jmk.v3i4.13436

Darmiati. (2021). Pengaruh Lingkungan Keluarga terhadap Minat Berwirausaha Pada Siswa SMK Negeri 1 Pangkep. 1–6.

Daryanto. (2012). Pendidikan Kewirausahaan. Yogyakarta: Gava Media.

Erwananda, N. H., Eryanto, H., Firdausi, R., & Wiranto, P. (2021). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Intensi Berwirausaha Dengan Motivasi Berwirausaha sebagai Variabel Intervening. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Administrasi Perkantoran Dan Akuntansi, 2663, 1-.

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Linan, F., & Chen, Y. W. (2009). Development and cross-cultural application of a specific instrumentto measure entrepreneurial intentions”. Entrepreneurship Theory and Practice, 593-617.

Mangkunegara, A. A. (2009). Perilaku Konsumsi. Bandung: PT. Refika Aditama.

Nailariza, U., Rohmat, D. C., & Yuniar, P. R. (2020). Pengaruh Enterpreneurship Cooperative Project Based Learning (Enco-Pjbl) Terhadap Peningkatan Kreatifitas Berwirausaha Mahasiswa Dalam Mata Kuliah Kewirausahaan. Jupeko, 5(2), 35–39.

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Soemanto, W. (2008). Pendidikan Wirawasta. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Sugiyono. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryana. (2010). Kewirausahaan: Pedoman Praktis Kiat dan Proses. Jakarta: Salemba Empat.

Syaifudin, A. (2019). Pengaruh Kepribadian, Lingkungan Keluarga, dan Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Akuntansi. Journal of Chemical Information and Modeling, 3, 1–18.

Wardani, V. K., & Nugraha, J. (2021). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Lingkungan Keluarga, Attitude Towards Entrepreneurship Terhadap Intensi Berwirausaha Melalui Self Efficacy. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(1), 79–100. https://doi.org/10.26740/jepk.v9n1.p79-100

Wibowo, B. (2019). Spirituality , Entrepreneurship Education and Entrepreneurial Intention among Moslem Undergraduate Students : Spiritual Well-Being Scaling Application. 5(2), 118–128.

Widjaja, A. (1986). Manusia Indonesia, Individu, Keluarga dan Masyarakat. Jakarta: CV. Akademika Pressindo.

Yusuf, S. (2012). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Zimmer, T. W. (2008). Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Kecil. Jakarta: Salemba Empat

Downloads

Published

2024-09-17

How to Cite

Umami, A. N. (2024). Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Pendidikan Kewirausahaan terhadap Intensi Berwirausaha Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung. ARMADA : Jurnal Penelitian Multidisiplin, 2(9), 724–736. https://doi.org/10.55681/armada.v2i9.1490