Pengembangan Media Gelas Angka pada Pembelajaran Matematika Materi Bilangan Bulat Kelas IV SD Negeri 064991 Jalan Bajak I Komp. Asrama Widuri Kecamatan Medan Amplas
DOI:
https://doi.org/10.55681/armada.v2i9.1479Keywords:
Bilangan Bulat, Gelas Angka, Matematika, Media PembelajaranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis gelas angka pada materi bilangan bulat untuk siswa kelas IV sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan mengadaptasi model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran gelas angka yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran matematika materi bilangan bulat di kelas IV sekolah dasar. Hal ini ditunjukkan dari hasil validasi ahli materi dan media yang mendapatkan kriteria "sangat baik". Selain itu, media pembelajaran gelas angka juga mendapatkan respon yang positif dari siswa dan guru. Media pembelajaran gelas angka dapat membantu siswa dalam memahami konsep bilangan bulat serta meningkatkan hasil belajar siswa.
Downloads
References
Bruner, J. (2000). Teori Perkembangan Kognitif. Yogyakarta: Kanisius.
Hudojo, H. (2000). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: UM Press.
Muhsetyo, G. (2008). Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Suherman, E. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA-Universitas Pendidikan Indonesia.
UU RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Permendiknas No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Fahra Azuhra Harahap, Dara Fitriah Dwi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.