Pengaruh Motivasi dan Konsep Diri terhadap Kemandirian Belajar Siswa SMP Negeri 2 Ngantru Tulungagung
DOI:
https://doi.org/10.55681/armada.v2i8.1454Keywords:
Motivasi, Konsep Diri, Kemandirian BelajarAbstract
Beberapa faktor yang mempengeruhi kemandirian belajar salah satunya motivasi dan konsep diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi dan konsep diri terhadap kemandirian belajar siswa SMP Negeri 2 Ngantru Tulungagung. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner) dengan sampel sebanyak 118 reponden. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) hasil analisis regresi linier berganda diperoleh suatu persamaan linier yaitu: Y = 21,394 + 0,424 X1 + 0,259 X2. (2) terdapat pengaruh secara parsial motivasi (X1) terhadap kemandirian belajar (Y) hal ini ditunjukkan dengan nilai thitung (7,954) > ttabel (1,980) dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, dan konsep diri (X2) terhadap kemandirian belajar (Y) hal ini ditunjukkan nilai thitung (2,894) > ttabel (1,980) dan nilai signifikansi 0,005 < 0,05. (3) terdapat pengaruh secara simultan motivasi (X1) dan konsep diri (X2) terhadap kemandirian belajar (Y) hal ini ditunjukkan dengan nilai fhitung (37,019) > ftabel (3,09) dan nilai signifikansi 0,000 > 0,05 dan besarnya pengaruh motivasi dan konsep diri terhadap kemandirian belajar (R2) sebesar 38,1% dan sisanya sebesar 61,9% dipengaruhi oleh variabel lain. Kesimpulannya terdapat pengaruh yang besarnya pengaruh motivasi dan konsep diri terhadap kemandirian belajar sebesar 38,1%.
Downloads
References
Azziza, Ferrari. “Pengaruh Konsep Diri dan Fasilitas Belajar Terhadap Kemandirian Belajar Pada Pembelajaran Darimh Selama Covid-19 Kelas X AKL SMKN 1 Ngawi.” Pendidikan Akuntansi, no. 1, 2020, hal. 61, https://journal.student.uny.ac.id/index.php/kpai/article/view/17684/17048.
Djaali. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2017.
Emmawati, Erna. Pengaruh Motivasi Belajar, Gaya Belajar, Dan Disiplin Belajar Terhadap Ke- mandirian Belajar Siswa Jurusan Akuntansi Di Smk Pgri 1 Mejobo Kudus. no. 1, 2023, hal. 9–17, doi:10.15294/baej.v4i1.61568.
Ghozali, Imam. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Progam IBM SPSS 23. Edisi 8, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2016.
Herman Anis. Faktor Yang Mempengaruhi Konsep Diri. https://hermananis.com/faktor-yang-mempengaruhi-konsep-diri/.
Isnawati, Nina, dan Samian. “Kemandirian Belajar Ditinjau Dari Kreativitas Belajar Dan Motivasi Belajar Mahasiswa.” Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, vol. 25, no. 1, 2017, hal. 128–44.
Kusumastuti, K. “Pengaruh Konsep Diri Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas Iv Sd Se-Gugus III Kecamatan Nganjuk Kabupaten Nganjuk Tahun Ajaran 2020/2021.” Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2021, hal. 250–64, https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pgsd/article/view/16791%0Ahttps://journal.student.uny.ac.id/index.php/pgsd/article/viewFile/16791/16221.
Khotimah, A. K. “Pengaruh Konsep Diri Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas Iv Sd Se-Gugus Ii Nanggulan, Kabupaten Kulon Progo.” Basic Education, 2020, hal. 191–99, https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pgsd/article/view/16791%0Ahttps://journal.student.uny.ac.id/index.php/pgsd/article/viewFile/16791/16221.
Sari.Ayu. Pengaruh Konsep Diri Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 2 Jatinegara. no. 1, 2023, hal. 1176–85.
Sinta, Alif, et al. KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2022 / 2023. 2023, hal. 670–83.
Trisnawaty, Syalma, et al. “Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas IX A SMP Sudirman Ambarawa.” Jurnal Wahana Konseling, vol. 5, no. 2, 2022, hal. 125–36, doi:10.31851/juang.v5i2.7891.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dea Lela Anggraeni, Imam Sukwatus Suja’i
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.