Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Lingkungan Sekolah terhadap Motivasi Siswa SMP Ma’arif Trenggalek dalam Melanjutkan Pendidikan pada Jenjang Berikutnya
DOI:
https://doi.org/10.55681/armada.v2i8.1452Keywords:
Lingkungan Keluarga, Lingkungan Sekolah, Motivasi, PendidikanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara lingkungan sekolah dan lingkungan keluarga terhadap motivasi siswa SMP Ma’arif Trenggalek dalam melanjutkan pendidikan pada jenjang berikutnya. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa SMP Ma’arif Trenggalek dengan sampel sejumlah 67 siswa.
Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan statistik. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari total 67 siswa SMP Ma’arif Trenggalek, 6 siswa memilih untuk tidak melanjutkan pendidikan.
Dari hasil pengujian hipotesis secara parsial variabel lingkungan keluarga berpengaruh signifikan terhadap motivasi melanjutkan pendidikan, variabel lingkungan sekolah berpengaruh signifikan terhadap motivasi melanjutkan pendidikan, dan secara simultan variabel lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap motivasi melanjutkan pendidikan.
Downloads
References
Cahyati, R., & Muchtar, P. B. (2019). Pengaruh Lingkungan Keluarga , Teman Sebaya , dan Prestasi Belajar Terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi Siswa SMK Negeri Bisnis dan Manajemen Kota Padang EcoGen. EcoGen, 2(September), 483–493.
Hasbullah. (2005). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta Rajawali Pers.
Solihat, S., Nurfitri, T., & Nawarini, A. (2020). Pengaruh Potensi Diri, Lingkungan Sekolah dan Tingkat Pendidikan Orang Tua terhadap Minat Siswa Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi di MAN Banyumas. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 2, 45–56.
Sugiyono. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan RnD. Alfabeta Bandung.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Reka Yulita Fitri, Moh. Gufron
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.