Analisis Komponen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Pembelajaran Tematik di SD Negeri 14 Sungai Raya di Kabupaten Kubu Raya

Authors

  • Suparman Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Barat
  • Dessy Setyowati Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Barat
  • Risdiana Andika Fatmawati Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Barat

DOI:

https://doi.org/10.55681/armada.v2i8.1446

Keywords:

Pembelajaran Tematik, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Abstract

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sebagai pedoman guru dalam mengajar sehingga pelaksanaannya bisa lebih terarah, sesuai dengan Kompetensi Dasar (KD) yang telah ditetapkan. Penelitian ini menggunakan metode teknik analisis data Kualitatif yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini memuat tentang komponen penyusunan RPP Tema 1 (indahnya  kebersamaan) yang terdiri dari 4 subtema yakni subtema1 (aku dan teman baru), subtema 2 (tubuhku) subtema 3 (aku merawat tubuhku) dan subtema 4 (aku  istimewa). Aspek yang diamati  terdiri dari 7 aspek yakni aspek 1 (identitas mata pelajaran), aspek 2 (rumusan indikator dan tujuan pembelajaran), aspek  3 (materi pembelajaran), aspek 4 (pemilihan pendekatan dan model pembelajaran), aspek 5 (kegiatan pembelajaran), aspek 6 (pemilihan sumber belajar) dan aspek ke 7 (penilaian belajar).  Dari 7 aspek tersebut tercerminkan dari besaran persentase 86% - 100% (pedoman penilaian). Dalam penyusunan komponen RPP pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar Negeri 14 Sungai Raya Di Kabupaten Kubu Raya berkategori “sangat baik”.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto. 2009. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi 6. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Ahmadi. 2001. Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Anam. 2017. Analisis Peran Kepala Sekolah dalam Menerapkan Manajemen Mutu Pendidikan di SDN Karangasem 06 Batang Tahun 2016/2017. Skripsi Thesis: Universitas Muhammadiyah Surakarta. Diakses dari Mei 2019 (http://v1.eprints.ums.ac.id/archive/etd/55332/17/).

Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Djamarah. 1996. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Daradjat. 2005. Pendidikan Islam dalam Keluarga dan Sekolah. Jakarta: Ruhama. Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Hidayatullah. 2010. Pendidikan Karakter: Membangun Peradaban Bangsa. Surakarta: Yuma Pustaka.

Hanafiah dan Cucu. 2012. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Refika Aditama.

Hasbullah. 2005. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan (edisi revisi). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Huwaydah. 2017. Analisis Pelaksanaan RPP dengan Pendekatan Saintifik Pada Mata Pelajaran SKI Kelas VII di Sekolah Nurul Islam Indonesia. Skripsi.

Jeanne. 2002. Psikologi Pendidikan Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang. Jilid 1 Jakarta: Erlangga.

Jatmika. 2005. Pemanfaatan Media Visual dalam Menunjang Pembelajaran Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia.

Kemendikbud. 2013. Lampiran Permendikbud Nomor 81A Tahun 2013 Tentang Implementasi Kurikulum Pedoman Umum Pembelajaran. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Kemendikbud. 2014. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 103 Tahun 2014 Pasal 2 Ayat 7 dan 8 Tentang Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Kemendikbud. 2016. Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.

Kosasih. 2005. Intisari Bahasa dan Sastra Indonesia SLTP. Bandung: CV Pustaka Setia.

Kurniasih dan Sani. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Yogyakarta: Kata Pena.

Kunandar. 2011. Guru Profesional. Jakarta: PT. Rajawali Press.

Komalasari. 2013. Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi. Refika Aditama. Bandung.

Mulyasa. 2012. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Munir. 2008. Kurikulum berbasis teknologi dan komunikasi.Bandung: ALFABETA. Muhammad. 2002. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Moleong. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.

Miles & Huberman. 1980. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia.

Nasution. 2012. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Notoatmodjo. 2012. Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Cetakan 2 Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Narimawati. 2010. Penulisan Karya Ilmiah. Bekasi: Genesis.

Nurzain. 2015. Analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Matematika Kurikulum 2013 Kelas X Semester 1 Tahun Ajaran 2014/2015 di MAN Babakan Tegal. Skripsi.

Omar. 2005. Falsafah At-Tarbiyah Al-Islamiyah, Terjemahan: Hasan Lunggalung, Jakarta: Bulan Bintang.

Oviana. 2017. Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Pendekatan Saintifik Oleh Guru SD dan MI di Kota Sabang. Skripsi.

Purwoko. 2001. Kegiatan Belajar Mengajar (Buku Paket PPL). Semarang: UNNES Press.

Rustam. 2005. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang: UM Press.

Roestiyah. 2001. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta.

Rohani dan Ahmadi. 1991. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta. Santoso. 1981. Psikologi Pendidikan. Jakarta: UI Press.

Sihes. 2015. Konsep Pembelajaran. Sistem. B. P. No Title 12. Suprihatiningrum. 2012. Srategi Pembelajaran. Yogyakarta: A-Ruzz Media. Sutikno. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Lombok: Holistica.

Sarwono. 1997. Psikologi Sosial. Individu dan Teori-Teori Psikologi Sosial. Jakarta: Balai Pustaka.

Supariasa. 2013. Pendidikan & Konsultasi Gizi untuk Anak Sekolah Dasar. Jakarta: EGC.

Sardiman. 2005. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sari. 2019. Analisis Kegiatan Pembelajaran Berbasis Pendekatan Saintifik di Kelas V Sekolah Dasar. Skripsi.

Silvia. 2019. Peran Guru dalam Implementasi Pembelajaran Pendekatan Saintifik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung. Skripsi.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: PT. Alfabeta.

Utami. 2015. Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Kurikulum 2013 Pada Siswa Kelas II SDN Prembulan, Pandowan, Galur, Kulon Progo, Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Uno. 2009. Teori Motivasi dan Pengukurannya (Analisis di Bidang Pendidikan). Jakarta: Bumi Aksara.

Undang-Undang RI Nomor. 2 Tahun 1989. Tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Penjelasannya, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. http://sumberdaya.ristekdikti.go.id/wp content/uploads/2016/02/uu-nomor-20- tahun-2003-tentang-Sisdiknas.pdf. (Diakses pada tanggal 02 Maret 2017, pukul 09.00 WIB).

Wahyu. 2008. Psikologi Pendidikan Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang. Jakarta: Erlangga.

Wetty. 2004. Pengembangan Silabus Berbasis Kompetensi dan Media Pembelajaran Bahasa Indonesia. Bandarlampung: Universitas Lampung.

Yunus. 2012. Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter Bandung: Refika Aditama.

Yusuf. 2000. Pengantar Ilmu Pendidikan, Jakarta: Balai Aksara. Edisi III.

Zubair. 2015. Kebermaknaan Pendidikan Sains dalam Pendekatan Saintifik. E- Buletin

Downloads

Published

2024-08-14

How to Cite

Suparman, S., Setyowati, D., & Fatmawati, R. A. (2024). Analisis Komponen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Pembelajaran Tematik di SD Negeri 14 Sungai Raya di Kabupaten Kubu Raya. ARMADA : Jurnal Penelitian Multidisiplin, 2(8), 573–583. https://doi.org/10.55681/armada.v2i8.1446