Menilik Problematika Human Trafficking di Provinsi NTT dalam Perspektif HAM Menurut Jhon Locke

Authors

  • Markus Sawu Mare Institut Filsafat dan Teknologi Kreatif Ledalero
  • Mario Carmelius Ndona Institut Filsafat dan Teknologi Kreatif Ledalero
  • Marianus Lodofikus Meo Institut Filsafat dan Teknologi Kreatif Ledalero

DOI:

https://doi.org/10.55681/armada.v2i5.1318

Keywords:

Hak Asasi Manusia, Human Trafficking, Jhon Locke

Abstract

Menurut perspektif HAM yang dilihat dari pemikiran John Locke, human trafficking di provinsi NTT dapat dipahami sebagai pelanggaran terhadap Hak Asasi Manusia. Locke mengemukakan bahwa setiap individu memiliki hak alami atas kebebasan dan hak untuk memiliki properti. Human Trafficking menghambat kebebasan individu dan seringkali melibatkan eksploitasi, yang bertentangan dengan prinsip-prinsip HAM yang dipegang oleh Locke. Jhon Locke menekankan pentingnya melindungi hak-hak individu, termasuk hak untuk hidup bebas dari eksploitasi dan perdagangan manusia. Oleh karena itu, dalam tulisan ini, kasus Human Trafficking di provinsi NTT sebagai pelanggaran terhadap hak asasi manusia yang mendasar, harus ditangani secara serius untuk menjaga martabat dan kebebasan individu.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Sumber Buku dan Artikel.

Bato, Kamilus. “Manusia Dibakar! HAM dan Keadilan Harus Ditegakkan(Perspektif Ham menurut Jhon Locke)”. Jurnal Ilmu Sosial, Vol. 2, No.1, Februari 2023.

Copleston, Frederick. Filsafat John Locke. Yogyakarta: Penerbit Basabasi, 2021.

Goma, Edwardus Iwantri. “Manusia yang dijadikan Komoditas: Fenomane Human Trafficking di Provinsi NTT”. Jurnal Populasi, Vol. 28, No.1, Mei 2020.

Karsa, Kiki dkk. “Pemikiran Hukkum John Locke dan Landasan hak Asasi Manusia”. Jurnal Kajian Kontemporer Hukum dan Masyrakat, Vol. 02, No.01, Januari 2024.

Manan, Bagir dan Susi Dwi Harijanti. “Konstitusi dan Hak Asasi Manusia”. Jurnal Ilmu Sosial, Vol. 3, No.3, Februari 2016.

Sumber Internet.

http://repo.iain-tulungagung.ac.id/6726/5/BAB%20II.pdf

www. Bps. Go.id

https://floresa.co/2018/04/12/kadis-tenaga-kerja-ntt-beberkan -alasan-maraknya-tki-ilegal/

https://m.kumparan.com/amp/berita-terkini/

Downloads

Published

2024-05-20

How to Cite

Mare, M. S., Ndona, M. C., & Meo, M. L. (2024). Menilik Problematika Human Trafficking di Provinsi NTT dalam Perspektif HAM Menurut Jhon Locke. ARMADA : Jurnal Penelitian Multidisiplin, 2(5), 334–339. https://doi.org/10.55681/armada.v2i5.1318