Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Keterampilan Proses Sains Tema 4 Kelas IV SD

Authors

  • Riana Kristiani Sipayung Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan
  • Dara Fitrah Dwi Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan

DOI:

https://doi.org/10.55681/armada.v2i3.1262

Keywords:

Bahasa Indonesia, Kesulitan Siswa, Menulis

Abstract

Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, yaitu  menggunakan metode penelitian eksperimen. Desain penelitian ini yaitu eksperimen kuasi (quasi experimental design) bentuk nonequivalent control group design. Bentuk ini merupakan pengembangan dari eksperimen murni (true experimental design). Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri 064972 Medan kelas pada tema 4 Kelas V SD tahun ajaran 2021/2022 yang berlokasi di Jl. Medan Amplas Patumbak.  Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 064972 Medan pada tahun ajaran 2022/2023 sebanyak 95 siswa yang berada dalam IV SD.Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Siswa kelas IV A  sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IV B sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian pengolahan data yang telah dilkukan oleh peniliti, yaitu hasil keterampilan proses sains peserta didik yang diajarkan dengan menggunakan model project based learning pada materi sumber energi di kelas IV SD 064972 medan. Bahwa pengaruh nilai rata-rata yang di capai peserta didik pada hasil keterampilan proses sains di kelas eskperimen meningkat sebesar 31.10 dengan varians sekitar 148.91 dan standar deviasi sekitar 12.20, berdasarkan hasil pretest kelas kontrol memiliki rata-rata 33,62 dengan varians 86,17 dan standar deviasi sekitar 9.28.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dara Fitrah Dwi, Jafri Haryadi, Muhammad Sabdana. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Menggunakan Media Power Point Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. Lambda: Jurnal Ilmiah Pendidikan Mipa Dan Aplikasinya, 2(1). 6-14.

Https://Doi.Org/10.58218/Lambda.V2il. 180

Hidayat, Sukmawarti, & Nurul Fadilah. (2022). Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas 5 Sd Dengan Menggunakan Chip Bilangan. p»7, 6(8.5.2017), 2003-2005.

Kartimi, Ria Yulia Gloria dan Ayani, "Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses dalam Pengajaran Biologi untuk Mengetahui Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Ekosistem Kelas VII di SMPN 1 Talun", Jurnal Scienttae Educatla, Volume 2 Edisi 1 (April 2013).

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Ilmu Pengetahuan Alam SMP/MTs Kelas VIII, (Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014)

Miftahul Huda, Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-lsu Metodis dan Paradigmatis, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2014)

Sudjana, N. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. PT. Remaja Rosdakarya.

Sukmawarti, A. J. P. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Sd Bernuansa Rumah Adat Melayu. MP Jurnal Inovasi Penelitian, 3(4), 5953-5962.

Sukmawarti, D. L. B. (2014). Jurnal Serambi Ilmu, Edisi Maret 2014 Volume 17 Nomor 2 67. 77,67-78.

Sukmawarti, Hidayat, & Lili Amelia Putri. (2022). Workshop Worksheet Berbasis Budaya bagi Guru MI Jami'atul Qamar Tanjung Morawa. PaKMas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 202-207.

https://doi.Org/l 0.54259/pakmas.v2il .848

Sukmawarti, S. K. (2020). Desain Asesmen Alternatif Matematika SD Sukmawarti! Siti Khayroiyah2 Email: sukmawarti@umnaw.ac.idAbstrak Kurikulum menekankan pencapaian kompetensi sikap , terpadu. Ada satu benang merah yang mengaitkan ketiga pencapaian kompetensi tersebut, yaitupe. 641-646.

Sukmawarti, Firmansyah, A. M. (2017). M guru cerdas geogebra. 1(2).

Sukmawarti, Hidayat, O. L. (2019). Implementasi Model Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, ^(volume 4), 886-894.

https://doi.org/10.23969/symmetry.v4i2.2061

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan dengan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2017.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2013.

Sugiyono. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta, 2016.

Sukmadinta, Nana Syaodih. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2011

Syaiful Sagala, Op.Cithttps://stp-mataram.e-journal.id/JIP/article/view/2022/l 573

Syaiful Sagala, Konsep dan Makna Pembelajaran untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar, (Bandung: Alfabeta2013).

Sudjana, N. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Pt. Remaja Rosdakarya.

Trianto, Model Pembelajaran Terpadu, Op. Cit.

Trianto, Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KPS), (Jakarta : Bumi Aksara, 2012).

Widayanto, "Pengembangan Keterampilan Proses dan Pemahaman Siswa Kelas X Melalui Kit Optik". Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, ISSN: 1693-1226 (Januari2019).

Zainal Aqib, Model-Model, Media dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif),

Downloads

Published

2024-03-24

How to Cite

Sipayung, R. K., & Dwi, D. F. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Keterampilan Proses Sains Tema 4 Kelas IV SD. ARMADA : Jurnal Penelitian Multidisiplin, 2(3), 239–247. https://doi.org/10.55681/armada.v2i3.1262