Penanaman Nilai-Nilai Kewirausahaan Berbasis Market Day pada Peserta Didik Pendidikan Dasar

Authors

  • Sarinikmah Universitas Patompo
  • Muhammad Rakib Universitas Negeri Makassar
  • Nurdin Universitas Patompo

DOI:

https://doi.org/10.55681/armada.v2i3.1243

Keywords:

Market Day, Nilai-Nilai Kewirausahaan, Penerapan, Peserta Didik

Abstract

Tujuan penelitian: (1) untuk mengetahui penerapan pembelajaran berbasis market day dalam menanamkan nilai-nilai kewirausahaan terhadap peserta didik kelas enam pada UPT SPF SD Negeri Kompleks IKIP I Makassar, dan (2) mengetahui nilai-nilai kewirausahaan yang ditanamkan terhadap peserta didik kelas VI melalui kegiatan berbasis market day. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi, teknik keabsahan data melalui triangulasi sumber. Hasil penelitian menujukkan bahwa (1) Penerapan pembelajaran berbasis market day dalam menanamkan nilai-nilai kewirausahaan terhadap peserta didik kelas VI UPT SPF SD Negeri Kompleks IKIP I Makassar dilakukan dengan mengintegrasikan nilai-nilai kewirausahaan dalam kurikulum pembelajaran berupa tema wirausaha dan penerapannya dalam bentuk materi pembelajaran serta model pembelajaran yang berbasis market day yang meliputi beberapa tahap, yaitu tahap perencanaan, tahap promosi, tahap produksi, pemasaran/penjualan, pelaporan atau bagi hasil dengan melibatkan peran guru, peserta didk, orang tua, serta seluruh warga sekolah sebagai pembeli, (2) nilai-niilai kewirausahaan yang dapat ditanamkan terhadap peserta didik kelas VI pada UPT SPF SD Negeri Kompleks IKIP I melalui kegiatan berbasis market day seperti, kreativitas, rasa percaya diri, jujur, kepemimpinan, da kerja sama.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alifuddin, Moh.,Razak, Mashur. 2015. Kewirausahaan teori dan Praktik. Strategi Membangun Kerajaan Bisnis. Magna Script Publishing. Jakarta.

Barnawi, dan Arifin M. (2012). Scholl Peneurship Membangkitkan Jiwa dan Sikap Kewirausahaan Siswa. Yogyakarta: ArRuzz Media.

Depdiknas. (2012). Pedoman Pendidikan Karakter Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta.

Depdiknas.

Febriyanti, F., Mulyadiprana, A., & Nugraha, A. 2021. Analisis Penanaman Nilai-Nilai Karakter Melalui Kegiatan Kewirausahaan “Market Day” di SD IT Abu Bakar Ash- Shiddiq. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(1), 231-240.

Hakim, Dikhrul. 2017. Pengembangan Pendidikan Kewirausahaan Berdasarkan Nilai-Nilai Budaya untuk Membentuk daya Saing dan Karakter Bangsa. Unipdu. http://journal.unipdu.ac.id/index.php/seminas/article/view/179#:~:text=Dhikrul% 20Hakim,Entrepreneurship%20education%20based

Jufri, Muhammad, Ahmad dan Zainuddin, Kurniai (2016). Pengembangan Panduan Permainan Kewirausahaan Berbasis Multimedia Digital pada Pendidikan Anak Usia Dini. Lembaga Penelitian Universitas Negei Makassar. Indonesia.

Rakib, Muhammad., Hasan, Muhammad, dkk. 2022. Pendidikan Kewirausahaan; Model Pendidikan Kewirausahaan. Tahta Media Group. https://www.researchgate.net/publication/362020827_PENDIDIKAN_KEWIRAU SAHAAN

Ramli, R. 2020. Penanaman nilai kewirausahaan melalui kegiatan market day di Sekolah Dasar Alam Ar-Rohmah Malang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas). 2010. Pengembangan Pendidikan Kewirausahaan . Bahan Pelatihan Pengembangan Pendidikan Kewirausahaan. Jakarta : Kemendiknas Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum.

Kin, Chaniago, dkk. 2020. Teman Baik. Rumah Media. Jakarta Selatan. http://repository.iainkudus.ac.id/6939/5/05.%20BAB%20II.pdf

Mashud, I. 2016. Membangun jiwa wirausaha siswa melalui kegiatan jual beli (analisis kegiatan market day sekolah dasar islam yakmi kota tangerang). In Prosiding seminar nasional inovasi pendidika

Sahabuddin, R. 2014. Transformasi dan Internalisasi Nilai-Nilai Kewirausahaan.

Carabaca. Makassar.

Setiawati, Nanda. Dkk. 2022. Implementasi Model Pembelajaran Market Day pada Orang Tua dan Peserta Dididk dalam Membangun Jiwa EntrepreneurSDN No 064983 Sampali Kec. Percut. https://jurnal.univpgripalembang.ac.id/index.php/JMKSP/article/download/1524/1 329

Suardi dan Samad, S. 2019. Internaiisasi Nilai Kewirausahaan Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional. Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat. UNM.

Suharyoto, L. S. 2017. Menanamkan Nilai Kewirausahaan Melalui Kegiatan Market Day. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini,

Suryana. 2013. Kewirausahaan: Kiat dan Proses Menuju Sukses. Salemba Empat. Jakarta

Tedjasustina, Ating, 2004. Memahami Kewirausahaan SMK.Bandung: CV Armico. Zultiar, I., & Siwiyanti, L. (2017). Menumbuhkan Nilai Kewirausahaan Melalui Kegiatan Market Day. Jurnal Ilmiah Ilmu Ekonomi (Jurnal Akuntansi, Pajak dan Manajemen)

Downloads

Published

2024-03-20

How to Cite

Sarinikmah, S., Rakib, M., & Nurdin, N. (2024). Penanaman Nilai-Nilai Kewirausahaan Berbasis Market Day pada Peserta Didik Pendidikan Dasar. ARMADA : Jurnal Penelitian Multidisiplin, 2(3), 179–194. https://doi.org/10.55681/armada.v2i3.1243