Koordinasi Penanggulangan Bencana Banjir oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Sosial Kota Cimahi

Authors

  • Imas Sumiati Universitas Pasundan
  • Rifki Khairul Arifin Universitas Pasundan

DOI:

https://doi.org/10.55681/armada.v2i2.1208

Keywords:

Banjir, Koordinasi, Penanggulangan

Abstract

Banjir hampir terjadi di sebagian besar wilayah Indonesia, termasuk di Kota Cimahi . Penyebab banjir di Cimahi lebih dikarenakan faktor perilaku manusia, yaitu alih fungsi lahan yang masif. Peran pemerintah daerah dalam penanggulangan bencana alam merupakan kewajiban bagi pemerintah dan merupakan suatu sistem yang diperlukan setiap daerah sebagai organ yang menyangkut keselamatan dan keamanan bagi setiap orang. Akan tetapi dalam mengantisipasi semua itu sebelum terjadi hingga menyebabkan kerugian materi bahkan kehilangan nyawa sekaligus. Salah satu tujuan penanggulangan bencana adalah menjamin terselenggaranya penanggulangan bencana secara terencana, terpadu, terkoordinasi, dan menyeluruh. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) merupakan lembaga yang memiliki kewenangan untuk melaksanakan tugas dan fungsi penanggulangan bencana di daerah serta melakukan pengkoordinasian external kelembagaan dengan instansi terkait penanggulangan bencana.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Yaitu dengan menganalisis berbagai literatur serta hasil penelitian dari peneliti terdahulu. Adapun fokus dalam penelitian ini yaitu melakukan analisis terhadap koordinasi yang dilakukan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Dinas Sosial Kota Cimahi.

Komunikasi BPBD dan Dinas Sosial Koordinasi berarti kerjasama, maka dalam kerjasama ini terdapat suatu hubungan atau komunikasi. Cara komunikasi haruslah dilakukan sebagai sesuatu yang harus ada dalam setiap kegiatan, sehingga setiap informasi yang memerlukan koordinasi dapat disalurkan. Koordinasi yang dilakukan antara BPBD dengan Dinas Sosial Kota Cimahi belum bisa dikatakan optimal karena jarangnya melakukan pertemuan atau rapat antar instansi yang terkait penyelesaian persoalan-persoalan penanggulangan bencana karena kesibukan antara masing-masing pihak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

BNPB. (2020b). Data Informasi Bencana Indonesia. Retrieved from https://bnpb.cloud/dibi/ laporan5a, on 10 october, 2023.

Hadiningrat, Soewarno. 2000. Pengantar Ilmu dan Administrasi Manajemen. PT Gunung Agung, Yogyakarta.

KLHK. (2018). Data dan Informasi Pemetaan Tematik Kehutanan Indonesia: Penutupan Lahan Indonesia, Deforestasi Indonesia, Moratorium Hutan Alam Primer dan Lahan Gambut. Booklet Informasi Pemetaan Tematik Kehutanan Indonesia.

Nogi Heseel, Tangkilisan. 2004. Kebijakan Dan Managemen Otonomi Daerah. Yogyakarta: Lukman Offset.

SLHD Kota Cimahi, 2016, Status Lingkungan Hidup Kota Cimahi Tahun 2016, Pemerintah Kota Cimahi, Cimahi

Sulaeman, D., Pradana, A., & Hamzah, H. (2019, July 31). 3 Faktor Utama Penyebab Banjir di Indonesia dan Bagaimana Mencegahnya. Retrieved from https://wriindonesia.org/id/blog/3-faktorutama-penyebab-banjir-di indonesiadanbagaimanamencegahnya, on 10 october 2023.

Sulaeman, D., Pradana, A., & Hamzah, H. (2019, July 31). 3 Faktor Utama Penyebab Banjir di Indonesia dan Bagaimana Mencegahnya. Retrieved from https://wriindonesia.org/id/blog/3-faktorutama-penyebab-banjir-di- indonesiadanbagaimanamencegahnya, on 10 october 2023.

Downloads

Published

2024-02-19

How to Cite

Sumiati, I., & Arifin, R. K. (2024). Koordinasi Penanggulangan Bencana Banjir oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Sosial Kota Cimahi. ARMADA : Jurnal Penelitian Multidisiplin, 2(2), 132–140. https://doi.org/10.55681/armada.v2i2.1208