Analisis Strategi Peningkatan Pelayanan Administrasi Kependudukan Melalui Aplikasi Alpukat Betawi di Kelurahan Warakas, Jakarta Utara

Authors

  • Suprapti Widiasih Institut Ilmu Sosial dan Manajemen STIAMI
  • Deni Malik Institut Ilmu Sosial dan Manajemen STIAMI
  • Ninda Maulida Institut Ilmu Sosial dan Manajemen STIAMI

DOI:

https://doi.org/10.55681/armada.v2i1.1152

Keywords:

Aplikasi Alpukat Betawi, Pelayanan Publik, Strategi

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya strategi pelayanan pada aplikasi alpukat Betawi sehingga masyarakat tidak memahami penggunaan dan fitur alpukat Betawi dengan baik sehingga dapat menyebabkan banyak file gagal diproses. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis strategi yang dimiliki desa Warakas dalam meningkatkan pelayanan publik melalui penerapan alpukat Betawi dan mengetahui entitas penghambat serta upaya yang dilakukan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari wawancara, informan, dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan dalam meningkatkan pelayanan

melalui aplikasi alpukat Betawi harus memiliki strategi yang baik dan benar. Desa Warakas hanya berhasil menjalankan satu strategi yaitu strategi pembangunan struktural dalam meningkatkan pelayanan melalui aplikasi alpukat Betawi tanpa keluar dari yang utama sudah ada dan menjalankan visi misi Desa Warakas. Dimensi lainnya seperti strategi pengembangan atau penyederhanaan sistem prosedur dengan pelayanan kepada masyarakat masih belum dinilai tercapai.

Strategi pembangunan infrastruktur dinilai masih kurang dalam penyediaan sarana dan prasarana pendukung. Pengembangan strategi budaya dinilai masih kurang optimal dalam melakukan sosialisasi tentang penerapan alpukat Betawi. Strategi pengembangan kewirausahaan belum tercapai.

Downloads

Download data is not yet available.

References

BUKU

Abdullah, H. A. (2019). Kepemimpinan, Budaya Organisasi dan Pelayanan Publik. Serang - Banten: CV. AA. RIZKY.

Arifudin, O., Tanjung, R., & Sofyan, Y. (2020). Manajemen Strategik Teori Dan Imlementasi. Manajemen Strategik Teori Dan Imlementasi, 177.

Drs. Chairil Anwar Pohan, M. M. (2014). Pembahasan Komprehensif PENGANTAR PERPAJAKAN Terori dan Konsep Hukum Pajak. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Dwiyanto. (2005). Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Engel. (2014). gabungan Teori Administrasi. In Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents.

Hardiyansyah. (2011). Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gava Media.

Moenir. (2015). Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Mukarom, zaenal dan M. W. L. (2016). Membangun Kinerja Pelayanan Publik (A. B. Saebani (ed.); 1st ed.). CV Pustaka Setia.

Mulyadi, M. (2016). Metode Penelitian Praktis : KUANTITATIF dan KUALITATIF (D. M. Romas (ed.); Cetakan II). Publica-Institute.

Mulyadi, M. (2020). Metode Penelitian Praktis KUANTITATIF & KUALITATIF (T. Rahmayanti (ed.); Cetakan IV). Publica-Institute.

Nawi, R. (2017). Perilaku Kebijakan Organisasi. Makassar: CV SAH MEDIA.

Osborne, David dan Peter Plastrik. 2001.Memangkas Birokrasi. Jakarta: PPM.

Pasolong, H. (2007). Teori Administrasi Publik. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2024-01-23

How to Cite

Widiasih, S., Malik, D., & Maulida, N. (2024). Analisis Strategi Peningkatan Pelayanan Administrasi Kependudukan Melalui Aplikasi Alpukat Betawi di Kelurahan Warakas, Jakarta Utara. ARMADA : Jurnal Penelitian Multidisiplin, 2(1), 87–93. https://doi.org/10.55681/armada.v2i1.1152