PELATIHAN POTENSI DESA (PEPAYA DAN UBI JALAR) DAN PENGUATAN KAPASITAS BUMDES BALU

Authors

  • Fransina Nomleni Universitas Kristen Artha Wacana
  • Gabriela Elysia Hetharia Universitas Kristen Artha Wacana

DOI:

https://doi.org/10.55681/swarna.v2i11.987

Keywords:

Pelatihan, Abon Pepaya, Manajemen BUMDes, Peningkatan BUMDes

Abstract

Pengolahan Abon pepaya dan keripik ubi jalar ini dapat mendorong pengelolaan dan peningkatan kapasitas BUMDes sebagai produk yang dijadikan salah satu alternatif pemanfaatan potensi lokal dalam peningkatan BUMDes. Hal ini juga dapat meningkatkan penanganan Kesehatan dan ketahanan ekonomi dan pangan keluarga. Pelatihan diharapkan adanya peningkatan kapasitas BUMDes serta meningkatnya taraf hidup masyarakat. Penguatan ekonomi masyarakat melalui penggalian potensi Desa. Target yang dihasilkan produk Abon Pepaya dan keripik ubi berbagai rasa. Tujuan dari PKM DPL menghasilkan peningkatan kapasitas BUMDes, peningkatan pengetahuan pembuatan Abon Pepaya dan keripik dengan berbagai rasa dan peningkatan kerjasama UKAW dan mitra. Metode yang digunakan: penyuluhan dan penyadaran dan manajemen Bumdes, pengelolaan produk, rancangan produk (pengemasan), pemasaran dan pendampingan berkelanjutan. Hasilnya dari kegiatan ini adalah adanya kesadaran dari para aparat Desa dalam hal ini pengurus BumDes untuk memajukan pengurusan dan pengelolaan BumDes yang sudah terbentuk namun tidak berjalan dengan baik. Adanya juga peningkatan pemahaman dan pengetahuan serta keterampilan dalam pengelolaan abon pepaya dan kripik bagi ibu-ibu di Desa Balu maupun pengurus BumDes untuk meningkatkan pengelolaan BumDes.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agunggunanto, E. Y., Arianti, F., Kushartono, E. W., & Darwanto, D. (2016). Pengembangan desa mandiri melalui pengelolaan badan usaha milik desa (BUMDes). Jurnal Dinamika Ekonomi & Bisnis, 13(1).

Fithriyana, E. (2020). Pengolahan Produk Berbahan Dasar Buah Pepaya Sebagai Upaya Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Pedesaaan. AL-UMRON: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 1-9.

Panjaitan, H., Telaumbanua, F., & Siswanto, R. I. (2019). Pengolahan Abon Ikan Bandeng Desa Karangcangkring, Kecamatan Dukun, Gersik. Jurnal Abdikarya: Jurnal Karya Pengabdian Dosen dan Mahasiswa, 3(1), 28-33.

Suyanti, Setyadjit, & Arif, A. B. (2012). Produk diversifikasi olahan untuk meningkatkan nilai tambah dan mendukung pengembangan buah pepaya (Carica pepaya L) di Indonesia. Buletin Teknologi Pasca Panen, 8(2), 62.

Downloads

Published

2023-11-09

How to Cite

Nomleni, F., & Hetharia, G. E. (2023). PELATIHAN POTENSI DESA (PEPAYA DAN UBI JALAR) DAN PENGUATAN KAPASITAS BUMDES BALU. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(11), 1091–1095. https://doi.org/10.55681/swarna.v2i11.987