PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DAN FUN GAMES BAGI ANAK BERBASIS MEDIA ICT BAGI GURU TKIT AL KAUTSAR MEJOBO KUDUS
DOI:
https://doi.org/10.55681/swarna.v2i10.951Keywords:
Pembelajaran Bahasa Inggris, Fun Games, Media ICTAbstract
Program pengabdian ini merupakan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) yang bermitra dengan Guru TKIT Al Kautsar Mejobo Kudus. Tim bersama dengan mitra menyepakati setidaknya terdapat empat bidang garapan yaitu 1) Pelatihan Pembelajaran Bahasa Inggris, 2) Pendampingan Pembelajaran Bahasa Inggris, dan 3) Strategi Fun Games. Pada aspek kompetensi tim fokuskan pada dua bidang, yaitu kompetensi pembelajaran dan strategi pembelajaran. Namun dari keseluruhan aspek permasalahan yang ada lebih fokus pada peningkatan SDM atau kompetensi para guru TKIT Al Kautsar Mejobo Kudus. Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut, tim bersama mitra mengadakan pelatihan dan pendampingan Pembelajaran Bahasa Inggris dan Fun Games berbasis media ICT yang ditujukan kepada guru TKIT Al Kautsar Mejobo Kudus. Adapun pelaksanaannya menggunakan metode pelatihan dan pendampingan dengan tahapan 1) sosialisasi, 2) pembekalan dan pendampingan, 3) implementasi model pembelajaran Pembelajaran Bahasa Inggris dan Fun Games Bagi Anak Berbasis Media ICT, 4) pendataan hasil kegiatan, dan 5) monitoring dan evaluasi. Dalam pembekalan kompetensi mengajar, tim pelaksana menggunakan IPTEK berupa Pembelajaran berbasis Media ICT. Sedangkan Guru TKIT Al Kautsar dalam pelaksanaan program ini adalah sebagai mitra tim pelaksana yang membantu menyiapkan peserta, tempat dan sarana prasarana sekaligus menjadi peserta pelatihan dan pendampingan. Hasil pelatihan menunjukkan guru TK IT Al Kautsar sangat antusias mengikuti kegiatan dan menyatakan kesiapan untuk melaksanakan dan mengimplementasikan pada kegiatan pembelajaran di kelas. Selanjutnya akan dilaksanakan monitoring kegiatan implementasi pada pembelajaran pada akhir bulan Oktober 2023.
Downloads
References
Kumar, T. (2023). Incorporating Technology as a Tool Into English Language Teaching and Learning. In Handbook of Research on Learning in Language Classrooms Through ICT-Based Digital Technology (pp. 54-67). IGI Global. http://dx.doi.org/10.4018/978-1-6684-6682-7.ch005
Marwa, M., & Andriani, R. (2023). Persepsi Guru Bahasa Inggris terhadap Pemanfaatan Dan Tantangan Penggunaan Tik di SMA Sederajat di Pekanbaru. In SeNaSPU: Seminar Nasional Sekolah Pascasarjana (Vol. 1, No. 1, pp. 53-65).
Rokhayani, A., Rukmini, D., Hartono, R., & Linggar, D. A. (2021). Implementasi Information Communication Technology (ICT) Berbasis Human-to-Human Interaction dalam Pembelajaran Grammar. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS) (Vol. 4, No. 1, pp. 151-156).
Rokhayani, A., Rukmini, D., Hartono, R., & Mujiyanto, J. (2022). Integrating Technology in Online Learning Based on Computer-Mediated Communication Artificial Intelligence to Improve Students' Achievement. Journal of Higher Education Theory & Practice, 22(15). https://doi.org/10.33423/jhetp.v22i15.5575
Safitri, A. D., Sulami, A., Safitri, J., & Hartanti, D. (2023). Perancangan aplikasi belajar bahasa inggris berbasis website. TEKNOSAINS: Jurnal Sains, Teknologi dan Informatika, 10(1), 20-29. https://doi.org/10.37373/tekno.v10i1.253
Suganda, P. I., Santosa, M. H., & Suprianti, G. A. P. (2023). Literacy-Based Instruction with ICT on English Learning in Junior High School. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran (JINOTEP): Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 10(1), 12-23. http://dx.doi.org/10.17977/um031v10i12023p012
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.