DIGITALISASI UMKM MELALUI PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DAN GOOGLE MAPS UNTUK MENINGKATKAN VISIBILITAS DAN EFEKTIFITAS PENYEBARAN INFORMASI BISNIS

Authors

  • Emha Diambang Ramadhany Universitas dr. Soebandi
  • M Habibullah Arief Universitas dr. Soebandi
  • Derik Maulana Nugroho Universitas dr. Soebandi
  • Nadya Faizatul Laily Universitas dr. Soebandi

DOI:

https://doi.org/10.55681/swarna.v2i9.875

Keywords:

Digitalisasi, UMKM, Local Directory, Google Maps, Digital Marketing

Abstract

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan jenis usaha yang dapat memberdayakan seseorang atau kelompok dengan skala usaha yang relatif kecil. UMKM memiliki peranan penting dalam perekonomian negara. UMKM di satu daerah akan mempengaruhi suatu ekonomi di satu daerah tersebut. Meskipun skala kecil, UMKM tidak lepas dari masalah yang perlu diatasi atau hal yang perlu ditingkatkan. Jenis usaha UMKM terbilang mapan dari jaman dahulu hingga sekarang. Untuk mengikuti arus perkembangan jaman industri 4.0, UMKM dapat mengadopsi teknologi informasi sebagai support system dalam operasionalnya. Pelaku UMKM umumnya cenderung mementingkan profit daripada skalabilitas dan visibilitas. Penggunaan teknologi informasi diharapkan mampu meningkatkan visibilitaas UMKM dan skalabilitas bisnis. Sebagai pelaku UMKM juga harus mengikuti perkembangan penggunaan teknologi informasi yang mendukung visibilitas bisnisnya. Hal ini mendukung untuk dilakukan penyuluhan dan pelaksanaan digitalisasi UMKM melalui google maps untuk visibilitas bisnis dengan foto produk yang layaknya profesional serta penggunaan media sosial sebagai showcase produk dan jasa UMKM. Setelah kegiatan ini terlaksana, diharapkan pengetahuan dan kemampuan pelaku bisnis meningkat dan dapat memanfaatkan teknologi informasi secara berkesinambungan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bouwman, H., Nikou, S., & de Reuver, M. (2019). Digitalization, business models, and SMEs: How do business model innovation practices improve performance of digitalizing SMEs? Telecommunications Policy, 43(9), 101828. https://doi.org/10.1016/J.TELPOL.2019.101828

BPS Jember. (2012). Usaha Mikro Kecil Non Pertanian Kabupaten Jember menurut Golongan Kegiatan Ekonomi Tahun 2012. Badan Pusat Statistik Jember. smb://127.0.0.1/Google Drive/My Drive/UDS/Pengabdian masy/2023/BPS jember 2015 UMKM.xls

Direktorat jenderal kekayaan intelektual. (2022, October). Dorong Pemulihan Ekonomi Kabupaten Jember melalui Diseminasi Kekayaan Intelektual. https://www.dgip.go.id/artikel/detail-artikel/dorong-pemulihan-ekonomi-kabupaten-jember-melalui-diseminasi-kekayaan-intelektual?kategori=liputan-humas

Fauziyyah, P. A., Rashinda, F. A., & Arif, L. (2023). Pembuatan NIB Dan Aplikasi Google Maps Dalam Pengembangan UMKM Desa Kebondalem Kabupaten Jombang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 4(3), 1837–1847. https://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jpkm/article/view/1214/903

Franco, M., Godinho, L., & Rodrigues, M. (2021). Exploring the influence of digital entrepreneurship on SME digitalization and management. Https://Doi.Org/10.1080/13215906.2021.1938651, 28(3), 269–292. https://doi.org/10.1080/13215906.2021.1938651

Michael Adu Kwarteng, Diego Fernando Plata Lerma, Mark Ratilla, & Lukas Zlamal. (2022). Extending the UTAUT model to understand the barriers towards SME digitalization in the Czech Republic. Serbian Journal of Management, 17(22), 403–424. https://doi.org/10.5937/sjm17-37629

Prameswari, N. S., Widagdo, P. B., & Sugiarto, E. (2019). Perluasan Jaringan Pemasaran melalui Kemitraan dengan Marketplace bagi PKL Dampak Relokasi Pemkot Surakarta. Citra Dirga: Jurnal Desain Komunikasi Visual Dan Intermedia, 1(2), 1–8.

Soelaiman, L., & Utami, A. R. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Adopsi Media Sosial Instagram Dan Dampaknya Terhadap Kinerja Umkm. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 5(1), 124. https://doi.org/10.24912/jmieb.v5i1.11104

Downloads

Published

2023-09-21

How to Cite

Ramadhany, E. D., Arief, M. H., Nugroho, D. M., & Laily, N. F. (2023). DIGITALISASI UMKM MELALUI PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DAN GOOGLE MAPS UNTUK MENINGKATKAN VISIBILITAS DAN EFEKTIFITAS PENYEBARAN INFORMASI BISNIS. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(9), 969–974. https://doi.org/10.55681/swarna.v2i9.875