IMPLEMENTASI MANAJEMEN FASILITAS DAN KESELAMATAN DI PUSKESMAS CAMPUREJO KOTA KEDIRI

Authors

  • Rini Hidayat Institut Ilmu Kesehatan Strada Indonesia
  • Kesi Wahyuwidarti Institut Ilmu Kesehatan Strada Indonesia
  • Nofiyanti Dwi Prihantini Institut Ilmu Kesehatan Strada Indonesia
  • Rossalia Widya Qadrin Institut Ilmu Kesehatan Strada Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55681/swarna.v2i9.864

Keywords:

Fasilitas, Keselamatan & Manajemen

Abstract

Puskesmas merupakan salah satu fasilitas pelayanan kesehatan yang bertanggung jawab menyelenggarakan upaya kesehatan baik promotif, preventif, kuratif maupun rehabilitatif di suatu wilayah kerja puskesmas. Salah satu tempat yang digunakan untuk menyelenggarakan upaya pelayanan kesehatan adalah Puskesmas yang menyelenggarakan Pelayanan Kesehatan harus mengutamakan kesehatan, keamanan, keselamatan pasien, petugas, pengunjung, dan lingkungan kerja. Dalam penugasan residensi ini bertujuan untuk memberikan gambaran keseluruhan mengenai implementasi Manajemen Fasilitas dan Keselamatan(MFK)di Puskesmas Campurejo Kota Kediri. Metode pelaksanaan kegiatan dilakukan dengan memberikan sosialisasi MFK diruang pertemuan Puskesmas Campurejo kota kediri. Yang mana dalam sosialisasi tersebut dilakukan pretes dan post tes untuk mengukur pemahaman peserta dan memberikan umpan balik dengan memberikan bantuan sarana dukung program MFK. Berdasarkan hasil post tes saat sosialisasi ,puskesmas Campurejo sudah memahami manajemen fasilitas keselamatan, akan tetapi masih terdapat beberapa kekurangan sarpras untuk meningkatkan keselamatan baik untuk pasien maupun petugas sendiri. Dengan kondisi tersebut maka penulis ingin menerapkan strategi dalam meningkatkan implementasi manajemen fasilitas dan keselamatan di Puskesmas Campurejo Kota Kediri. Program Manajemen Fasilitas dan Keselamatan (MFK) memperkuat standar fasilitas dan keselamatan. Budaya keselamatan dibangun melalui edukasi berkelanjutan, memastikan aktivitas aman.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ulumiyah, N.H. (2018). Meningkatkan mutu pelayanan kesehatan dengan penerapan upaya keselamatan pasien di puskesmas. Jurnal administrasi Kesehatan. 6(2), 150. doi 10.20473/jaki. v6i2.2018.149-155.

Ferial, L., & Nova, W. (2022). Mutu pelayanan kesehatan meningkat dengan menerapkan keselamatan pasien di puskesmas. Jurnal JOUBAHS. 2(1), 39.

Suranto, D., Chriswardani, S., & Yuliani, S. (2020). Analisis budaya keselamatan pasien pada berbagai tenaga kesehatan di RSUD dr. Soediran mangun sumarso Kabupaten Wonogiri. Jurnal Manajemen Kesehatan Indonesia, 8(1), 49.

Peraturan Pemerintah No.47 Tahun 2016 tentang Fasilitas Pelayanan. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/5768/pp-no-47-tahun-2016

Peraturan Pemerintan No.88 Tahun 2019 tentang Kesehatan Kerja. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/128642/pp-no-88-tahun-2019

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No.11 Tahun 2017 tentang Keselamatan Pasien. https://www.kemhan.go.id/itjen/2017/03/13/peraturan- menteri-kesehatan-republik-indonesia-nomor-11-tahun-2017-tentang- keselamatan-pasien.html Peraturan Menteri Kesehatan No.27

Tahun 2017 tentang Pedoman Pencegahan Dan Pengendalian Infeksi Di Fasilitas Pelayanan Kesehatan. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/112075/permenkes-no-27-tahun-2017

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No.54 Tahun 2015 tentang Pengujian Dan Kalibrasi Alat Kesehatan. https://peraturan.bpk.go.id/Download/107180/Permenkes%20Nomor%2054%20 Tahun%202015.pdf

Downloads

Published

2023-09-13

How to Cite

Hidayat, R., Wahyuwidarti, K., Prihantini, N. D., & Qadrin, R. W. (2023). IMPLEMENTASI MANAJEMEN FASILITAS DAN KESELAMATAN DI PUSKESMAS CAMPUREJO KOTA KEDIRI. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(9), 942–947. https://doi.org/10.55681/swarna.v2i9.864