PELATIHAN BRANDING KOPI GUNUNG SAWAL BERBASIS WEBSITE TERINTEGRASI DI DESA SUKAMAJU

Authors

  • Irfan Nursetiawan Universitas Galuh
  • Faizal Haris Eko Prabowo Universitas Galuh
  • Dini Yuliani Universitas Galuh
  • Asep Abdul Rohman Universitas Galuh

DOI:

https://doi.org/10.55681/swarna.v2i9.848

Keywords:

Branding Kopi, Website, Pemasaran Online, Desa

Abstract

Pelatihan Branding Kopi Gunung Sawal berbasis website terintegrasi di Desa Sukamaju Kecamatan Cihaurbeuti Kabupaten Ciamis bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan petani kopi dan BUMDes Maju Mandiri dalam memasarkan produk mereka secara daring. Melalui pelatihan ini, mitra akan belajar cara memanfaatkan website sebagai alat branding yang efektif, menciptakan konten menarik, dan membangun identitas merek yang kuat untuk Kopi Gunung Sawal. Dengan pendekatan inovatif ini, mitra dapat meningkatkan visibilitas dan penjualan produk mereka secara nasional maupun internasional, yang pada gilirannya akan mendukung pertumbuhan ekonomi lokal dan kesejahteraan masyarakat. Metode yang digunakan, yakni pelatihan dan Focus Group Discussion yang meliputi: (1) observasi pendahuluan; (2) pelatihan pembuatan konten website; (3) pelatihan strategi pemasaran online; dan (4) evaluasi dan pengembangan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afifi, M., Bagus Singandaru, A., Alwi, M., & Ismiwati, B. (2022). Peningkatan Hasil Panen dan Kualitas Hidup Petani Kopi Dengan Pola Pemberdayaan (Studi Kasus di Desa Rempek, Kabupaten Lombok Utara) (Vol. 4, Issue 2). https://doi.org/https://doi.org/10.29303/e-jep.v4i2.62

Christine, A., Sheyoputri, A., Azuz, F., & Abriana, A. (2022). Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Tamaona Kecamatan Tombolo Pao Kabupaten Gowa Melalui Pengolahan Biji Kopi Menjadi Kopi Bubuk. Jurnal Dinamika Pengabdian, 7(2), 301–309. https://doi.org/https://doi.org/10.20956/jdp.v7i2.20845

Dewi, M. H. U., Fandeli, C., & Baiquni, M. (2013). Pengembangan Desa Wisata Berbasis Partisipasi Masyarakat Lokal Di Desa Wisata Jatiluwih Tabanan Bali. In KAWISTARA (Vol. 129, Issue 2). https://journal.ugm.ac.id/jikfkt/article/view/57462

Dewi Puspitasari, O., Kadir, M., Ramli, H (2022). Analisis Strategi Pengembangan Agribisnis Terpadu Kopi Arabika Di Kabupaten Enrekang. Jurnal Ilmiah Hospitality, 11(1), 1–9. https://doi.org/https://doi.org/10.47492/jih.v11i1.1919

Diana, Y., Rahayu, S., & Zannah, A. (2023). Pengaruh Pelatihan Kewirausahaan Dan Pemasaran Digital Terhadap Peningkatkan Ekonomi Masyarakat Di Desa Kelambir Lima. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 6(1), 1–14. https://doi.org/10.30596/maneggio.v6i1.14534

Gobel, C. Y., & Adam, N. (2021). E-Commerce Pemasaran Hasil Panen Komoditas Pertanian Menerapkan User Centered Design. JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA, 5(4), 1519–1527. https://doi.org/10.30865/mib.v5i4.3125

Harto, B., Sumarni, T., Dwijayanti, A., Komalasari, R., & Widyawati, S. (2023). Transformasi Bisnis UMKM Sanfresh Melalui Digitalisasi Bisnis Pasca Covid 19. https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/IKRAITH-ABDIMAS/issue/archive

Haryono, S. (2018). Pengaruh Penggunaan Website Terhadap Penjualan Produk Pengusaha Umkm Pada Asosiasi Industri Kreatif Depok. Sosio E-Kons, 10(1), 39–46. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/sosioekons.v10i1.2324

Hendarsyah, D. (2020). Pemasaran Digital Dalam Kewirausahaan. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 9(1), 25–43. https://doi.org/10.46367/iqtishaduna.v9i1.209

Hidayat, H., Mahbubah, N. A., & Chusain, C. (2021). Pelatihan Digital Marketing dalam Pengembangan Pemasaran Produk UMKM di Kecamatan Sidayu, Kabupaten Gresik (Studi Kasus: Produk Kopi dan Temulawak). IJCOSIN: Indonesian Journal of Community Service and Innovation, 1(1), 14–19. https://doi.org/10.20895/ijcosin.v1i1.274

Hisham, M. R. (2021). Implementasi Website pada Lanang Kreatif Menggunakan Metode WDLC (Vol. 1, Issue 1). https://journal.uib.ac.id/index.php/conescintech

Kusumaning Tias, B., Dkk. (2023). Sistem Informasi Perluasan Pangsa Pasar menggunakan Pendekatan Metode Bauran Pemasaran. 4(1). https://doi.org/10.33365/jtsi.v4i1.2431

Longdong, J. D., Kawengian, D. D. V, & Randang, J. L. K. (2021). Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Mengembangkan Kedai Trap Kopi Manado. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/36256

Meliantika Putri, A., Adrie Manafe, L., & Wahyudi, A. (2023). Implementasi Strategi Pemasaran Melalui Website Dengan Metode SWOT Sebagai Upaya Peningkatan Penjualan. Jimek: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi, 6(1), 72–88. https://doi.org/https://doi.org/10.30737/jimek.v6i01.4730

Purwanto, E., Oktarina, S., Basit, A., Shahreza, M., Zainal, A. G., Kuswanti, A., & Setianti, L. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran Pada Kopi Ogut Kafé Dalam Menarik Minat Konsumen. Metakom, 6(2), 15–27. https://doi.org/10.23960/metakom.v6i2.264

Puspaningtyas, N. D., Maskar, S., Dewi, P. S., Asmara, P. M., & Mauliya, I. (2022). Peningkatan Digital Marketing Karang Taruna Desa Hanura dalam Memasarkan Wisata Pasar Sabin. Communnity Development Journal, 3(1), 320–323. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cdj.v3i1.4017

Rosiana, N. (2020). Dinamika Pola Pemasaran Kopi pada Wilayah Sentra Produksi Utama di Indonesia. 5(1), 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.24853/jat.5.1.1-10

Saktisyahputra. (2019). Pemanfaatan Website WWW.Pulokambing.Com Sebagai Media Rumah Kreatif Bersatu Nusantara (RKBN) Pulokambing Dalam Pemberdayaan Masyarakat. In Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat (Vol. 1, Issue 2). https://doi.org/https://doi.org/10.31334/jks.v2i1.287.g168

Thamrin, S., Junaedi, M. Kadir, & Aulia, L. (2021). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Produksi Kopi Arabika di Kabupaten Bantaeng. https://ojs.polipangkep.ac.id/index.php/proppnp/article/view/150

Widayanti, R. E., & Oktafia, R. (2021). Strategi Pemasaran Berbasis Online Pada Produk Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) “Sukses Bersama” Desa Sugihwaras Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Tabarru’ : Islamic Banking and Finance, 4(1), 242–252. https://journal.uir.ac.id/index.php/tabarru/article/view/6847/3283

Wijoyo, H., Ariyanto, A., Sunarsi, D., & Faisal Akbar, M. (2020). Pelatihan Pembuatan Konten Digital Marketing Dalam Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa. https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/IKRAITH-ABDIMAS/article/download/778/584

Wulandari, E., Saptowinarko Prasetyo, M., & Purwanti, T. (2022). Pengabdian Kepada Masyarakat Di Usaha Sepatu Mojo Pelatihan Perhitungan Harga Pokok Produksi (HPP) Dalam Menentukan Harga Jual. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29040/budimas.v4i2.5704

Downloads

Published

2023-09-06

How to Cite

Nursetiawan, I., Prabowo, F. H. E., Yuliani, D., & Rohman, A. A. (2023). PELATIHAN BRANDING KOPI GUNUNG SAWAL BERBASIS WEBSITE TERINTEGRASI DI DESA SUKAMAJU. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(9), 909–917. https://doi.org/10.55681/swarna.v2i9.848